Pengertian Energi Kimia dan Contohnya serta Manfaat

Ada beberapa pengertian energi kimia menurut para ahli. Secara umum, energi kimia adalah energi yang dihasilkan melalui reaksi suatu zat yang menghasilkan suatu energi seperti energi kinetik, energi panas, dan juga energi potensial. Contoh yang berikut ini adalah contoh energi yang dihasilkan oleh reaksi kimia dan juga melalui proses yang simple.

Contoh reaksi kimia yang menjadi energi panas adalah reaksi kimia yang menghasilkan panas seperti yang ada di dalam setrika. Di dalam setrika ada reaksi kimia besi yang dipanaskan melalui energi listrik. Panas yang dihasilkan melalui setrika ini memang tidak begitu panas karena sumber energi yang digunakan adalah dari bahan buatan berupa listrik.pengertian-energi-kimia

Pengertian Energi Kimia dan Contohnya

 

Salah satu pengertian energi kimia adalah energi kimia adalah proses suatu zat yang berubah menjadi suatu energi. Energi yang dirubah itu menjadi bermacam macam energi seperti energi panas, energi listrik, energi gerak, dan juga energi cahaya. pengertian energi kimia dan contohnya seperti proses pemuaian kapur barus dari benda padat menjadi benda gas dan proses ini disebut menyublim.

Memang untuk proses yang saatu ini tidak termasuk dalam energi kimia, namun proses ini juga termasuk dalam reaksi kimia. Proses reaksi kimia yang lain adalah energi kimia menjadi energi panas. Panas di dalam setrika ini bermula dari energi listrik yang dirubah menjadi energi panas, namun panas yang dihasilkan tidak begitu panas karena sumber energinya berasal dari energi listrik.

Pengertian dari Energi Kimia

Pengertian dari energi kimia yang lain adalah energi yang tersimpan dalam senyawa senyawa kimia. Mari kita perhatikan sejenak mengapa lampu senter bisa bersinar. Lampu senter bisa memiliki cahaya karena mendapatkan energi dari batu battery yang dipasang. Di dalam batu battery ada semacam bubuk energi yang digunakan untuk merubah bubuk menjadi energi cahaya. Contoh yang satu ini termasuk dalam energi kimia. Contoh yang lain yang bisa kita temukan adalah bahan bakar minyak. Bahan bakar minyak yang bersifat cair apabila diberi sedikit api, maka cairan ini dapat menyala sepenuhnya. Hal ini juga bisa menjadi contoh singkat mengenai energi kimia.

Pengertian lain mengenai energi kimia adalah proses suatu zat atau benda yang berubah menjadi zat baru menjadi sifat yang baru. Seperti minyak tanah yang cair menjadi nyala api apabila diberi dengan sedikit percikan api. Contoh lain adalah tabung gas propane untuk memasak. Ketika gas propane dibakar di atas panggangan, energi kimia yang tersimpan di dalam molekul propane akan rusak dan akan melepaskan panas. Contoh lain adalah api unggun. Dalam api unggun ini ada proses reaksi kimia yang tersimpan di dalam molekul kayu dan akan melepaskan panas dan juga cahaya. Nama reaksi dari api unggun ini bersifat radiasi yang memancarkan panas.

Energi kimia sendiri akan disimpan dan dilepas dengan cara membuat suatu fasilitas untuk pemecahan ikatan antara atom. Biasanya hal ini akan dilepaskan ketika sebuah ikatan terbentuk dan diperlukan untuk menghancurkannya. Umumnya ada banyak sekali contoh dari energi kimia dalam kehidupan sehari-hari. Sudah dijelaskan, beberapa contohnya diantaranya adalah baterai, api unggun serta  tabung gas propane. Namun tahukah Anda tak hanya itu saja contoh dari energi kimia, fotosintesis, pembakaran, respirasi serta bahan peledak juga merupakan contoh dari jenis energi yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Fotosintesis

Tahukah Anda bahwa salah satu contoh terbaik dari penyimpanan energi kmia adalah proses fotosintesis dari tumbuhan hijau. Dalam proses yang satu ini sinar matahri sangat dibutuhkan untuk menggabungkan karbon dioksida dari atmosfer dengan air untuk menghasilkan glukosa. Glukosa atau gula sendiri digunakan tanaman sebagai bahan makanan. Proses ini akan menghasilkan oksigen yang berguna bagi manusia.

Pembakaran

Pembakaran sendiri merupakan salah satu contoh yang paling akrab dengan energi kimia. Pembakaran sendiri merupakan reaksi di mana karbon dan hidrogen dalam senyawa organik, seperti minyak ataupun kayu yang kemudian akan bergabung dengan oksigen di udara untuk menghasilkan karbon dioksida, cahaya, aie dan juga panas. Bahan bakar yang biasa digunakan untuk proses pembakaran juga dapat dianggap sebagai penyimpan energi kimia.

Pengertian Energi Kimia dan Penerapannya

Pengertian energi kimia yang lain adalah energi yang disimpan dan dilepas dengan membuat fasilitas untuk pemecahan ikiatan antar atom. Salah satu manfaat energi kimia dalam kehidupan sehari- hari adalah proses makanan yang kita makan. Makanan yang kita makan mampu menghasilkan energi. Proses perubahan makanan menjadi energi ini juga bisa disebut menjadi energi kimia. Itulah beberapa macam contoh mengenai proses reaksi kimia dan juga ada beberapa macam pengertian energi kimia menurut bebebapa ahli yang bisa digunakan dalam kehidupan kita sehari hari.


Loading...
Tags: energi kimia, pengertian energi kimia, energi kimia adalah, sumber energi kimia, manfaat energi kimia, kegunaan energi kimia, pengertian energi dalam kimia, apa itu energi kimia, contoh energi kimia menjadi gerak, apa yang dimaksud energi kimia, apa yang dimaksud dengan energi kimia, pengertian energi kimia dan contohnya, Pengertian energi, arti energi kimia, energi dalam kimia