Siklus Otto dan Diesel Pada Mesin Konversi Energi

Mesin konversi energi adalah sebuah mesin yang bisa digunakan untuk merubah sebuah energi menjadi energi lainnya. Contoh dari mesin ini adalah sebuah mesin kendaraan baik diesel atau otto. Kedua mesin ini bisa merubah sebuah energi panas menjadi sebuah energi gerak.

Prinsip kerja dari kedua mesin ini adalah dengan menggunakan tekanan gas yang dihasilkan dari pembakaran serta udara akan menghasilkan sebuah gaya dorong yang bisa membuat batang torak bergerak. Dari gerakan torak ini akan menghasilkan rotasi pada poros engkol. Dalam sebuah langkah kompresi juga akan menghasilkan gerakan pada torak sehingga torak.

Berdasarkan langkah kerjanya jenis motor diesel ini bisa dibedakan atas dua jenis. Pertama adalah sebuah mesin diesel yang sistim kerjanya menggunakan airless injection yang menggunakan analisa siklus dual.

Mesin Konversi Energi

mesin-konversi-energi

Selain itu, ada pula diesel yang menggunakan air injection sistim mesin ini menggunakan analisa siklus diesel. Dari kedua jenis mesin ini bisa menghasilkan sebuah putaran berbeda sehingga menghasilkan kecepatan yang juga berbeda. Mesin diesel ini adalah sebuah mesin yang penting yang pertama ditemukan oleh seorang ilmuan bernama Rudolf Diesel.

Mesin konversi energi berupa mesin diesel dan juga otto pada dasarnya memiliki kesamaan. Yakni pada kedua mesin ini memiliki poros engkol, blok silinder, asembli torak, poros hubungan. Untuk perbedaan dari kedua benda ini adalah pada bahan bakar dan desain komponen serta kompresisinya.

Kedua mesin ini juga memiliki prinsip kerja yang sama yakni menghasilkan sebuah gaya gerak yang akan digunakan untuk menggerakkan sebuah benda. Dimana benda tersebut biasanya sebuah kendaraan yang biasa digunakan oleh manusia. Selain itu ada juga mesin-mesin industri dan lainnya yang juga menggunakan mesin diesel.

Cara Kerja Mesin Konversi Energi

Pada mesin konversi energi berupa mesin diesel ini memiliki bahan bakar berupa solar. Berbeda dengan mesin otto yang bahan bakarnya menggunakan bensin. Dalam pembakarannya sebuah mesin diesel menggunakan sebuah kompresi dari udara sehingga pembakaran bisa berlangsung. Untuk mesin otto pembakaran utamanya adalah dengan menggunakan percikan api.

Percikan api ini dihasilkan dari sebuah gaya listrik besar yang ditekankan pada cela busi. Kemudian busi ini akan menghasilkan sebuah percikan api untuk memulai pembakaran. Pembakaran adalah sebuah proses yang penting agar masin bisa bekerja dan bisa menggerakkan benda.

Mesin konversi energi berupa mesin otto biasanya menggunakan perbandingan kompresi 8:1 dan juga diesel menggunakan 16 hingga 22:1. Perbandingan kompresi ini sendiri adalah sebuah perbandingan dari volume udara yang ada dalam silinder baik sesudah langkah kompresi atau sebelumnya. Dalam perbandingan kompresi jika semakin tinggi maka akan semakin memudahkan sebuah mesin itu menyala. Karena mesin diesel yang berukuran lebih besar inilah yang menyebabkan mesin diesel membutuhkan perbandingan kompresi lebih tinggi. Sedangkan mesin otto ini memiliki mesin yang cenderung kecil sehingga untuk menyelakan mesin ini tidak membutuhkan gaya yang besar.

Dalam sebuah mesin konversi energi dalam bentuk mesin diesel atau mesin otto membutuhkan energi panas dalam pembakarannya. Jika pembakaran tidak terjadi tentu ini berarti terjadi masalah pada pembakarannya. Jika pada mesin otto anda bisa mengecek busi dan cek pembakaran busi tersebut.

Sebuah mesin diesel membutuhkan pembakaran yang besar sehingga seringkali mesin diesel menghasilkan sisa pembakaran yang banyak. Berbeda dengan mesin otto yang biasanya sisa hasil pembakarannya lebih sedikit. Mesin diesel biasanya juga bisa digunakan untuk berbagai jenis mesin baik industri atau untuk kendaraan. Berbeda dengan mesin otto yang umumnya hanya untuk kendaraan kecil karena tenaga dan mesin yang juga lebih kecil.


Loading...
Tags: Mesin konversi Energi, contoh mesin konversi energi, mesin kon, materi mesin konversi energi, mesin konver, bunyi hukum siklus otto, konversi energi pada kendaraan, jelaskanmesin otto, jelaskan mesin konverai energi, jelaskan apa yang dimaksud dengan mesin konversi energi, isrilah mesin konversu energi, definisi mesin konversi energi, apa yang di maksud nengan mesin konversi energie, contoh aplikasi penggunaan mesin konversi energi, cara kerja mesin konversi energi