Proses Pengolahan Minyak Bumi Sehingga dapat Dimanfaatkan

Sumber minyak bumi yang berada pada kedalaman sekitar 3 hingga 4 km di bawah permukaan air laut harus melalui proses pengeboran dan pengolahan minyak bumi agar dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Minyak bumi yang ditambang masih berupa minyak mentah dan harus diolah agar mendapatkan fraksi minyak yang berguna bagi manusia. Bagaimana proses pengolahannya?

Inilah Proses Pengolahan Minyak Bumi

 

Berikut ini adalah beberapa proses yang harus dilalui untuk mengolah minyak bumi menjadi energy yang berguna bagi kehidupan manusia:

  1. Proses penyulingan minyak bumi

Pengeboran minyak bumi akan menghasilkan minyak mentah yang mengandung 500 jenis hidrokarbon dengan jumlah atom karbon hingga 50. Dalam proses ini minyak mentah akan dipisahkan melalui destilasi bertingkat karena semakin besar jumlah atom karbon maka semakin tinggi pula titik didihnya. Awalnya minyak mentah akan dipanaskan dengan suhu 400 derajat celcius kemudian dialirkan kedalam tabung destilasi.proses-pengolahan-minyak-bumi

  1. Tabung destilasi

Di dalam tabung destilasi ini minyak mentah akan mengalami pemisahan dengan menggunakan panas. Proses pemisahan ini dapat dilakukan karena minyak mentah mengandung atom karbon dengan jumlah sekitar 50 sehingga memiliki perbedaan titik didih yang cukup besar, perbedaan titik didih inilah yang dapat digunakan untuk memecah minyak mentah menjadi fraksi-fraksi minyak bumi. Hidrokarbon yang memiliki titik didih paling rendah akan mengalami pemisahan terlebih dahulu kemudian disusul dengan pemisahan hidrokarbon dengan titik didih lebih tinggi, proses ini berlangsung secara terus menerus sehingga diperoleh fraksi minyak bumi.

  1. Kolom fraksinasi

Sebelum masuk kedalam kolom fraksinasi, minyak mentah terlebih dahulu dipanaskan dalam pipa tanur hingga suhu 350 derajat celcius. Minyak yang telah dipanaskan akan masuk kedalam kolom fraksinasi yaitu di bagian flash chamber. Suhu dan tekanan dalam kolom ini dijaga dengan pemanasan steam atau uap air panas. Dengan adanya perbedaan titik didih maka setiap komponen hidrokarbon akan terpisah sendiri, hidrokarbon ringan akan berada dibagian paling atas kolom fraksinasi sedangkan hidrokarbon lebih berat berada dibawahnya. hasil dari pemecahan komponen ini adalah fraksi dari minyak bumi. Setiap fraksi yang tebentuk akan dialirkan keluar kolom menuju bak pendingin untuk didinginkan kemudian ditampung dalam tanki masing-masing produk. Hasil fraksi ini belum dapat langsung digunakan karena harus ditambahkan dengan zat aditif.

Fraksi yang terbentuk dari proses pengolahan minyak bumi yaitu:

  1. gas

Gas memiliki rantai karbon C1 hingga C5 dan titik didihnya mulai 0 hingga 50 derajat celcius sehingga fraksi ini merupakan fraksi yang terpisah pertama.

  1. Bensin atau gasoline

Bensin memiliki rantai karbon C6 hingga C11 dengan titik didih antara 50 hingga 85 derajat celcius.

  1. Kerosin atau minyak tanah

Kerosin memiliki rantai karbon C12 hingga C20 dengan titik didih antara 85 hingga 105 derajat celcius. Kerosin ini merupakan salah satu fraksi dari pembentukan minyak bumi.

  1. Solar

solar memiliki rantai karbon C21 hingga C30 dengan titik didih antara 105 hingga 135 derajat celcius.

  1. Minyak berat

Minyak berat memiliki rantai karbon C31 hingga C40 dengan titik didih antara 130 hingga 300 derajat celcius.

  1. Residu

Residu memiliki rantai karbon lebih dari C40 dengan titik didih diatas 300 derajat celcius.

Hidrokarbon yang memiliki rantai panjang dapat dipecah melalui proses cracking atau perengkahan sehingga menjadi lebih pendek. Begitu juga sebaliknya, hidrokarbon yang memiliki rantai pendek dapat digabungkan sehingga menjadi rantai karbon lebih panjang melalui proses reforming. Fraksi yang dapat dipecah melalui proses cracking adalah bensin.

Demikian informasi seputar proses pengolahan minyak bumi mulai dari pengeboran hingga mendapatkan fraksi dari minyak bumi yang berguna untuk kehidupan manusia.

Deskripsi: Minyak bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Bagaimana proses pengolahan minyak bumi?

Loading...

Tags: proses pengolahan minyak bumi dari minyak mentah sampai dapat dimanfaatkan, proses pengolahan minyak bumi, PENGOLAHAN MINYAK BUMI, jelaskan proses pengolahan minyak bumi dari minyak mentah sampai dapat dimanfaatkan, tahap tahap proses pengolahan minyak bumi, pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar, tahap pertama yang harus dilalui dalaam proses pengolahan minyak bumi, proses pengolahan minyak bumi secara singkat, bagaimana proses minyak bumi mentah bisa menjadi bahan bakar, Proses pembentukan minyak bumi sampai bisa ditambang, langkah-langkah pengelolaan minyak bumi agar dapat di manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, bagaimana caranya membuat minyak bumi menjadi bermanfaat, cara mengolah minyak bumi untuk mendapat fraksinya, cara mengolah minyak mentah secara sederhana, cara pengelolaan minyak bumi