Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Apakah Anda sudah tahu energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak, energi bunyi serta energi kalor atau panas. Pasti sebagian dari Anda belum mengetahuinya. Saya akan membahas tentang energi listrik menjadi energi gerak. Lho, mengapa energi listrik dapat menjadi energi gerak? Temukan jawaban Anda di dalam pembahasan artikel ini.

Kita setiap harinya pasti menggunakan alat yang membutuhkan listrik untuk menghidupkannya. Penggunaan listrik untuk membantu kebutuhan sehari-hari itulah yang menimbulkan perubahan energi listrik. Sekarang ini dalam berbagai aspek membutuhkan yang namanya listrik, di rumah, kantor bahkan mainan anak-anak.

Energi Listrik Menjadi Energi Gerak dan Contohnyaperubahan-energi-listrik-menjadi-energi-gerak

 

Contohnya mobil mainan yang menggunakan tenaga baterai. Roda mobil mampu berputar alasannya karena terhubung dengan motor listrik sehingga terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Peralatan rumah tangga yang membutuhkan motor listrik ini seperti blender, kipas angin, mesin cuci serta pengering rambut.

Hukum kekekalan energi berbunyi energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan tetapi hanya dapat berubah dari energi satu ke bentuk energi lainnya. Begitu pun dengan konversi energi listrik ini, hanya dapat berubah dari energi satu menjadi bentuk energi yang lain.

Untuk dapat mengubah energi listrik menjadi bentuk energi yang lain dibutuhkan suatu alat yang disebut motor listrik, perubahan energi listrik menjadi energi gerak yang terjadi pada motor listrik dimulai dari perubahan energi listrik terlebih dahulu lalu energi listrik tersebut berubah menjadi induksi magnet. Induksi magnet itulah yang membuat poros-poros pada alat listrik dapat bergerak.

Di bawah ini beberapa penjelasan mengenai contoh kerja energi listrik ke energi gerak antara lain:

–┬áKipas angin

Kipas angin yang sudah dihubungkan dengan stopkontak listrik maka baling-baling pada kipas angin akan bergerak. Hal ini disebabkan karena energi listrik mengubah komponen magnet yang berada di dalam kipas tersebut sehingga menjadi energi gerak.

–┬áBlender

Dalam kegiatan rumah tangga blender berfungsi untuk menghaluskan sesuatu yang keras menjadi lunak atau hancur. Di dalam blender terdapat baling-baling yang sangat tajam, apabila benda tersebut bergerak berputar dengan cepat maka akan menghaluskan bahan yang keras tadi. Prinsip blender ini sama seperti kipas angin yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

–┬áPengering rambut

Pengering rambut ini memanfaatkan energi listrik ke energi gerak. Ketika pengering rambut sudah dihubungkan ke stopkontak maka baling-baling yang terdapat pada pengering rambut juga bergerak dengan cepat sehingga menghasilkan angin yang cukup untuk membantu mengeringkan rambut yang basah.

Selain perubahan energi listrik menjadi energi gerak, kita juga harus mengetahui energi gerak menjadi energi listrik salah satunya adalah dinamo dan generator listrik. Mengapa dinamo dan generator listrik mengubah energi gerak menjadi listrik bukan mengubah energi listrik ke energi gerak? Berikut penjelasannya.

Dinamo berfungsi sebagai alat penerangan yang terpasang di dalam sepeda goes, dinamo sendiri terdiri dari kumparan yang berada di tengah medan magnet. Jika kepala dinamo berputar maka kumparan juga akan berputar. Perputaran kumparan yang berada di medan magnet menghasilkan energi listrik.

Semakin besar gerakan yang diproduksi semakin besar pula listrik yang dihasilkan. Sedangkan untuk generator listrik, prinsipnya sama seperti dinamo, yang membedakan adalah yang menggerakannya, pada generator yang menggerakannya adalah turbin atau kincir besar dengan bantuan air terjun atau bendungan.

Sekilas tentang perubahan energi yang bisa kita temukan sehari-hari. Perubahan energi listrik menjadi energi gerak merupakan perubahan energi yang menjangkau seluruh aspek. Jangkauannya bisa mencapai ke mainan anak-anak seperti mobil listrik. Sekian dan terima kasih.

Loading...

Tags: perubahan energi listrik menjadi energi panas, sebutkan alat alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak, energi listrik menjadi gerak, alat listrik yang dapat mengubah bentuk energi listrik menjadi energi gerak adalah, terjadinya perubahan energi gerak menjadi energi listrik, alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak, teori tentang materi fisika contohnya kipas angin yang berputar, jelaskan perubahan energi gerak menjadi energi listrik, perubahan energi listrik menjadi gerak, Generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik dengan teori, energi listrik menjadi energi kinetik, contoh perubahan energi listrik menjadi gerak, terjadinya perubahan energi gerak menjadi enenrgi listrik?jelaskan dengan singkat, alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak adalah, pengubah energi listrik menjasi gerak