Sumber Energi Matahari Mengalahkan Sumber Energi Lain

Sumber energi matahari adalah merupakan sumber energi terbesar di muka bumi ini yang berpotensi mengalahkan sumber energi lain yang ada. Saat ini energi nuklir, angin dan air masih menjadi sumber energi yang banyak digunakan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Namun demikian tidak sedikit negara yang telah memanfaatkan energi surya ini.

Dengan ekpotasi yang benar energi matahari ini akan dapat memenuhi kebutuhan energi manusia di belahan bumi mana saja dan dalam waktu yang cukup lama. Kita bersama telah mengetahui bahwa energi matahari ini bisa dimanfaatkan secara langsung produksi listrik. Namun, tahukan Anda jika energi matahari juga dapat dimanfaatkan untuk memanaskan dan juga mendinginkan?

Sumber Energi Matahari dg Energi Lain

sumber-energi-matahari

Sumber energi matahari tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh manusia saja, namun bahkan tumbuhan yang ada di sekitar kita berfotosintetis dengan bantuan sinar matahari. Secara umum tenaga matahari dapat diubah secara langsung menjadi sumber panas dan energi listrik yang dapat kita manfaatkan dalam berbagai bidang. Benda yang saat ini umum menggunakan tenaga listrik dan sangat sering digunakan orang adalah kalkulator.

Kalkulator ini dibekali dengan solar sel kecil yang mampu menyimpan energi matahari sehingga kalkulator bisa digunakan sepanjang hari. Bahkan ketika cuaca mendung dan sedang hujan, kita masih bisa menggunakannya. Karena dalam solar sel kecil ini telah tersimpan energi matahari sehingga kita bisa menggunakannya dengan baik sepanjang hari. Menggunakan solar sel ini sangat praktis dan tahan lama jika dibandingkan dengan penggunaan kalkulator baterai biasa.

Sumber energi matahari kini juga mulai dijadikan sebagai penyedia listrik yaitu dengan menggunakan photovoltaic. Bahkan kini telah diciptakan mobil dengan kekuatan tenaga surya meskipun belum bisa beredar dengan baik di Indonesia. Dengan adanya mobil tenaga surya ini sebenarnya akan membuat pemakaian bahan bakar minyak lebih hemat. Dan bahkan telah dikembangkan pula mesin pendingin dengan kekuatan tenaga surya, sehingga hal ini akan sangat membantu bagi daerah-daerah yang masih belum listrik belum bisa masuk.

Jika bisa memanfaatkan tenaga surya dengan baik, maka tenaga surya ini bisa menggantikan kedudukan listrik bahkan akan tahan lebih lama. Hal ini telah berlaku untuk negara Amerika dan juga China dan bahkan Indonesia juga bisa melakukannya jika memiliki tenaga ahli, karena di negara kita energi akan matahari sangat berlimpah melihat negara kita hanya terdapat dua musim. Untuk menampung energi matahari ini kita membutuhkan solar photovoltaic atau dalam bahasa Indonesia kita sebut dengan panel surya.

Setelah diadakan sebuah penelitian dan penghitungan oleh ahlinya, dikabarkan bahwa panel surya tersebut mampu mengalahkan energi lain karena dihasilkan energi listrik sebesar 16% pada 2050. Hasil ini tentu lebih besar jika dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga air, tenaga nuklir, dan juga tenaga angin. Sehingga sumber energi matahari menjadi terobosan baru yang dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Hal ini tentu saja tidak hanya berlaku di luar negeri, namun bahkan di Indonesia yang merupakan konsumen tenaga surya terbesar di dunia. Bahan baku panel surya yang melimpah ruah di Indonesia ini sangat disayangkan jika tidak digunakan dengan sebaik-baiknya. Bahkan setelah peneliti senior LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yaitu DR Achiar Oemry menyatakan bahwa negara kita bisa 100% tidak tergantung pada bahan bakar fosil dengan adanya sumber energi matahari yang melimpah ruah.


Loading...
Tags: sumber energi matahari, matahari merupakan sumber energi, menjelaskan sumber energi matahari, matahari adalah sumber energi, sumber matahari, Contoh sumber energi matahari, sumber dari tenaga surya vontoh, natahari sumber energi dan?, mengapa indonesia sangat berpotensi menegengambangkan sumber energi matahari dan angin dikarenankan, matahari merupakan sumber enerhi, matahari merupakan, contoh sumber energi surya, contoh sumber energi lain yang berasal dari matahari, asal sumber energi m