Perubahan Energi Dalam Kehidupan Kita

Perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan kita sering kali tidak kita sadari. Namun demikian, perubahan itu secara tidak sengaja telah kita manfaatkan dan sering kita lihat setiap harinya. Pernahkah Anda melihat adanya buah yang terjatuh dari pohonnya?

Atau, benda lain yang terjatuh ke bawah? Setiap benda yang jatuh memiliki perubahan energi yang bisa kita amati dengan jelas, namun mungkin kita tidak memperhatikan dengan baik. Kita akan tahu sebuah benda terjatuh dari bunyi yang terdengar ketika benda telah sampai ke tanah.

Macam – Macam Perubahan Energimacam-macam-perubahan-energi

 

Dan ini merupakan perubahan energi dari energi gerak menjadi energi bunyi, energi lain yang tidak bisa kita dengarkan namun bisa kita rasakan adalah ketika benda terjatuh maka tanah tempat terjatuh akan terasa hangat. Dan ini menunjukkan bahwa energi gerak telah berubah menjadi energi panas. Dengan terjatuhnya benda tersebut hingga berubah menjadi energi bunyi dan energi panas, maka tidak berarti energi yang dimiliki benda tersebut hilang.

Perubahan energi yang terjadi pada sebuah benda tidak akan mengurangi energi yang ada pada benda tersebut. Karena sifat energi tidak pernah berkurang atau hilang, namun diubah dalam energi bentuk lain. Dengan adanya pengetahuan tentang energi ini, maka energi dapat dimanfaatkan manusia dengan baik, meskipun pada beberapa hal penggunaannya harus diolah terlebih dahulu. Dan dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak sekali perubahan energi yang telah kita manfaatkan.

Contoh Perubahan Energi

Adapun contoh perubahan energi tersebut antara lain adalah penggunaan setrika listrik. Dalam hal ini, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi panas, yang mampu membuat pakaian kita menjadi rapi. Contoh energi listrik yang diubah menjadi energi panas yang lain juga terjadi pada solder listrik, kompor listrik dan masih banyak lagi.

Kita juga sering menggunakan contoh perubahan energi listrik menjadi energi cahaya seperti pada lampu yang sangat berguna untuk penerangan kita terutama di waktu malam hari. Perubahan energi yang lain yang juga sangat bermanfaat untuk kita adalah adanya perubahan energi listrik menjadi energi kimia seperti pada pengisian aki yang berpengaruh pada kendaraan bermesin kita seperti mobil dan sepeda motor. Terjadinya fotosintesis pada tumbuhan juga tidak terlepas dari adanya perubahan energi ini. Fotosintesis bisa terjadi karena adanya perubahan energi cahaya, yaitu yang bisa didapatkan dari matahari menjadi energi kimia.

Kita sadari bahwa energi yang paling besar yang ada di muka bumi ini adalah energi matahari. Dari sumber energi ini, maka bisa kita manfaatkan perubahan energi yang ada. Namun demikian, tidak perlu menunggu terjadi perubahan energi untuk memanfaatkan energi matahari. Karena dengan panas matahari yang dapat kita rasakan secara langsung ini kita dapat memanfaatkannya untuk mengeringkan pakaian atau berbagai macam jemuran seperti padi, cengkeh dan lainnya. Fungsi lainnya adalah sebagai penghangat tubuh, untuk membantu dan juga penghangat ruangan.

Bahkan dengan adanya sumber energi yang berasal dari matahari ini bisa kita dapatkan energi listrik. Energi listrik ini bisa dimanfaatkan untuk bermacam aktivitas dan dapat membantu dalam banyak bidang. Karena energi listrik ini bisa diubah dalam berbagai energi seperti energi panas, energi dingin, energi suara, atau energi gerak seperti yang terjadi pada robot. Dengan kata lain, energi bisa lebih bermanfaat ketika terjadi perubahan energi tanpa mengurangi atau menghilangkan jumlah energi yang ada, namun diubah dalam bentuk lain.

Contoh perubahan energi selanjutnya adalah perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Perubahan energi yang satu ini seringkali digunakan untuk menggerakkan suatu benda. Contohnya yaitu kereta uap yang menggunakan bahan bakar dari batu bara, kendaraan bermotor (menggunakan bahan bakar bensin, solar atau avtur) gergaji dan juga mesin.

Berikutnya adalah energi gerak menjadi energi bunyi. Contoh dari perubahan energi ini adalah ketika kita bertepuk tangan pastinya akan menimbulkan energi bunyi atau akan terdengar bunyi.

Dengan adanya energi listrik pastinya dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Misalnya saja adanya radio, alarm, sirine, bel listrik dan lainnya. Beberapa hal tersebut memanfaatkan energi listik menjadi energi bunyi.

Sedangkan energi panas menjadi energi listrik, seringkali dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga geothermal atau panas bumi. Dinamo yang sering digunakan untuk mesin kendaraan, kincir angin dan generator (PLTA) menggunakan perubahan energi gerak menjadi energi listrik.

Jika berbicara tentang perubahan energi pastinya ada banyak sekali contoh yang bisa saja digunakan. Contohnya saja perubahan energi kimia menjadi energi listrik. Perubahan energi itu contohnya yaitu menyalakan senter dengan baterai dan juga handphone.

Sedangkan untuk perubahan listrik menjadi energi panas, contohnya yaitu kompor listrik, solder, oven listrik dan microwave.

Nah itulah beberapa perubahan energi dalam energi dalam kehidupan kita.

Loading...

Tags: perubahan energi apa yang terjadi pada bahan bakar kendaraan bermotor, manfaat perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari, perubahan energi yang terjadi pada bensin untuk menggerakkan motor adalah, pengertian perubahan energi dalam, perubahan energi adalah, pada fotosintesis terjadi perubahan energi, apakah dalam perubahan bentuk energi ada energi yang hilang jelaskan, apa manfaat perubahan energi dalam kehidupan sehari hari, menjemur ikan perubahan energinya, perubahan energi pada saat memasak, contoh dari energi panas ke energi dingin, perubahan energi saat fotosintesis, macam macam energi bunyi yang ada di tempat ruangan busana, gambar perubahan sumber energi, perubahan apa yang terjadi setelah adanya listrik bagi kehidupan manusia !