Pengertian Energi Kinetik Menurut Beberapa Sumber

Ada beberapa penjelasan mengenai pengertian energi kinetik. Namun, sebelum kita memulai, mari kita lihat penjelasan yang berikut ini. Energi kinetik adalah energi gerak yang juga bisa disebut sebagai energi dalam gerakan atau enegi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda.

Secara matematis, energi kinetik dihitung sebagai ½ dari massa suatu benda dengan dikalikan kecepatan tubuh kuadrat. Jika kita merumuskan dalam sebuah persamaan, maka kita akan menemukan KE = ½ mv^2. Jika kita ingin mengetahui lebih jauh mengenai energi kinetik, ada penjelasan tersendiri yang ada di paragraph 2 hingga 4. Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu energi kinetik dan contohnya.

Pengertian Energi Kinetik dan Contoh Penggunaanya

pengertian-energi-kinetik

Salah satu contoh pengertian energi kinetik yang pertama adalah energi yang dimiliki suatu benda karena gerakanya. Energi kinetik sebuah benda dapat didefinisikan sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu.

Jika kita ingin mengetahui seberapa besar energi kinetik yang ada pada suatu benda kita bisa menggunakan rumus yang telah ada di paragraph 1 yaitu Ek = ½ mv^2. Ek adalah energi kinetik translasi, m adalah symbol dari massa benda yang mampunyai satuan kilogram dan v adalah kecepatan linier benda yang mempunyai satuan m/s dan satuan energi kinetik itu sendiri mempunyai satuan dalam Joule.

Pengertian energi kinetik secara dasar adalah pergerakan suatu benda dengan massa tertentu yang akan mencapai kecepatan tertentu. Contoh singkat dari energi kinetik yang bisa kita temui di bumi kita ini adalah sebuah planet yang berputar mengelilingi matahari.

Mengapa sebuah planet bergerak mengelilingi matahari? Hal ini disebabkan oleh gravitasi matahari yang kuat yang membuat planet planet di tata surya kita ini berputar. Jika di tata surya kita ini tidak ada matahari, maka planet planet tidak akan memiliki orbit dan kita tidak akan bisa hidup karena matahari adalah salah satu sumber energi yang paling penting untuk manusia.

Pengertian Energi Kinetik dan Kasusnya

Contoh lain dari pengertian energi kinetik adalah sebuah kendaraan yang bergerak. Hal ini jelas jika kendaraan yang berada dalam keadaan diam lalu mesin bergerak dan roda berputar dan mobil berpindah, maka proses ini juga bisa dinamakan energi kinetik. Untuk mencapai kecepatan tertentu, maka harus ada massa benda dan juga kecepatan linier dari benda itu sendiri.

Ban yang berputar pada sumbu roda adalah salah satu contoh dari energi kinetik rotasi yang mana suatu benda bergerak dari satu tempat ke tempat lain, namun posisi dari benda tersebut tetap di tempat yang sama. Hal ini merupakan proses terjadinya mobil berpindah dan timbulnya energi kinetik dari suatu mobil yang bergerak tersebut.

Energi kinetik adalah energi yang mempunyai hubungan dengan gerakan, Jadi jika suatu benda bergerak dalam keadaan diam dan berpindah ke tempat lain maka hal ini bsia dikatakan sebagai energi kinetik. Contohnya dalam kehidupan sehari hari kita adalah air terjun yang mengalir dari atas ke bawah. Hal ini juga merupakan energi kinetik karena air dari atas posisinya berpindah ke bawah karena adanya gravitasi. Selain tiu, volume yang besar dan ketinggian juga berpengaruh terhadapat kecetapan air terjun tersebut. Itulah contoh dan pengetian energi kinetik menurut beberapa sumber.


Loading...
Tags: dasar teori energi kimetik, dasar teori energi kin, dasar teori energi kinetik, dasar teori tentang energi kinetik, jurnal energi kinetik