Profil Biodata dan Detail Lengkap Mengenai Indra Sjafri

[Total: 0    Average: 0/5]

Profil Biodata dan Detail Lengkap Mengenai Indra Sjafri

Kecintaannya terhadap dunia sepakbola yang telah ia tekuni sejak kecil, membuatnya ingin berkontribusi lebih untuk mengembangkan bakat-bakat para pemain muda sepakbola Indonesia. Rasa bangga dan cinta akan tanah air, kejujuran serta berserah kepada yang Maha Kuasa selalu ia tanamkan kepada para pemain muda Indonesia. Coach Indra Sjafri, Head Coach dari Timnas U-19 ini adalah sosok inspiratif yang akan membagikan visi, misi, dan pengalamannya selama ia mengabdi untuk mencari bibit-bibit unggul dari seluruh pelosok tanah air, demi mengharumkan nama bangsa Indonesia. Dengan terus menyuarakan #SemangatMenolakMenyerah kepada atlet-atlet yang ia bina, Indonesia berhasil meraih juara Piala ASEAN Football Federation (AFF) U-19 pada tahun 2013 dan Juara 3 Piala AFF U-19 pada tahun 2018. Simak berikut kisah selengkapnya!

1. bagaimana awal mula perjalanan hidup anda hingga kini menjadi coach Timnas indonesia u-19?

Karier sepakbola saya diawali dengan bergabung bersama Machudum Football Club di tahun 1979 dan bersama PSP Padang dalam Kompetisi Galatama, sampai dengan tahun 1999. Perjalanan karier saya sebagai Coach antara lain pernah menjadi Head Coach pada beberapa klub sepakbola diantaranya, PSP Padang Junior (1990 – 1991), Machudum FC (1994 – 1997), PSP Padang Senior (2001 – 2002), Bengkalis FC (2007 – 2009), dan Bali United (2015 – 2017). Pada tahun 2011 – 2014 saya juga pernah menjabat sebagai Head Coach dari Timnas U-16, U-17, dan U-18. Hingga akhirnya pada tahun 2013, saya diberi kepercayaan sebagai Head Coach dari Timnas U-19 sampai saat ini.

2. apa yang melatar belakangi keputusan anda untuk mengabdikan diri di dunia pelatihan sepak bola?

Kecintaan saya terhadap sepakbola sejak kecil membuahkan pemikiran di benak saya, bahwa membina usia dini adalah jalan awal untuk menumbuhkan dan mencetak pemain yang hebat dan baik. Untuk pencapaian yang tinggi tersebut, tentu perlu kerja keras secara terus-menerus. Hal ini tidak bisa dilakukan secara instan. Oleh karena itu, saya mengabdikan diri kepada dunia pelatihan sepakbola, dimulai dengan berkeliling Indonesia untuk mencari pemain berbakat, dengan harapan ada perspektif baru terkait proses seleksi calon pemain Tim Nasional. Itulah yang saya jalani hingga kini.

3. bagaimana anda membangun mental dan mempersiapkan para atlet sepak bola sebelum bertanding di berbagai ke

juaraan?

Pertama-tama, kepada para pemain saya selalu tanamkan rasa kebangsaan dan nama besar bangsa Indonesia. Hal ini penting untuk membangun rasa percaya diri mereka, dan butuh proses yang panjang untuk menyiapkan mental pemain agar siap menghadapi kondisi lapangan dan tim lawan seperti apapun. Seiring dengan hal tersebut, perlu ditumbuhkan juga pemahaman dan kesadaran akan tanggung jawab sebagai pemain dalam satu tim. Setelah menjalani proses tersebut, pada waktunya setiap pemain akan terbentuk menjadi pemain yang berkarakter, kuat secara mental, dan bertanggung jawab, dengan sendirinya dia akan memiliki disiplin tinggi. Begitulah kira-kira cara saya membangun dan mempersiapkan mental mereka. Jadi, bukan hanya fs ik, teknik, taktik, dan strategi saja yang harus dipersiapkan, mental yang kuat juga penting untuk dimiliki para atlet.

4. apa tantangan terbesar yang anda hadapi sebagai coach Timnas indonesia u-19 dan bagaimana anda mengatasinya?

Luasnya wilayah Indonesia untuk mencari bibit pemain berbakat sangat memakan waktu dan tenaga, tetapi saya lakukan dengan senang hati karena misi dan tujuan hidup saya adalah untuk mencari bakat-bakat terbaik dari berbagai pelosok tanah air. Cara mengatasi hal tersebut salah satunya tentu dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat atau daerah yang bisa membantu menjembatani pemain berbakat yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, diperlukan juga dukungan dari berbagai pihak untuk memperbanyak kompetisi atlet berusia muda, agar tim-tim pemula dari berbagai daerah lebih memiliki pengalaman bertanding. Di Indonesia masih sangat kurang dan hanya ada di beberapa kota besar saja. Kalau saja setiap Kabupaten bisa menyelenggarakan kompetisi, saya yakin akan lebih mudah bagi kami untuk melihat bakat-bakat terpendam di setiap pelosok Indonesia.

5. apa pencapaian terbesar anda selama menjadi coach Timnas indonesia u-19?

Juara Piala ASEAN Football Federation (AFF) U-19 pada tahun 2013 dan Juara 3 Piala AFF U-19 pada tahun 2018. Mudah-mudahan prestasi dapat lebih meningkat pada ajang AFF U-19 berikutnya.

6. apa mimpi dan harapan anda untuk Timnas indonesia u-19?

Harapan saya yang utama adalah pemain muda Indonesia dapat memberikan persembahan terbaik sehingga menjadi kandidat juara. Kedua, saya berharap tidak hanya pada Timnas U-19 yang berjuang secara maksimal, tapi kepada seluruh masyarakat Indonesia agar terus mendoakan dan memberikan dukungan kepada Timnas U-19. Dengan kedua harapan tersebut, mimpi saya kepada para pemain muda agar dapat terus mengharumkan nama bangsa Indonesia akan dengan mudah terwujud.

7. Selain giat berlatih, pesan apa yang biasa anda sampaikan kepada Timnas agar dapat tampil prima dan mengharumkan nama bangsa indonesia?

Saya selalu memberi pesan kepada mereka agar teta p menjadi pribadi yang jujur, tidak hanya jujur saat bertutur kata tapi juga jujur dalam bertindak, menunjukan sportivitas dalam bermain, dan selalu bersyukur dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT karena atas ijin-Nya semua harapan dan mimpi kita bisa terwujud.


Loading...