Pengertian Energi Potensial dan Contohnya Sehari-Hari

Bagi Anda yang sedang mencari pengertian energi potensial, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini. Energi potensial merupakan salah satu jenis energi yang berhubungan dengan potensi suatu obyek dalam melakukan pekerjaan. Energi potensial ini dapat diartikan juga sebagai energi yang dapat dihubungkan dengan gaya-gaya yang tergantung dari posisi atau wujud dari benda tersebut. Untuk contohnya yang ada di kehidupan sehari-hari sebenarnya ada banyak sekali. Salah satu contohnya yaitu katapel, karet yang digunakan katapel memiliki energi potensial.

Karet yang digunakan katapel akan mampu melemparkan batu jika ditarik atau direnggangkan lalu dilepaskan. Sama halnya dengan busur panah, yang mampu melemparkan anak panah. Hal tersebut dapat terjadi akibat energi potensial yang ada pada karet katapel atau busur panah tersebut. Selain membahas mengenai pengertian energi potensial, Anda tentu harus mengetahui contoh-contohnya dalam kehidupan nyata. Selain karet katapel dan juga busur panah, contoh lainnya yang memiliki energi potensial yaitu pegas. Pegas dapat ditekan lalu direnggangkan, hal tersebut juga dapat terjadi karena energi potensial yang dimilikinya.

Pengertian Energi Potensial

pengertian-energi-potensialDari ketiga contoh tersebut, tentu Anda juga dapat membayangkan bagaimana energi potensial tersebut. Energi potensial yang dapat Anda lihat pada ketiga contoh tersebut disebut sebagai energi potensial elastis. Membahas mengenai pengertian dari energi potensial memang sangat menarik untuk dilakukan.

Selain contoh yang sudah disebutkan, masih ada banyak contoh lain dari energi potensial. Bahkan energi kimia yang ada pada makanan juga memiliki energi potensial. Hal tersebut dapat diperhatikan dari proses pembakarannya sehingga menjadi energi di dalam tubuh. Setelah itu energi baru dapat digunakan untuk melakukan aktivitas.

Sebelumnya Anda sudah melihat beberapa contoh energi potensial elastis. Lalu, sebenarnya apa pengertian dari energi potensial elastis tersebut? Energi potensial elastis merupakan energi yang disimpan pada benda elastis oleh gayanya lalu mengalami perubahan bentuk. Bagi Anda yang kesulitan memahami mengenai pengertian energi potensial ini, Anda dapat membayangkan sistem pegas. Energi potensial memang tidak seperti energi kinetik yang dimiliki oleh benda bergerak secara fisik. Secara sederhana, Anda dapat memahaminya melalui konsep berikut ini. Jika suatu benda memiliki potensi dalam melakukan usahanya, maka benda tersebut memiliki energi potensial.

Selain energi potensial elastis, ada beberapa jenis lainnya yang juga dapat Anda ketahui. Antara lain yaitu energi potensial gravitasi, kimia, elektronik dan juga nuklir. Dari jenis-jenisnya tersebut, Anda juga dapat mengetahui bahwa gravitasi bumi juga memiliki energi potensial. Contohnya yaitu buah mangga yang masih menggelayut pada tangkainya sendiri. Ketika buah mangga bergoyang atau menggelayut tersebut, hal itu sudah dapat membuktikan bahwa terdapat energi potensial gravitasi. Hal tersebut terjadi karena posisi relatif dari benda tersebut terhadap bumi. Itulah pengertian energi potensial serta contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat Anda ketahui.

Satu lagi contoh dari energi potensial ini yaitu sediakan paku, setelah itu tancapkan di tanah. Jika sudah, Anda dapat mengambil batu berukuran cukup besar lalu jatuhkan pada paku tersebut. Setelah itu, Anda akan melihat paku tersebut telah masuk ke dalam tanah lebih dalam lagi. Dari hal tersebut Anda sudah dapat melihat bahwa batu memiliki energi potensial. Usaha yang dilakukan batu tersebut mengakibatkan paku bergerak atau memberikan hasil yang lebih. Jadi, hanya benda yang berpotensi saja yang memiliki energi potensial. Sekian informasi mengenai pengertian energi potensial dan juga contoh-contohnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari.


Loading...
Tags: energi potensial, contoh energi potensial, pengertian energi potensial, energi potensial adalah, benda yang memiliki energi potensial, apa itu energi potensial, contoh benda yang memiliki energi potensial, materi energi potensial, definisi energi potensial, arti energi potensial, Contoh dari energi potensial, pengertian energi potensial dan contohnya, energi potensial dan contohnya, Benda yang memiliki energi potensial adalah, benda yg memiliki energi potensial