Tips Hemat Energi Untuk Minimalkan Penggunaan

Hemat energi merupakan sebuah aktivitas atau konservasi energi untuk meminimalisir jumlah penggunaan dari energi itu sendiri. Metode penghematan energi ini sendiri bisa dicapai melalui penggunaan energi dengan efisien, mengurangi aktivitas yang menghabiskan energi atau dengan meminimalisir konsumsi energi.

Dengan melakukan aktivitas penghematan energi ini maka bisa lebih menghemat biaya, meningkatkan kenyamanan dan keamanan lingkungan sekitar kita. Seperti kita ketahui dengan penghematan energi ini, maka kita bisa menekan kebutuhan impor energi atau pembangkit energi.

Hemat Energi Listrik dan Air

hemat-energi-listrik-air

Aktivitas hemat energi juga bisa dilakukan demi mengurangi emisi pembuangan atau gas karbon dioksida yang bisa menyebabkan perubahan iklim. Seperti kita ketahui energi yang didapat dari bahan bakar fosil, jika semakin lama digunakan maka ketersediaannya akan menipis.

Oleh karena itu, melalui penghematan energi ini bisa memudahkan perubahan sumber energi, dari energi yang tak bisa diperbarui menjadi energi yang bisa diperbarui. Penghematan energi juga termasuk cara yang sangat ekonomis untuk menghadapi pasokan energi yang semakin berkurang. Dengan penghematan energi juga merupakan solusi energi yang ramah lingkungan.

Untuk mengatasi masalah-masalah seperti meningkatnya pemanasan global, emisi gas karbon yang berbahaya hingga pasokan energi yang berkurang maka kita harus melakukan aktivitas hemat energi demi keamanan dan kenyamanan lingkungan hidup di sekitar kita. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam aktivitas penghematan energi ini adalah dengan cara-cara berikut ini:

1. Membeli produk yang hemat energi

Meskipun untuk membeli produk ini, Anda membutuhkan anggaran yang tidak sedikit namun tentu bisa digunakan dalam jangka panjang. Sehingga total anggaran yang harus dikeluarkan lebih murah. Tak hanya itu saja, dengan membeli produk ini maka tagihan listrik di rumah Anda akan lebih murah. Biasanya lampu neon lebih efisien terhadap penggunaan energi jika dibandingkan bohlam. Sementara untuk siang hari, Anda bisa mematikan lampu dengan menggunakan penerangan secara alami saja dengan optimal.

2. Menggunakan listrik ketika diperlukan

Anda juga harus melatih diri sendiri dan orang-orang di rumah untuk memakai listrik saat diperlukan saja. Jangan menggunakan listrik secara berlebihan, pastikan Anda menggunakannya seefisien mungkin secara bergantian.

3. Mematikan alat elektronik

Untuk melakukan penghematan energi di dalam rumah, Anda harus mematikan alat elektronik lainnya seperti komputer, lampu dan televisi yang memakan daya listrik yang besar jika digunakan secara terus menerus. Sebaiknya Anda juga mematikan keran air saat tidak dibutuhkan untuk lebih menghemat anggaran bulanan Anda.

4. Minimalisir penggunaan pengering pakaian

Jika di rumah, Anda menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju atau pakaian. Sebaiknya tekan penggunaannya seminimal mungkin, dengan cara meminimalisir penggunaan pengering pakaian, biasakan mengeringkan pakaian di bawah terik sinar matahari secara langsung saja. Kalau bisa, saat cucian tidak begitu banyak Anda bisa mencuci secara manual saja tanpa harus memakai mesin cuci yang memakan daya listrik tinggi.

5. Desain rumah yang hemat pemakaian energi

Selain pada alat-alat rumah tangga, Anda juga harus mendesain rumah yang lebih efisien terhadap penggunaan energi. Untuk mengurangi pemakaian pendingin ruangan, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan ventilasi yang cukup di setiap ruangan rumah. Dengan memberikan ruang ventilasi yang cukup, saat siang hari rumah juga akan terlihat lebih terang. Selain itu juga, jika ventilasi udara cukup maka sirkulasi udara dari luar ke dalam rumah akan lebih lancar serta membuat ruangan Anda terasa lebih adem dan nyaman.

Demikianlah tips hemat energi untuk kenyamanan, keamanan dan kesehatan lingkungan sekitar Anda.


Loading...
Tags: aspek energi yang dapat dihemat