Tips dan Cara Menghemat Energi di Sekitar Anda

Di zaman globalisasi ini, dimana perkembangan sebuah teknologi terus berkembang dan manusia yang ingin semuanya serba praktis membuat orang memiliki jiwa individualistis. Kehidupan yang serba canggih itulah yang mengakibatkan manusia merasa nyaman karena adanya sumber energi listrik yang selalu menemani dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga kurangnya pengetahuan cara menghemat energi yang tepat guna. Setiap harinya kita menggunakan energi listrik di kantor maupun di rumah. Di rumah kita menggunakan energi listrik untuk menonton TV, mencuci menggunakan mesin cuci serta menyetrika baju sedangkan bila di kantor kita menggunakannya untuk penggunaan komputer, lampu dan lainnya. Nah, begitu banyak sumber energi yang kita gunakan setiap harinya.

Cara Menghemat Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari

cara-menghemat-energi-listrik-air

Sumber energi memang ada yang bisa diperbaharui namun kebanyakan tidak seimbang dengan penggunaannya bahkan banyak di antara kita yang menyalahgunakan sumber energi tersebut. Kurangnya pengetahuan atau informasi cara menghemat energi tersebutlah yang menjadi faktor utama pemborosan energi di tanah air ini.

Sebenarnya cara melakukan penghematan energi bisa dimulai dari diri sendiri, dengan melakukan penghematan energi berarti sudah minimalisir pemborosan energi serta biaya. Penghematan energi merupakan salah satu hal yang terpenting agar dapat mengurangi beban yang ditanggung lingkungan dan dapat menurunkan penggunaan listrik.

Melakukan tahapan-tahapan seperti memperkirakan besar energi yang digunakan untuk alat rumah tangga, menggunakan cahaya lampu seperlunya serta mengisolasi panas yang masuk pada rumah yang dapat mengurangi jejak karbon. Tahapan tersebut merupakan beberapa cara menghemat energi yang bijak untuk minimalisir pemborosan energi.

Berikut ini beberapa cara menghemat energi yang dapat dengan mudah kita lakukan setiap hari, diantaranya:

 Matikan lampu yang tidak diperlukan

Pencahayaan lampu memiliki peran hanya 11% dari tagihan listrik rumah, sehingga dengan mematikan lampu Anda dapat menghemat listrik serta dapat memperpanjang usia lampu. Untuk lebih maksimal matikan lampu pada siang hari, manfaatkanlah sumber pencahayaan secara alami yaitu menggunakan cahaya sinar matahari.

 Beralih menggunakan lampu yang hemat energi

Gantilah lampu Anda menggunakan lampu yang hemat energi, sekarang di toko-toko sudah tersedia lampu hemat energi ini. Pemakaian lampu hemat energi dapat menghemat energi listrik.

 Sering menggunakan laptop daripada komputer

Penggunaan laptop hanya 15 sampai 25 watt listrik, apalagi bila di modus tidur maka dayanya juga kecil sedangkan komputer dapat menghabiskan 150 watt yang berkategori cukup besar.

 Tidak menggunakan komputer di malam hari

Karena komputer memiliki daya yang sangat banyak maka tidak menggunakan komputer pada malam hari mampu menghemat energi dan dapat memperpanjang masa usia komputer serta mengurangi keausan pada perangkat keras komputer Anda.

 Berhemat dalam belanja dan transportasi

Jika Anda akan membeli kebutuhan sehari-hari di pasar maupun di toko dan sebagainya lebih baik menggunakan tas belanjaan sendiri dari pada menggunakan kantong plastik yang tidak dapat terurai, bisa terurai namun perlu waktu yang lama. Sebaliknya jika Anda akan pergi ke tempat belanjaan tersebut sebaiknya tidak menggunakan mobil maupun motor, Anda bisa menggunakan jasa tukang becak atau bahkan bisa berjalan kaki. Selain Anda sehat namun juga bisa menghemat energi.

Sudah tahukan cara menghemat energi dengan tepat itu seperti apa, kalau Anda sudah mengetahuinya maka lakukan tahapan di atas di rumah Anda. Cobalah tanamkan pada diri Anda sendiri untuk menghemat penggunaan energi. Dengan cara penghematan tersebut bumi tetap akan menjadi tempat tinggal yang nyaman, asri serta lestari untuk diwariskan dan mengajarkan ke anak dan cucu kita kelak pentingnya menghemat energi.


Loading...
Tags: menghemat energi, cara hemat energi, penghematan energi, contoh menghemat energi, apa yang sudah aku lakukan untuk menghemat energi, cara menghemat energi alternatif, cara menghemat energi angin, cara menghemat energi panas, contoh hemat listrik, cara menghemat energi bunyi, cara menghemat energi kimia, cara menghemat energi di rumah, cara menghemat energi hayati, bagaimana menghemat energi, cara menghemat energi gerak