Bpjs prakerja

Buruan daftar sekarang untuk BPJS Prakerja tanpa syarat 2021
Upah
Min gaji RP 4 juta
Besaran rate bunga
Bunga rendah 3.3%
Umur anda
Umur 21 tahun

Bpjs Prakerja

Akibat efek pandemi Covid-19, hampir semua sektor mengalami imbasnya. Tidak hanya sektor kesehatan yang dibuat kewalahan dengan membludaknya pasien, bahkan sektor industri pun terkena dampaknya. Ada banyak sekali karyawan dan pekerja buruh yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari akibat upah gaji yang terpaksa dipotong untuk menutupi biaya operasional perusahaan. 

Namun, beban masyarakat menjadi sedikit terangkat berkat berbagai bantuan jaring sosial yang diberikan oleh pemerintah. Selain program kartu prakerja, Anda bahkan juga bisa mendapatkan bantuan BSU atau Bantuan Subsidi Upah yang disalurkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, apakah program tersebut juga merupakan program Bpjs prakerja dimana Anda yang terdaftar dan memiliki no bpjs ketenagakerjaan dan memiliki kartu prakerja bisa mengikuti program ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bisakah Anda Mengikuti Program Prakerja Bpjs Ketenagakerjaan?

Jadi, apakah Anda bisa daftar bpjs prakerja? Sayangnya, tidak bisa. Karena, saat ini BPJS ketenagakerjaan belum memiliki rencana untuk meluncurkan program kolaborasi antara pra kerja dengan BPJS Ketenagakerjaan. Bagi Anda yang ingin mengikuti program BSU yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan maka tidak bisa mengikuti program prakerja yang ditawarkan oleh Kemnaker, dan sebaliknya. Dengan kata lain, Anda hanya bisa mendaftarkan diri untuk salah satu program saja. 

Untuk mencegah terjadinya peristiwa dimana satu kandidat bisa mendapatkan 2 jenis bantuan bpjs prakerja, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan melaksanakan seleksi pemadanan data yang sangat ketat. Pemadanan data merupakan proses pencocokan data yang menjadi langkah verifikasi apakah kandidat penerima bantuan BSU tersebut sudah mendapatkan bansos lainnya dari pemerintah atau tidak. 

Hal yang sama juga diterapkan oleh Kementrian Ketenagakerjaan. Hal tersebut terlihat dari salah satu syarat yang harus dipenuhi saat akan mengajukan kartu prakerja. Yaitu, peserta prakerja bukan merupakan penerima bansos manapun yang diberlakukan selama masa pandemi COVID-19. Apabila terbukti Anda sudah terdaftar di salah satu bansos tersebut, maka pengajuan Anda untuk memperoleh kartu prakerja atau BSU akan ditolak. 

Syarat Mengajukan BSU 2021

Bagi Anda yang ingin mengajukan bantuan BSU di tahun 2021 ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Yang paling utama adalah Anda wajib berasal dari salah satu dari 3 golongan kandidat penerima bantuan subsidi upah sebesar Rp 1 juta dari BPJS Ketenagakerjaan:

  • Anda merupakan pegawai kantor yang sudah dinonaktifkan, resign, atau tekrena PHK setelah tanggal 30 Juni 2021
  • Anda memiliki nomor NIK yang valid dengan nomor ponsel yang aktif
  • Anda juga tidak pernah atau belum pernah mengikuti program Kartu Prakerja atau bentuk bantuan sosia COVID-19 lainnya.

Selain itu, Anda juga wajib memenuhi persyaratan umum lainnya berikut ini:

  • Anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) 
  • Anda termasuk ke dalam 3 golongan penerima subsidi upah yang sudah ditetapkan oleh bpjs prakerja go id
  • Anda merupakan peserta aktif dari jamsos BPJS Ketenagakerjaan yang sudah membayar iuran gaji sebesar Rp 3.5 juta sesuai dengan nominal gaji yang dilaporkan pada pihak BPJS Ketenagakerjaan
  • Anda juga merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai tanggal 30 Juni 2021
  • Anda tidak menerima bantuan sosial dalam bentuk apapun selama masa pandemi Covid-19
  • Anda bekerja di kawasan PPKM level 3 – 4 sesuai dengan ketentuna dari pemerintah
  • Anda bekerja di bidang transportasi, industri produk konsumsi, industri properti, perdagangan, industri real estate, dan layanan jasa (terkecuali jasa kesehatan dan jasa pendidikan)

Ini Cara Daftar Bantuan Subsidi Upah 2021

Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan bantuan BSU dari Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan, pastikan untuk memenuhi semua persyaratan yang ditentukan. Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran bantuan BSU yang perlu Anda ketahui:

  • Pertama-tama, kunjungi situs resmi Kemnaker di www.kemnaker.go.id
  • Lanjutkan dengan membuat akun dan login dengan menggunakan akun yang sudah Anda buat
  • Isi formulir yang tersedia dengan informasi yang dibutuhkan, seperti identitas diri, pekerjaan, status, riwayat pendidikan, dan lain sebagainya
  • Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, maka secara otomatis Anda akan menyandang status “Calon Penerima BSU 2021” dan hanya perlu menunggu hingga dana subsidi tersebut dicairkan ke rekening Anda.

Cek juga

Ajukan sekarang simulasi KPR BRI untuk rumah dengan bunga paling ringan 2021
Upah
Pendapatan Minimal 2 juta setiap bulan
Besaran rate bunga
Bunga 12% per tahun
Umur anda
Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun
Ajukan sekarang untuk KTA Ok bank langsung acc 2021
Upah
Pendapatan minimal Rp 2 Juta per bulan
Besaran rate bunga
Bunga 3% setiap bulan
Umur anda
Usia minimal 20 tahun