Sifat-Sifat Energi Yang Ada Dalam Kehidupan Kita

Sifat-sifat energi dalam kehidupan kita tidak dapat diciptakan oleh manusia, dan manusia juga tidak bisa memusnahkannya inilah maka energi disebut bersifat kekal. Kita mungkin tidak menyadarinya bahwa setiap hari menggunakan energi untuk melakukan aktivitas apapun juga. Bahkan untuk melihat, kita juga memerlukan energi. Karena ketika mata kehabisan energi, maka mata akan merasakan lelah dan tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan baik. Dan ini juga berlaku pada anggota tubuh yang lainnya.

Energi dalam kehidupan kita sangat besar manfaatnya, dan kita bisa menambah energi dalam tubuh yang telah berkurang setelah melakukan aktivitas seharian. Adapun cara yang kita gunakan untuk menambah energi ini antara lain makan, minum, tidur dan istirahat ringan. Dengan melakukan hal ini maka energi akan muncul kembali dalam tubuh kita, dan kita bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Sifat – Sifat Energi di Kehidupan Manusiasifat-sifat-energi

 

Sifat-sifat energi yang bisa kita pelajari secara umum misalnya adalah transformasi energi. Apakah kita juga memanfaatkannya? Ya, Jika kita lihat artinya yaitu energi dapat diubah dalam bentuk lain. Ini bisa kita contohkan pada energi listrik yang bisa diubah menjadi energi panas, atau energi panas yang bisa diubah menjadi energi mekanik mesin. Kemudian oleh manusia energi ini digunakan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupannya.

Sifat lainnya adalah transfer energi, yaitu energi panas yang bisa ditransfer atau dipindahkan dari tempat satu ke tempat lainnya. Atau bisa juga dari benda atau materi satu ke benda lainnya. Sifat lainnya adalah bahwa energi dapat berpindah dari benda satu ke benda lainnya. Perpindahan ini terjadi melalui gaya yang kemudian menyebabkan adanya pergeseran yang sering kita dengar dengan sebutan energi mekanik.

Sifat-sifat energi yang terdapat pada energi panas antara lain tidak berbau, tidak terlihat, tidak terdengar namun dapat berpindah. Setiap energi memiliki sifatnya masing-masing, dan ini juga yang terjadi pada energi bunyi. Energi bunyi sendiri bisa kita artikan sebagai energi yang ditimbulkan dari benda yang memiliki bunyi atau mengeluarkan bunyi. Sejak SD kita tahu bahwa bunyi adalah hasil dari getaran kuat suatu benda, dan hasil dari getaran benda inilah yang memiliki energi.

Sedangkan sifat dari energi bunyi ini adalah dapat berpindah dari tempat satu ke tempat lain. Sedangkan cara untuk berpindah adalah merambat melalui media yang ada di sekitarnya seperti benda-benda yang ada di sekitar benda tersebut. Sifat lain dari energi bunyi adalah dapat di serap, dan juga dapat dipantulkan.

Sifat-sifat energi pada energi kinetik yang biasa kita lihat adalah terdapat pada dinamo sepeda. Adanya putaran roda pada sepeda ini dapat memutar dinamo yang kemudian dapat menghasilkan energi listrik yang bisa bermanfaat untuk menyalakan lampu pada sepeda. Karena energi kinetik sendiri bisa kita definisikan sebagai energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak, maka ini juga terdapat pada angin yang menggerakkan kincir. Kincir ini kemudian dapat bermanfaat sebagai penggerak turbin, dan kemudian dari pergerakan ini menghasilkan listrik dan banyak sekali manfaat dari listrik untuk kehidupan manusia.

Sedangkan sifat-sifat energi potensial dapat kita lihat pada contoh energi potensial itu sendiri, seperti busur panah yang teregang, ketapel, per yang teregang dan masih banyak lagi. Energi potensial yang ada dalam  per biasa disebut sebagai energi potensial pegas. Energi potensial sendiri merupakan sebuah energi yang tersimpan dalam suatu benda. Contohnya saja ketapel, ketapel yang diregangkan  memiliki energi potensial dan energi tersebut sewaktu-waktu dapat dilepaskan.

Energi kimia merupakan energi yang tersimpan dalam bahan-bahan kimia. Anda bisa melihat beberapa sifat dari energi jenis ini berdasarkan dari contoh energi kimia itu sendiri, seperti aki, bahan bakar, makanan dan lainnya. Sebagian besar bahan kimia tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan dan menghantarkan energi listrik.

Jika masih bingung mengenai energi cahaya, Anda bisa melakukan percobaan yaitu meletakkan kapas di bawah lensa cembung yang terkena sinar matahari. Apa yang akan terjadi? Pastinya kapas tersebut akan terbakar, mengapa demikian? Ini karena sifat energi cahaya yang dikumpulkan oleh lensa cembung dapat memanaskan kapas sampai terbakar.

Energi listrik juga dapat menghasilkan  arus listrik yang dapat menjalankan beberapa benda yang membutuhkan arus listrik, seperti pompa air listrik, kipas angin, motor listrik, setrika, dan masih banyak lagi. Energi listrik sendiri adalah energi yang tersimpan dalam benda yang memiliki muatan energi listrik.

Masih banyak lagi sifat energi yang bisa dimanfaatkan dengan baik dan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Meskipun masih banyak di antara kita yang tidak menyadari adanya manfaat dari mengelola sifat energi dengan baik, namun secara alami manusia dapat menerapkan dengan baik dan belajar untuk selalu melakukan yang terbaik dalam mewujudkan dan memanfaatkan sifat-sifat energi.


Loading...
Tags: sifat energi, sifat sifat energi, 3 sifat energi, sifat-sifat energi, sifat2 energi, sifat sifat energi secara umum, sifat energi alternatif, sifat sifat energi alternatif, sifat sumber energi, sebutkan 3 sifat energi, sebutkan sifat sifat energi, sifat dari energi, pengertian sifat energi, sifat sifat sumber energi, macam macam sifat energi