Pengertian Energi Mekanik Menurut Ilmu Pengetahuan

Pengertian energi mekanik yaitu sekumpulan energi yang terdapat pada sistem mekanis. Dengan kata lain, tenaga mekanik merupakan kesatuan benda yang terdiri atas beberapa benda yang saling berinteraksi menggunakan sistem kerja mekanik.

Jenis energi ini masih termasuk dalam jenis energi kinetik namun mampu menghasilkan gerakan, serta termasuk dalam tenaga potensi karena mampu menghasilkan energi yang dikeluarkan dari fungsi dan posisi masing-masing benda. Secara umum, mekanis membutuhkan bantuan kerja dari sistem gravitasi, terlebih lagi pada sistem ilmu kimia yang terlahir dari kerja molekul-molekul yang harus diperhatikan.

Pengertian Energi Mekanik

Semua tenaga mekanik ada di dalam sistem energi potensial dan kinetik, seperti pada gambaran benda yang bergerak. Setiap benda yang bergerak entah karena dorongan atau karena gravitasi tentu akan menghasilkan energi atau tenaga kinetik. Sedangkan pada energi potensial, kita bisa mengambil gambaran dari energi yang dikeluarkan bukan karena hasil tenaga sendiri.pengertian-energi-mekanik

Namun energi potensial akan menghasilkan tenaga berdasarkan sistem yang membantu menghasilkan energi. Misalnya jika kita menempatkan sebuah bola di tanah, benda bulat tersebut sebenarnya memiliki tenaga potensial. Namun bola tidak bisa bergerak apabila tidak ditendang atau dipukul. Kurang lebih seperti itulah kita bisa mendapatkan gambaran umum dari energi mekanik dari sekumpulan energi kinetik maupun potensial.

Seperti yang diketahui, belajar fisika dimulai dengan mengetahui tentang prinsip-prinsip dasat sistem mekanik dan energi mereka. Hal ini berguna agar lebih mudah untuk memvisualisasikan dan mudah untuk menyederhanakan. Perhitungan dasar mengenai sistem ini dapat dibuat tanpa menggunakan kalkulus. Sebagian besar masalah fisika sederhana, sistem mekanik akan tetap tertutup dan faktor energi yang biasanya akan dihilangkan dari sistem, seperti hambatan udara dan gesekan akan diabaikan.

Bagaimana Cara Menghitung Energi Mekanik

Hitungan-hitungan ilmiah dari ilmu fisika seperti ini tentu sudah bisa kita pelajari waktu belajar di SMP maupun SMA. Tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba mengingat kembali bagaimana metode menghitung tenaga yang dihasilkan dari sistem mekanik. Rumus mudah untuk menghitung energi mekanik adalah dengan menjumlahkan sistem mekanik dengan energi kinetik maupun energi potensial. Secara umum kita bisa membuat satuan rumus sebagai berikut:

Ep = Energi potensial

H = Tinggi benda dari pusat gravitasi (tanah)

M = Massa

G= Kekuatan luncuran gravitasi (g yaitu 9,8 m/s2)

Berarti, rumus dasar menghitung Energi potensial adalah Ep = H x M x G. Energi kinetik suatu benda (EK) adalah hasil kali dari ½ massa dan kecepatan kuadrat nya (v). Ek = ½ mv2.

Massa diberikan dalam satuan kilogram (kg), tinggi dalam satuan meter (m), kecepatan memiliki satuan meter per detik (m/s) dan energi yang diberikan adalah memiliki satuan joule (j). Sehingga setelah energi potensial dan energi kinetik diketahui, maka jumlah energi mekanik pun dapat ditemukan. Yaitu hanya dengan menambahkan keduanya.

Energi Mekanik = Ep + Ek.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh yang dapat Anda pelajari. Misalnya saja energi potensial dari 4 kg bola bowling yang berada 4 meter di atas tanah adalah 156,8 Joule (4 kg x 4 meter x 9,8 m/s2 = 156,8 joule). Apakah bola ada dalam keadaan gerak atau saat berhenti. Jika bola jatuh dengan kecepatan 3 m/s, maka energi kinetiknya adalah? Ek =(1/2 x 4 kg x 3 m/s) = 6 joule.

Setelah mengetahui energi potensial dan energi kinetik, maka energi mekaniknya yaitu Ek = Ep + Ek (156,8 – 6 = 150,8 Joule).

Ini hanya salah satu contoh penghitungan tenaga dari sistem mekanik berdasarkan kekuatan gaya gravitasi. Anda bisa membuka kembali rumus lainnya di buku pelajaran fisika dahulu.

Kerja mekanik juga bisa dihasilkan dari sistem kimia dan nuklir, namun kadang kita sulit membedakannya. Pada sistem kerja kimia, tenaga bisa dihasilkan dari kerja molekul. Sedangkan pada nuklir bisa mengeluarkan tenaga dari atom partikel. Hal ini menjadi tugas ilmuwan untuk menyederhanakan fungsi kinetik yang dihasilkan dari kerja molekul.

Jika tidak menyederhanakan fungsi partikel dan molekul, para ilmuan tidak akan bisa menghasilkan rumus energi mekanik yang dihasilkan dari partikel dan molekul tersebut. Pada bagian ini kita jika tidak benar-benar memahami dan bukan seorang ilmuwan tentu tidak akan bisa menghitungnya. Namun kita cukup mengetahui manfaat dari partikel, molekul dan tenaga yang dihasilkan dengan menggunakan sistem mekanik.

Semua energy lahir dari sebuah kerja sistem mekanik, baik yang alamiah dari faktor alam maupun kerja mekanik buatan. Sebagai contoh kita melihat kerja mesin genset, mesin ekskavator, kran dan sebagainya. Contoh tersebut merupakan bentuk kerja kinetic yang dihasilkan dari cara kerja mekanik. Mesin mobil yang menggunakan kerja mekanik bisa menghasilkan gerakan menggunakan unsur kimia bahan bakar, di konversi menggunakan kerja mekanik sehingga bisa bergerak. Demikianlah sedikit ulasan tentang kerja energi, khususnya pada energi mekanik. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Loading...

Tags: energi mekanik adalah, gambar energi potensial, tenaga mekanik, persamaan energi mekanik, pengertian sistem mekanik, rumus energi mekanik, apa yang dimaksud energi mekanik, apa yang di maksud dengan energi mekanik, definisi energi mekanik, pengertian energi mekanis, Apa maksud mekanis elektris, energi mekanik rumus, jelaskan secara rinci untuk apa kita mempelajari kekekalan energi mekanik dan contoh nya, apa yg dihasilkan dari energi mekanik, pengertian energi mekanik dan rumus