Peranan Bio Energi Sebagai Energi Alternatif Yang Terbarukan

Bio energi atau biogas merupakan sejenis energi terbarukan yang dihasilkan dari bahan-bahan organik atau biomassa. Seperti kita ketahui, saat ini kita masih sangat tergantung dengan ketersediaan minyak bumi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia. Namun, sebenarnya minyak bumi itu sendiri memiliki banyak kekurangan yang tidak disadari oleh setiap manusia.

Minyak bumi merupakan energi tak terbarukan yang ketersediaannya sangat terbatas, selain itu bahan bakar dari fosil ini sebenarnya masih bisa diperbaharui lagi hanya saja membutuhkan waktu jutaan tahun ke depan untuk bisa menghasilkan bahan bakar atau minyak bumi kembali.

Pengertian Bio Energi

bioenergi-terbarukan-alternatif

Namun, di negara-negara maju saat ini sedang populer yang namanya energi alternatif yang dinamakan juga sebagai bio energi. Energi yang berasal dari biomassa ini biasanya berasal dari limbah industri, kayu, hasil pertanian, jerami dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan limbah-limbah organik atau limbah industri inilah kita bisa memanfaatkan sesuatu yang tak mungkin kurang berguna menjadi sebuah produk yang bisa dimanfaatkan oleh kebutuhan manusia saat ini. Biogas atau biofuel ini bisa disebut juga sebagai bahan bakar yang sifatnya merupakan turunan dari bahan-bahan biologis.

Bio energi atau biofuel ini sendiri bisa dikatakan sebagai energi yang diperoleh dari biomassa, namun biofuel ini sendiri bukan termasuk biomassa. Biomassa ini sebenarnya bisa didapat dari produk samping atau limbah dari pertanian ataupun industri pengolahan. Sehingga, jika kita simpulkan bahwa dengan bahan-bahan yang berasal dari limbah ini tentu bahan baku tersebut sangat melimpah jumlahnya. Selain itu, biomassa juga tidak mengurangi besarnya pasokan pangan pada manusia. Biomassa sendiri bisa juga berasal dari organisme, baik dari tumbuhan, limbah hingga hewan.

Bahkan kita bisa menghasilkan bahan baku bio fuel ini berupa biomassa yang dihasilkan dari kotoran hewan. Energi yang berasal dari biomassa ini termasuk bagian dari tahapan siklus karbon. Adapun contoh dari biomassa lainnya adalah eceng gondok, tandan kosong dari kelapa sawit dan bagasse yang bisa dimanfaatkan untuk memproduksi bahan bakar alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan orang banyak. Bagasse sendiri dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi pada industri pengolahan tebu. Eceng gondok sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang keberadaannya kurang dimanfaatkan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan biofuel.

Sementara untuk tandan kosong dari kelapa sawit dimanfaatkan pada pabrik yang mengolah kelapa sawit. Dengan memanfaatkan bio energi ini, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bagi kita semua, seperti berikut ini:

1. Meminimalisir penggunaan bahan bakar hidrokarbon

Dengan memanfaatkan energi alternatif dari biofuel atau biogas ini, maka kita bisa mengurangi penggunaan bahan bakar yang sifatnya hidrokarbon. Sementara bahan bakar dari hidrokarbon ini bisa menyebabkan kerusakan lingkungan efek dari peningkatannya emisi gas karbon dioksida di udara. Hal inilah yang memiliki pengaruh terhadap efek pemanasan global, sehingga meningkatnya suhu udara di dunia yang semakin panas.

2. Energi pengganti

Biofuel atau biogas yang berasal dari biomassa ini bermanfaat sebagai energi pengganti yang diharapkan ketersediaannya sangat melimpah dan bisa menggantikan bahan bakar fosil. Seperti kita ketahui minyak bumi, batubara sebagai sumber bahan bakar yang berasal dari fosil atau tumbuhan dan hewan yang sudah mati yang tertimbun selama jutaan tahun ini tentu jika digunakan secara terus menerus akan habis. Maka dari itu, biogas ini memiliki peranan sebagai energi pengganti atau alternatif untuk menggantikan energi yang tidak terbarukan menjadi energi yang terbarukan.

3. Ramah lingkungan

Dengan memanfaatkan bahan baku biomassa atau yang berasal dari alam, maka energi alternatif ini tentunya ramah lingkungan. Sebagai energi alternatif ini, maka bahan bakar tersebut ketika digunakan bisa mengurangi emisi karbon, mengatasi masalah efek gas rumah kaca atau pemanasan global dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa peranan bio energi sebagai energi alternatif yang terbarukan untuk kebutuhan manusia. Semoga bermanfaat!


Loading...
Tags: macam macam jenis bioenergi, manfaat bahan bakar bio, contoh bioenergi, bahan bakar bio, macam macam bio, Energi bio, macam macam bioenergi, hasil biogas yang dapat dimanfaatkan sebagai energi panas, macam2 bio berupa contoh nya, untuk mengurangi gas karbon diudara kita dapat menggunakan energi alternatif kecuali, apa itu bahan bakar bio, bahan bakar bio adalah salah satu sumber energi alternatif yg dimanfaatkan untk, bagaimana penggunaan bioenergi sebagai energi alternatif dalam kegiatan sehari-hari, jenis bionergi adalah, Bioenergi dipilih sebagai salah satu energi alternatif karena