Rumus dan Cara Menghitung Dimensi Energi Kinetik

Jika kita membicarakan dimensi energi kinetik, maka ada rumus untuk menghitung suatu energi kinetik tersebut. Sebelum kita mulai mari kita lihat apa itu energi kinetik. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena gerakanya. Sebuah benda yang didefinisikan mempunyai energi kinetik adalah sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakan suatu benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu.

Contoh yang paling simple dari benda yang mempunyai energi kinetik ini adalah baling baling turbin dan juga baling baling pembangkit listrik tenaga angin yang digerakan dengan kincir. Selain itu, wahana roller coaster yang ada di taman bermain juga memiliki energi kinetik karena bergerak dari diam untuk mencapai kecepatan tertentu.

Cara Menghitung Dimensi dari Energi Kinetik

dimensi-energi-kinetikJika kita ingin menghitung dari dimensi dari energi kinetik, maka kita akan merumuskan sebagai berikut. M sebagai satuan massa dan V^2 sebagai satuan kecepatan^2 atau sama dengan LT^-1 LT^-1 yang berarti kecepatan sama dengan panjang atau waktu. Jadi jika kita ingin merumuskan dalam rumus, maka kita akan menemukan M L^2 T^-2.

Ada juga yang menghitung dengan rumus M sebagai massa dalam KG lalu V sebagai kecepatan linier benda dalam m/s2. Dan kita juga akan menemukan Ek sebagai energi kinetik benda dalam joule. Mengingat V = w R maka karena mR2 adalah momen inersia maka rumus energi kinetik rotasi dapat dirumuskan dalam paragraf 2 dan tiga.

Contoh dari dimensi energi kinetik adalah sebuah gaya F bekerja pada jarak R dari sumbu putar benda. Usaha yang dilakukan oleh sebuah momen gaya yang bekerja untuk merotasikan suatu benda tegak sejauh dø dapat diperoleh dari rumus gerak linier sebagai W = F.s = R.

R ø karena F.R adalah sebuah momen gaya maka dengan W adalah usaha gerak rotasi dalam joule sama dengan moen gaya dalam bentuk kg.m dan ø adalah sudut yang dibentuk dalam rad. Dalam gerak rotasi, sebuah momen gaya melakukan kerja pada benda dan mengubah energi kinetik rotasinya sesuai dengan hubungan. Inilah yang disebut sebagai dimensi dari energi kinetik.

Dimensi Besaran Energi Kinetik

Ada sebuah perhitungan dalam dimensi besaran energi kinetik. Dalam setiap benda yang bergerak pasti mempunyai kecepatan dan mempunyai massa. Secara matematis, besaran dari energi kinetik bisa dirumuskan sebagai hal berikut. EK = ½ mv2. Jika energi kinetik sudah berubah maka energi kinetik akan berubah menjadi energi potensial yang menyebabkan benda tersebut bergerak dari suatu tempat ke tempat lain.

Rumus dari energi potensil adalah Ep = m.g.h yang mana m adalah massa dengan satuanya KG dan berdimensi M, g adalah percepatan gravitasi yang satuanya adalah m/s^2, dimensinya adalah L/T atau L.T^-1 dan h adalah tinggi yang satuanya meter dengan dimensi L.

Dimensi Energi Kinetik dan Potensial. Jika kita ingin menghitung energi potensial yang disebabkan oleh energi kinetik, maka kita akan menemukan rumurs sebagai berikut kb.m^2 / s^2 dan mempunyai dimensi sebagai M.L^2 / T^2 atau sama dengan M.L^2.T^-2. Rumusan semacam ini banyak digunakan oleh pakar fisika untuk kehidupan sehari hari, misalnya untuk menentukan besar dari kincir angin untuk menciptakan energi kinetik yang diubah menjadi energi potensial. Itulah penjelasan singkat mengenai dimensi energi kinetik yang bisa dirubah menjadi energi potensial yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari hari.


Loading...
Tags: dimensi energi kinetik, dimensi dari energi kinetik, dimensi besaran energi kinetik, rumus dimensi energi kinetik, dimensi energi kinetik adalah, dimensi dari besaran energi kinetik, rumus energi kinetik, besaran energi kinetik, dimensi dari besaran energi kinetik adalah, rumus dimensi energi, lambang dimensi energi kinetik, satuan dan dimensi energi kinetik, dimensi EK, dimensi kinetik, dimensi dari energi kinetik adalah