Pengertian Konversi Energi Menurut Beberapa Sumber

Jika kita berbicara mengenai pengertian konversi energi, kita harus paham terlebih dahulu apa itu energi dan apa itu konversi. Konversi dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah peralihan fungsi. Hal ini yang mendasari bahwa konversi energi adalah peralihan manfaat energi satu ke energi yang lainya.

Contoh yang sangat umum yang terjadi di Indonesia adalah peralihan fungsi minyak tanah yang dirubah menjadi gas LPG 3 KG. Hal ini dilakukan oleh pemerintah atas dasar kelangkaan yang terjadi pada LPG 3 KG. Hal ini kerap kali terjadi di daerah daerah yang terpencil yang sulit untuk menjangkaunya sehingga kelangkaan gas LPG pun sering terjadi. Untuk itulah pemerintah mulai menggalakan cara agar minyak tanah bisa dikonversi menjadi gas LPG.

Pengertian Konversi Energi dan Contohnya

pengertian-konversi-energi

Salah satu pengertian konversi energi adalah perubahan bentuk energi dari yang satu menjadi enegi yang lain. Namun ada beberapa sumber juga yang mengatakan bahwa istilah konversi enegi tidak sebenarnya benar. Yang benar adalah konversi saja tanpa ada kata energi yang maksutnya adalah peralihan pemakaian bahan bakar.

Dalam berbagai macam kasus, kita bisa mengetahui jika konversi energi sudah lama dilakukan oleh orang orang Eropa. Misalnya saja, zaman dahulu, batu bara digunakan sebagai bahan bakar kereta uap yang nantinya akan menggerakan mesin uap tersebut. Namun karena Eropa pada zaman dahulu dingin berbagai Negara di Uni Eropa yang berhawa dingin menggunakan batu bara sebagai pamanas ruangan. Hal ini juga bisa disebut sebagai konversi energi.

Peralihan energi dari listrik ke berbagai macam energi juga bisa disebut sebagai pengertian konversi energi. Contoh singkatnya, listrik bisa merubah menjadi energi cahaya pada lampu atau panasnya heater. Hal ini merupakan contoh dari konversi energi yang memanfaatkan energi listrik yang dialihkan fungsinya menjadi energi panas dan energi cahaya.

Pengertian Konversi Energi di Bumi

Selain itu energi gerak pada jam yang menggunakan battery juga termasuk sebagai konversi energi. Bahan kimia yang ada pada battery mampu menggerakan gerak jam yang ada di dalam. Namun, bahan kimia yang ada di battery juga mempunyai jangka waktu yang tidak lama. Untuk itu, orang orang lebih sering menggunakan energi listrik dari pada energi kimia.

Di zaman yang serba modern ini pemakaian energi tak terbarukan semakin banyak sehingga kita harus hemat dalam penggunaanya. Jika tidak maka pasokan energi tak terbarukan ini akan menipis dan nantinya anak cucu kita tidak akan bisa menikmatinya.

Energi matahari yang dikonversikan dengan menggunakan solar cell di sampan di dalam battery dan inverter AC / DC disebut energi terbarukan karena pasokan energi panas matahari selalu berlimpah dan tidak akan pernah habis. Pemanfaatan sumber daya terbarukan semacam ini juga merupakan pengertian konversi energi karena dari energi panas akan dirubah menjadi energi kimia, listrik, dan energi angin. Selain pasokanya melimpah,energi terbarukan selalu tersedia dimana saja.

Konversi energi yang terjadi di Bumi merupakan kekuatan alam yang dimanfaatkan oleh umat manusia untuk berjaga jaga jika sumber daya tak terbarukan yang ada di bumi ini habis. Kita bisa menggunakan tanaman jarak sebagai pengganti minyak bumi. Minyak pada pohon jarak ini akan dikonversikan menjadi bahan bakar yang digunakan untuk menggerakan mesin sebagai pengganti bensin. Itulah beberapa macam pengertian konversi energi beserta contohnya.


Loading...
Tags: konversi energi, pengertian konversi energi, pengertian mesin konversi energi, konversi energi adalah, pengertian konversi, apa itu konversi energi, apa yang dimaksud dengan konversi energi, konfersi energi, pengertian konversi energi dan contohnya, apa yang dimaksud konversi energi, Apa yang dimaksud mesin konversi energi, jelaskan pengertian mesin konversi energi, konversi energi listrik adalah, pengertian mesin konversi energi dan contohnya, konvensi energi