Pengertian Usaha dan Energi Menurut Beberapa Sumber

Ada sumber yang mengatakan bahwa pengertian usaha dan energi adalah saling berhubungan. Hal ini ada benarnya karena setiap usaha yang ada di dalam dunia fisika pasti akan menghasilkan atau menggunakan energi. Di dalam fisika usaha berkaitan dengan suatu perubahan. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa gaya dapat menghasilkan perubahan.

Apabila gaya bekerja pada benda yang diam, maka benda tersebut bisa berubah posisinya. Sedangkan bila gaya bekerja pada benda yang bergerak maka benda tersebut bisa berubah kecepatanya yang awalnya lambat yang kemudian berubah menjadi cepat. Berikut adalah rumus dari usaha dan juga energi yang bisa kita gunakan untuk mencari besarnya gya dan juga energi.

Pengertian Usaha dan Energi Beserta Rumusnya

pengertian-usaha-dan-energi

Jika kita ingin mengetahui pengertian usaha dan energi, maka ada rumus yang digunakan untuk mencari suatu usaha. Suatu usaha dapat dilambangkan dengan W yang berarti usaha yang mempunyai lambang J yang berarti Joule. Jika kita ingin mencari besarnya suatu gaya maka kita akan mendapatkan sebagai W = Fx.s = (F cos ?).s = Fs cos ?. F adalah gaya yang dilambangkan dengan N atauNewton dan s adalah perpindahan yang mempunyai satuan meter dan ? adalah sudut antara F dan s ( derajat datau radian ). Jika kita ingin mencari komponen gaya yang segaris dengan perpindahan adalah Fx = F cos ?.

Ada rumus yang menjadi hubungan dari pengertian usaha dan energi. Jika kita ingin mencari besaran energi maka kita bisa mencari 1 Nm = 1 Joule = 107 erg sedangkan dimensi dari usaha energi adalah 1 W = E1 = ML2T-2. Beberapa jenis energi antara lain adalah energi kinetik yang mempunyai satuan Ek= ½ m v2 sebagai energi kinetik rot dan Ek ½ m v2 sebagai energi kinetik trans. Pelambanganya adalah sebagai berikut, m adalah massa yang mempunyai satuan kg, v adalah kecepatan yang dilambangkan dengan m/s, l adalah momen inersia dan w adalah kecepatan sudut. Dengan rumus ini, kita bisa mencari energi kinetik dari suatu benda.

Kesimpulan Mengenai Pengertian Usaha dan Energi

Masih dalam pembahasan mengenai pengertian usaha dan energi yang mana ada energi potensial yang memiliki rumus sebagai Ep = m g h yang mana h adalah tinggi benda dan Ep adalah energi potensial. Ada juga energi yang dikategorikan sebagai energi dari suatu usaha yaitu enegi mekanik. Energi mekanik mempunyai rumus sebagai (Em)Em = Ek + Ep.

Energi mekanik adalah dua gabungan dari energi kinetik dan energi potensial. Contoh benda nyata yang menggunakan energi mekanik adalah kincir angin yang menggunakan air sebagai sumber energi yang nantinya akan dikonversikan menjadi pembangkit listrik. Penghasil listrik yang ada di pembangkit listrik tenaga angin adalah turbin raksasa yang berukuran sangat besar.

Sebenarnya, usaha dan energi adalah dua hal yang sangat berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Hukumnya adalah dimana ada usaha pasti ada energi yang digunakan atau dihasilkan. Contohnya adalah mesin mobil yang menggerakan ban yang berada dalam posisi diam yang akan berubah posisi ketika ban berputar. Proses dari bergeraknya ban dari satu posisi ke posisi yang lain inilah yang disebut sebagai energi. Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian usaha dan energi beserta rumusnya dan semoga artikel ini bermanfaat.


Loading...
Tags: pengertian usaha dan energi, pengertian usaha listrik, materi tentang usaha dan energi com, pengertian usaha lis, wikipedia usaha dan energi