Pengertian Energi Ionisasi Beserta Penjelasannya

Seperti yang diketahui bahwa setiap makhluk yang ada di bumi membutuhkan energi untuk dapat bertahan hidup dan melakukan berbagai aktifitas. Energi tersebut bisa diperoleh dari berbagai macam jenis energi, salah satunya adalah energi listrik.

Energi listrik ini terbentuk dari beberapa atom sehingga dapat menimbulkan terjadinya energi. Salah satunya adalah energi ionisasi yang merupakan energi dalam jumlah minimum bagi sebuah atom untuk dapat melepaskan electron dari bagian kulit luarnya dengan keadaan gas. Satuan dari energi ini disebut juga dengan kJ mol-1.

Pengertian Energi Ionisasi

energi-ionisasi-pengertianEnergi ini akan melepas atom-atom dari dalam bagian kulit luarnya menjadi bentuk electron, setiap atom pertama yang dilepaskan maka akan disebut sebagai ionisasi pertama, atom kedua yang dilepaskan akan disebut sebagai ionisasi kedua dan begitu seterusnya sehingga membentuk energi yang dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup makhluk yang ada dimuka bumi ini. Dengan proses ionisasi energi, maka akan lebih mudah bagi inti atom untuk melepaskan atom satu per satu daripada harus melepaskan elektron langsung ke ionisasi kedua.

Energi ionisasi memang mengeluarkan atom dengan jumlah minimum sehingga menjadikan kekuatan energi menjadi lemah. Akan tetapi, setiap elektron yang dilepaskan oleh atom akan memiliki keterikatan dan keterkaitan dengan inti atom, yang nantinya akan menghasilkan sejumlah energi. Energi dari ionisasi ini akan selalu berbentuk energi positif yang dapat dibuktikan dengan melakukan percobaan atau eksperimen dimana objek percobaan nantinya akan menghasilkan sebuah tegangan listrik pada poin tertentu.

Penjelasan Energi Ionisasi

Contohnya adalah ketika harus melakukan percobaan untuk menguji tekanan listrik yang dihasilkan oleh pelepasan atom menjadi elektron-elektron. Percobaan bisa dilakukan dengan menempatkan satu spesies gas di sebuah tabung, kemudian naikkanlah tegangan di dalam tabungan dengan perlahan. Pertama tidak akan ditemukan arus listrik hingga pada poin voltase tertentu, dimana elektron telah dilepaskan oleh spesies tersebut. Poin atau harga voltase ketika terjadinya arus listrik dimulai yang disebut sebagai energi ionisasi. Jadi energi ini juga disebut sebagai potensial ionisasi.

Tidak mudah memang memahami mengenai pembahasan ini jika belum mengerti akan definisi dari ionisasi energi. Namun setelah mengetahui tentang definisi dan bagaimana proses terjadinya, maka kita akan paham mengenai bagaimana sebuah arus listrik dapat diciptakan melalui atom-atom yang melepaskan sejumlah elektron secara bertahap.

Walaupun jumlahnya tergantung akan seberapa kuat elektron saling berkaitan dengan inti atom tersebut. Keterkaitan antara elektron dengan inti atom akan menimbulkan potensi saling tarik menarik yang disebut sebagai gaya tarik elektrostatik coulomb. Gaya ini akan memiliki sebuah harga atau poin terendah untuk muatan inti yang kecil namun dengan jari-jari atom yang besar.

Energi ionisasi ini memiliki beberapa kecenderungan yaitu kecenderungan dalam golongan dan kecenderungan didalam periode. Di dalam golongan muatan inti akan berpengaruh terhadap elektron yang dihasilkan dalam keadaan yang konstan atau stabil. Hal ini ditandai dengan semakin naiknya jumlah nomor atom maka akan bertambahnya fungsi perisai atom. Dan jumlah jari-jari atom akan bertambah seiring dengan bertambahnya kulit pada elektron pertama. Jadi, dapat disimpulkan dalam golongan energi tersebut akan menurun seiring dengan jumlah nomor atom yang bertambah.

Dalam kecenderungan periode memiliki hal yang berlawanan dengan kecenderungan golongan. Energi ionisasi dalam satu periode akan naik secara kontinu untuk setiap penambahan jumlah atom, yang membuat jari-jari atom akan menjadi semakin kecil atau pendek. Dengan kondisi seperti itu, untuk menghasilkan electron bagian terluar akan semakin susah untuk dikeluarkan atau dilepas, sehingga energi yang terbentuk semakin besar.


Loading...
Tags: energi ionisasi, pengertian ionisasi, pengertian energi ionisasi, ionisasi, energi ionisasi sebuah atom adalah, potensial ionisasi, penjelasan energi ionisasi, energi ionisasi adalah, jelaskan energi ionisasi, ionisasi tidak lengkap, kegunaan energi ionisasi dalam kehidupan sehari-hari, energi lonisasi pengertian jelaskan dalam golongan dan periode, energi lonisasi adalaj, energi ionusasi dan penjelasannya, energi ionisasi atom