Pengertian Energi Mekanik Menurut Berbagai Sumber

Jika kita ingin mengetahui mengenai pengertian energi mekanik, maka anda datang ke tempat yang tepat. Di dalam artikel ini, ada penjelasan singkat mengenai apa itu energy mekanik beserta contoh contohnya. Sebagai permualaan, energy mekanik adalah jumlah energy dalam sistem mekanis atau kelompok benda yang berinteraksi berdasarkan prinsip mekanik dasar.

Energi mekanik ini termasuk energi kinetic dan energi potensial yang biasanya gravitasi adalah satu satunya gaya luar utama yang perlu dipertimbangkan. Sebaliknya, di dalam hokum kimia, gaya antara molekul individual dan atom semua harus diperhitungkan. Itulah salah satu pengertian mengenai energi mekanik. Di bawah ini ada penjelasan singkat mengenai contoh energi mekanik.

Pengertian Hukum Kekekalan Energi Mekanikpengertia-energi-mekanik

 

Pengertian hukum kekekalan energi mekanik adalah bahwa energi mekanik ada di dalam suatu sistem energi kinetic dan juga energi potensial. Energi kinetic berarti energi gerak seperti salah satu contohnya adalah baling baling angin untuk penggerak pembangkit listrik. Sedangkan untuk energi potensial didasarkan pada suatu benda energi yang disimpan dan tidak dapat melakukan usaha sendiri, seperti energi kinetic.

Misal, ada sebuah bola bowling tidak memiliki energi kinetic karena tidak bergerak. Tetapi memiliki sejumlah energi potensial yang besar yang nantinya akan dirubah menjadi energi kinetic ketika bola bowling tadi jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi. Sehingga kita bisa mengetahui bahwa tanpa adanya gerak maka tidak akan bisa dikatakan sebagai energi kinetic.

Pengertian Energi Mekanik dan Contohnya

Pengertian energi mekanik dan contohnya adalah bahwa energi mekanik adalah hasil sejumlah dari energi potensial dan energi kinetic yang hadir di dalam komponen komponen sustem mekanis. Untuk contohnya generator yang dirancang secara khusus untuk menghasilkan listrik. Namun tanpa adanya sumber energi generator tidak akan bisa berjalan.

Untuk itu, biasanya generator akan menggunakan air atau angin sebagai sumber daya untuk menghasilkan listrik. Contoh yang lain adalah mesin pembakaran internal di dalam mobil mengubah energi kimia dalam bahan bakar menjadi energi mekanik yang digunakan untuk membuat mobil bergerak. Tanpa adanya bahan bakar, mustahil mobil akan bergerak tanpa adanya sumber energi.

Untuk menghitung suatu energi kinetic ada beberapa penjelasan seperti Potensi energi ( Ep ) merupakan hasil kali ketinggian benda di atas tanah ( h ), massa ( m ) dan percepatan gravitasi bumi ( g, yaitu 9,8 m / s2 ). Pernyataan diatas dihitung sebagai Ep = h x m x g.Energi kinetic suatu benda ( Ek ) adalah hasil kali dari ½ massa dan kecepatan kuadrat ( v ). Massa diberikan dalam kg tinggi dalam meter per detik ( m/s ) dan energi dilambangkan dengan joule ( j ). Energi mekanik dapat dilambangkan sebagai Ep + Ek.

Agar lebih jelas mengenai energi mekanik, berikut adalah contoh soal dari energi mekanik yang dapat Anda pelajari.

Contoh soal 1

Sebuah benda yang jatuh bebas dari ketinggian 12 meter di atas tanah memiliki massa 6 kg dan percepatan gravitasi (g) 10 m/s². Maka energi kinetik dan kelajuan benda pada ketinggian 6 meter di atas tanah adalah?

Diketahui:

Massa benda (m) = 6 kg

Percepatan gravitasi (g) = 10 m/s²

Perubahan ketinggian (h) = 12 – 6 = 6 meter

Ditanya:

Energi kinetik benda pada ketinggian 6 meter?

Jawab:

a. Energi kinertik benda pada ketinggian 6  meter

Energi mekanik awal (EMο) = Energi potensial gravitasi  (EP)

EMο = EP = m . g . h = 6 . 10 . 6 = 360 joule

Energi mekanik akhir (EMt) = Energi kinetik (EK)

EMt = EK

360 = EK

Jadi, energi kinetik suatu benda pada ketinggian 6 meter di atas tanah adalah 200 joule.

b. Kelajuan benda pada ketinggian 6 meter

Energi mekanik awal (EMο) = energi mekanik akhir (EMt)

EP = EK

360 = 1/2 m v²

2(360) / 6 = v²

120 = v²

v = √120

v = 10,95 m/s

Jadi kelajuan benda adalah 11 m/s

Contoh soal 2

Buah kelapa yang jatuh bebas dari ketinggian 4 meter memiliki percepatan gravitasi 10 m/s². Hitunglah kelajuan buah kelapa sesaat sebelum menyentuh tanah dengan menggunakan hukum energi mekanik.

Diketahui:

Ketinggian (h) = 4 meter

Percepatan gravitasi (g) = 10 m/s²

Ditanya:

Kelajuan buah kelapa sebelum menyentuh tanah (v)?

Jawab:

Energi mekanik awal (EMο) = Energi potensial gravitasi (EP)

EMο = EP = m . g .h = m (10) (4) = 40 m

Energi mekanik akhir (EMt) = energi kinetik (EK)

EMt = EK 1/2 m v²

Hukum kekekalan energi mekanik menyatakan bahwa energi mekanik awal sama dengan energi mekanik akhir, sehingga:

EMo = EMt

40 m = 1/2 m v²

2 (40) = v²

80 = v²

v = √80

v = 8,9 m/s

Pengertian Energi Mekanik dan Penjelasan Singkat. Selain Energi potensial gravitasi yang dibeberkan pada bola bowling yang jatuh, ada energi potensial yang bersifat elastic seperti contoh karet, busur panah, dan juga pegas.

Benda yang jatuh ke bawah karena gravitasi akan meninggalkan jejak. Semakin tinggi dan semakin berat benda yang jatuh ke bawah, maka bekas jatuh pada benda itu akan semakin dalam. Karena massa yang berat, tanah yang terkena jatuh suatu benda akan mempunyai lubang yang lebih dalam dibandingkan dengan benda dengan massa yang ringan. Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian energi mekanik beserta contohnya.


Loading...
Tags: energi mekanik, pengertian energi mekanik, pengertian mekanik, sumber energi mekanik, energi mekanik dan contohnya, makalah energi mekanik, hukum kekekalan energi mekanik, arti mekanik, sebutkan sumber energi mekanik, pengertian hukum kekekalan energi mekanik, arti energi mekanik, Jenis energi mekanik, apa itu mekanik, dasar teori konversi energi mekanik, bunyi hukum kekekalan energi mekanik