Pengertian Definisi Energi Biomassa Beserta Contohnya

Pengertian energi biomassa adalah energi dibuat untuk bahan bakar yang didapatkan dari sumber alami yang dapat diperbarui. Jadi, energi biomassa ini bisa menjadi jalan keluar dari bahan bakar yang selama ini tidak dapat diperbaharui dan mencemari lingkungan hidup. Biasanya, bahan pembuat biomassa ini berasal dari dua jenis, dari kategori hewan yang bisa berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme.

Selain itu, digunakan juga bahan-bahan energi biomassa dari tumbuhan seperti tanaman sisa pengolahan ataupun hasil panen secara langsung. Energi biomassa ini muncul berdasarkan adanya siklus carbon di bumi. Dimana, hampir semua unsur kehidupan, mulai dari tumbuhan, hewan hingga manusia memiliki unsur karbon yang pada dasarnya terus berputar. Karena itulah, biomassa sendiri bisa dibuat bahan bakar karena juga mengandung unsur carbon.

Pengertian dari Energi Biomassa

mesin biomassa

Contoh Dalam Penerapan Energi Biomassa Saat Ini. Selama masih ada tumbuhan ataupun mikro dan makroorganisme, maka energi biomassa akan tetap bisa diproduksi. Karena itulah, energi biomassa ini termasuk dalam energi yang dapat diperbaharui. Berbeda dengan bahan bakar fosil yang akan habis suatu saat nanti. Pengertian dari energi biomassa yang berasal dari bahan berlimpah di sekitar kita, yakni tumbuhan menghasilkan banyak sekali sumber biomassa, seperti dahan, ranting, daun kering, cabang mati, dan lainnya. Dari bahan-bahan seperti itu, bisa dibuat beberapa jenis energi biomassa.

Seperti untuk menghasilkan listrik dan panas untuk kompor. Selain itu, di Indonesia saat ini juga sangat terkenal dengan perkembangan biogas. Biogas ini sebenarnya termasuk dalam energi biomassa yang didapatkan dari kotoran hewan, pengolahan sejumlah tanaman tertentu, pupuk kandang, ataupun kotoran manusia. Dari bahan-bahan tersebut diolah dengan bantuan mikroorganisme dan menghasilkan zat metana dan karbondioksida. Hasil dari pengolahan ini, akan digunakan sebagai gas untuk kompor atau pembangkit tenaga listrik.

Selain dari tumbuhan-tumbuhan atau sisa kotoran, terdapat pula beberapa tanaman yang dapat dijadikan sumber energi terbarukan untuk kebutuhan manusia yang ramah lingkungan. Seperti beberapa waktu yang lalu, sedang populer sekali tanaman jarak yang dapat menghasilkan buah yang dapat dibuat menjadi sumber energi pengganti tenaga fosil. Beberapa energi lainnya seperti biodesel, metanol, etanol , dan butanol sebagai bahan utama energi bahan bakar dapat juga dihasilkan oleh beberapa tanaman, seperti jagung, gandum ataupun kedelai. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh dari energi biomassa

Contoh dari energi biomassa

Seperti yang kita ketahui biomassa merupakan salah satu sumber energi terbarukan sehingga energi ini dapat diperoleh dari sumber-sumber yang dapat diproduksi lagi, salah satunya yaitu tumbuhan yang ada di alam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai contoj dari energi biomassa:

  1. Biogas

Yang pertama adalah biogas. Biogas merupakan jenis energi alternatif yang diproduksi melalui pemecahan bahan organik, seperti pupuk kandang, kotoran manusia, material tanaman dan lainnya. Cara membuat biogas adalah semua bahan organik tersebut diuraikan melalui proses fermentasi dengan menggunakan bantuan mikroorganisme anaerobik untuk menghasilkan gas metana dan karbon dioksida. Gas yang dihasilkan dari proses ini dapat dimanfaatkan untuk menyalakan kompor, pembangkit listrik dan juga sebagai pemanas.

  1. Kayu

Kayu juga merupakan contoh dari energi biomassa. Kayu yang dibakar dan digunakan sebagai bahan bakar adalah bentuk sederhana dari biomassa dengan menggunakan kayu. Energi panas yang dilepaskan oleh kayu tersebut digunakan untuk menghasilkan panas, memask dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, dalam skala besar kayu juga digunakan untuk produksi listrik, seperti pembangkit listrik tenaga uap.

Meskipun begitu, jenis energi alternatif ini memiliki sejumlah kekurangan, seperti pembakaran kayu dengan emisi karbon dioksida dapat menyebabkan efek rumah kaca.  Namun jangan khawatir, karena hal ini juga dapat disiasati dengan cara menanam lebih banyak pohon. Sehingga dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer bumi.

  1. Limbah pertanian

Limbah pertanian juga dapat digunakan untuk produksi energi biomassa. Limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk energi ini adalah kotoran ternak, ampas tebu dan juga jerami. Limbah-limbah tersebut dapat diolah menjadi bahan bakar untuk menghasilkan listrik dan juga panas.

  1. Tanaman energi

Contoh dari energi biomassa selanjutnya adalah tanaman energi. Hingga saat ini terdapat tanaman energi yang ditanam secara komersial sebagai sumber energi. Tanaman tersebut diantaranya adalah rami, jagung, gandum dan juga kedelai. Tanaman-tanaman tersebut memang sengaja di tanam dalam skala besar untuk menghasilkan bahan bakar, seperti propanol, biodiesel, butanol dan juga etanol.

Definisi Tentang Energi Biomassa

Dari definisi energi biomassa yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar, maka peran pembaruan lahan sebagai sumber energi biomassa harus dilakukan. Meskipun beberapa sumber energi biomassa untuk beberapa jenis memang secara alami tersedia, tapi untuk menghasilkan energi biomassa ini tentu diperlukan jumlah besar untuk menghasilkan energi bahan bakar yang besar.

Penggunaan energi biomassa dari bahan-bahan alami memang perlu untuk dilakukan untuk melepas ketergantungan pada energi yang tidak dapat diperbaharui. Perkembangan terus dikembangkan untuk menghasilkan energi biomassa yang dapat diperbaharui dengan cepat dan tetap bersahabat dengan lingkungan. Pengertian tentang energi biomassa yang merupakan bahan penghasil energi dari unsur biologis seperti organisme mati ataupun tanaman hidup tentu akan semakin diperhatikan untuk kelangsungan energi untuk kedepannya. Karena, keterbatasan bahan energi tidak terbarukan suatu saat akan habis.

Pentingnya Penggunaan Energi Biomassa. Penggunaan energi biomassa dapat dijadikan jalan keluar dari terbatasnya energi yang tidak dapat dipperbaharui. Untuk itu, energi biomassa sejak tahun-tahun sebelumnya sudah banyak diteliti untuk menggantikan kelangkaan energi bahan bakar yang tidak terbarukan. Indonesia dengan potensi alam yang sangat melimpah sebenarnya berpotensi untuk menghasilkan energi biomassa yang beragam untuk keperluan manusia. Pengelolaan dari bahan-bahan penghasil energi biomassa ini sebenarnya akan lebih menghemat pengeluaran negara dengan manajemen pengelolaan yang baik. Untuk itu, pengertian energi biomassa perlu diketahui oleh semua lapisan masyarakat untuk mengembangkan energi terbarukan.


Loading...
Tags: energi biomassa, biomassa, pengertian energi biomassa, pengertian biomassa, energi biomasa, biomassa adalah, apa itu biomassa, energi biomassa adalah, contoh biomassa, sumber energi biomassa, contoh energi biomassa, apa yang dimaksud dengan energi biomassa, pengertian biomassa dan contohnya, pengertian biomasa, apa yang dimaksud biomassa