Rapuhnya Ketahanan Energi di Indonesia

Berikut ini akan dibahas mengenai kondisi ketahanan energi di Indonesia. Indonesia termasuk negara yang memiliki ketahanan yang rapuh akan energi. Indonesia menempati peringkat ke-69 yaitu dari 129 negara mengenai ketahanan akan energi ini.

Peringkat tersebut tepatnya diperoleh di tahun lalu yaitu tahun 2014, dikeluarkan oleh Dewan Energi Dunia atau World Energy Council. Negara Indonesia belum mempunyai cadangan strategis ataupun cadangan penyangga energi. Menurut salah satu anggota Dewan Energi Nasional atau disingkat dengan mengungkapkan bahwa Indonesia memasuki kategori yang mengkhawatirkan.

Ketahanan Energi Nasional

ketahanan-energi-nasional

Kondisi ketahanan energi yang ada di Indonesia dapat dikategorikan dalam kondisi yang rapuh ataupun mengkhawatirkan. Hal ini dibuktikan dari cadangan operasional energi yang diandalkan oleh Indonesia. Di mana stok atau ketersediaan bahan bakar minyak atau BBM untuk 18 hingga 21 hari.

Menurutnya, pemerintah sebaiknya hendak memikirkan dan juga membangun cadangan strategis dan juga cadangan penyangga energi. Kondisi di Indonesia ini memang cukup darurat, akan semakin sulit jika terus-menerus hanya mengandalkan cadangan operasional saja. Kondisi yang semakin memburuk ini memang sebaiknya ditangani dengan cara yang tepat dari pemerintah.

Yang dimaksud dengan cadangan strategis adalah pembangunan kilang-kilang yang berisi minyak mentah ataupun gas. Tujuannya adalah agar ketika negara memasuki kondisi yang sangat darurat, energi tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Seperti yang Anda ketahui, bencana alam ataupun terjadinya perang dapat sewaktu-waktu terjadi. Jika hal-hal tersebut tidak dipikirkan secara tepat, maka jika bencana-bencana tersebut terjadi Indonesia akan masuk dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Cadangan strategis ini memang sangat dibutuhkan mengingat cadangan operasional yang dapat sewaktu-waktu habis.

Sedangkan cadangan penyangga energi adalah penyimpanan sumber daya alam. Contohnya saja seperti batubara, sebaiknya tidak dieksploitasi dalam jangka yang panjang. Tujuannya agar ketika cadangan operasional habis, batubara tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi. Namun sampai saat ini Indonesia masih belum memiliki cadangan strategis dan juga cadangan penyangga.

Oleh karena itu, Indonesia menempati urutan ke-69 mengenai ketahanan energi dari 129 negara. Selain cadangan strategis dan juga penyangga energi, energi terbarukan juga sebaiknya ditingkatkan. Tujuannya tentu agar kebutuhan energi di masa mendatang dapat terpenuhi walaupun cadangan operasional energi sudah habis.

Dewan Energi Nasional sendiri telah mengeluarkan beberapa kebijakan mengenai energi terbarukan. Di mana energi terbarukan ini harus ditingkatkan agar ketahanan akan energi di Indonesia semakin membaik. Ketahanan energi ini sendiri memiliki kaitan yang sangat erat dengan ketersediaan alam, biaya pengembangan, isu mengenai air dan juga sumber daya manusia.

Selain itu, masih banyak hal lain yang juga berkaitan. Dengan ditingkatkannya energi terbarukan tersebut diharapkan dapat meminimalisir dampak-dampak buruk terhadap hal-hal yang berkaitan. Untuk mencapai harapan tersebut, turut campur tangan pemerintah sangat diharapkan untuk memperbaiki kondisi Indonesia saat ini.

Karena ketahanan akan energi yang tidak baik ini, Indonesia sebaiknya mencari solusi dalam memecahkannya. Ketahanan akan energi ini masih sangat minimal dalam segala bidang, banyak hal yang mempengaruhinya. Jika dibandingkan dengan ketahanan akan energi di luar negeri, Indonesia memang sangat jauh tertinggal.

Ketahanan akan energi yang baik di luar negeri tersebut sangat dipengaruhi oleh campur tangan pemerintahnya. Begitu juga yang diharapkan di Indonesia, pemerintah segera tanggap dan mencari solusi terbaik untuk menangani masalah ini. Mengingat betapa pentingnya energi bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Sekian informasi mengenai ketahanan energi di Indonesia.


Loading...
Tags: contoh isu energi di indonesia, ketahanan energi, Bagaimana manfaat ketahanan energi bagi Indonesia, jenis ketahanan energi, ketahanan energi adalah, Macam macam ketahanan energi, masalah ketahanan energi di indonesia, potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk ketahanan energi