Pengertian dan Manfaat Energi Panas Bumi dan Matahari

Jika kita ingin mengetahui pengertian energi panas, maka anda datang ke tempat yang tepat. Di dalam artikel ini ada penjelasan singkat mengenai energi dan salah satu contoh energi adalah energi panas. Sebagai permulaan, pengertian dari energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu tindakan atau usaha.

Energi tidak dapat dilihat secara kasat mata tetapi bisa kita rasakan di dalam kehidupan kita sehari hari. Ada beberapa macam bentuk energi seperti energi mekanik, energi cahaya, energi bunyi, energi kimia, energi nuklir, dan juga energi panas. Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu energi panas, bagaimana cara penerapanya dalam kehidupan sehari hari dan juga contoh energi panas.

Manfaat Energi Panas Matahari

pengertian-energi-panas-matahariSalah satu contoh energi panas adalah energi panas matahari. Namun, sebelum itu, ada pengertian dari energi yaituenergi yang terjadi karena pergerakan internal partikel penyusun di dalam suatu benda. Energi panas merupakan energi yang berpindah dari suatu partikel yang bersuhu tinggi ke partikel yang bersuhu rendah.

Manfaat energi panas matahari yang bisa kita rasakan adalah kita dapat menjemur baju yang basah hingga kering tanpa bantuan alat apapun. Panas matahari juga termasuk ke dalam kategori energi alternatif yang berguna untuk digunakan di masa yang akan datang. Selain itu, pemanfaatan energi panas matahari bisa kita temui di pembangkit listrik tenaga surya. Di sini, ada cermin cekugn dan turbin yang berfungsi untuk menghasilkan listrik melalui sumber panas matahari.

Manfaat Energi Panas Bumi

Contoh manfaat energi panas bumi yang lain adalah pemanfaatan sumber daya listrik dengan menggunakan panas bumi. Namun, adanya pembangkit listrik dengan menggunakan panas bumi lebih jaragn ditemukan daripada yang menggunakan panas cahaya matahari. Untuk bisa membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi kita harus berada di atas dari sumber panas bumi.

Pengembangan untuk teknologi ini sangat jarang dilakukan karena para ahli mengungkapkan bahwa lempeng bisa bergerak sewaktu waktu. Jika lempeng di dalam kerak bumi bergerak, maka pancaran panas bumi juga akan memancar keluar dan aka membahayakan para penduduk atau pekerja yang berada disekitar pembangkit listrik. Untuk itu, hanya di daerah tertentu saja yang menggunakan panas bumi sebagai sumber energi.

Manfaat dan Contoh Energi Panas Matahari bagi Makhluk Hidup

Manfaat energi panas matahari bagi makhluk hidup adalah membantu dalam porses pengeringan. Bagi kita yang mempunyai baju yang baru saja di cucui, maka kita harus menjemurnya agar pakaian basah kita menjadi kering. Hal ini tak lepas dari salah satu manfaat energi panas matahari yang ada di bumi.

Manfaat yang lain adalah energi panas matahari mempunyai gravitasi yang mampu menatik planet sdemikian rupa sehingga planet planet yang ada didalam tata surya kita tidak bertabrakan. Selain itu, panas matahari juga berfungsi seabgai analgesic. Hal ini telah diteliti oleh para ilmuwan yang ada di Negara maju. Selain mampu mengeringkan benda, sinar matahari juga mampu sebagai penghilang rasa sakit.

Contoh energi panas dalam kehidupan sehari-hari adalah mampu membakar lemak yang mampu menyebabkan kolesterol . Sinar matahari akan terpancar ke tubuh manusia dan lemak akan dikeluarkan melalui keringat sehingga orang yang mudah berkeringat tanda dia adalah orang yang sehat. Manfaat umum yang bisa kita temui adalah sebagai sumber energi untuk tumbuhan. Tanpa adanya sinar matahari, tumbuhan tidak akan bisa berfotosintesis yang akan mengakibatkan tumbuhan tumbuhan di dunia ini menjadi layu. Itulah pengertian energi panas beserta contoh contohnya.


Loading...
Tags: manfaat energi panas, manfaat energi panas matahari, manfaat panas matahari, energi panas bumi, pengertian energi panas, manfaat panas, pengertian energi matahari, jelaskan sumber energi matahari, sebutkan kegunaan energi panas, sebutkan kegunaan dari energi panas, manfaat panas bumi bagi kehidupan manusia, pengertian panas bumi, energi panas matahari, manfaat energi panas bumi bagi kehidupan manusia, kegunaan dari energi panas