Pengertian dan Macam-Macam Energi Potensial Listrik

Energi potensial listrik merupakan sebuah usaha yang diperoleh dari gaya Coulomb. Dengan kata lain usaha yang dibutuhkan untuk memindahkan sebuah muatan positif dengan besar 1 satuan pada tempat yang tak terhingga hingga ke titik tertentu.

Seperti kita ketahui, ketika kita hendak menggerakkan atau memindahkan benda maka memerlukan sebuah usaha. Adapun usaha tersebut sama seperti perubahan energi potensial ataupun energi kinetik pada benda tersebut. Besarnya energi untuk memindahkan sebuah muatan dipengaruhi oleh jarak muatan dan besar muatan tersebut yang akan dipindahkan.

Energi Potensial Listrik dan Jenisnyapengertian-dan-macam-macam-energi-potensial-listrik

Dengan muatan energi potensial listrik yang negatif, menandakan bahwa semakin jauh muatan listrik sebagai penimbul medan maka akan semakin besar pula energi potensial yang dihasilkan. Adapun besarnya jumlah energi dari potensial listrik pada posisi jauh yang tak terhingga nilainya yaitu sama dengan 0.

Energi potensial untuk satuan muatan positif inilah yang dinamakan sebagai potensial listrik dengan lambang V. Energi potensial sendiri sebenarnya merupakan bagian dari energi mekanik. Energi potensial bisa dikatakan sebagai sebuah energi yang terdapat atau tersimpan dalam sebuah benda.

Selain energi potensial listrik, ada beberapa jenis energi potensial yang bisa kita pelajar sebagai berikut ini:

1. Energi potensial gravitasi

Energi gravitasi ini merupakan salah satu usaha yang terjadi ketika sebuah benda jatuh. Sebelum benda tersebut jatuh, biasanya jumlah energi yang tersimpan dalam bentuk energi potensial. Adapun jumlah dari energi potensial gravitasi ini tergantung pada ketinggian posisi benda tersebut berada dan massa benda itu sendiri. Misalnya, ketika Anda memindahkan sebuah benda yang berada pada satu tempat ke tempat yang ukurannya lebih tinggi, maka energi potensial dari benda tersebut meningkat.

2. Energi potensial kimia

Energi potensial kimia terdapat pada terbentuknya sebuah atom atau molekul dalam persenyawaan kimia. Energi potensial kimia ini akan dilepaskan lalu diubah saat zat tertentu ikut terlibat dalam suatu reaksi kimia. Contohnya, saat pembakaran bahan bakar, maka di sini akan terjadi perubahan dari energi potensial kimia menjadi energi panas.

Nitrogliserin termasuk molekul yang mempunyai energi potensial tertentu yang telah siap dilepaskan. Pelepasan yang terjadi bisa berupa pelepasan dari energi kinetik berbentuk cahaya, sebuah ledakan hingga pergerakan partikel yang lainnya. Bahan kimia yang bercampur bisa langsung bereaksi demi menghasilkan panas ataupun dalam bentuk lainnya yang berasal dari sebuah energi kinetik.

3. Energi Potensial Listrik

Potensial listrik sendiri sebenarnya muncul ke dalam berbagai macam bentuk. Ketika suatu benda yang bermuatan listrik sedang diam maka mempunyai energi potensial yang berkaitan langsung dengan benda yang lainnya yang berada di dekatnya, tentunya juga benda lain yang memiliki muatan listrik.

Adapun variasi berbagai macam benda yang bermuatan dalam keadaan bergerak, maka pada keadaan ini benda tersebut berpotensi berubah menjadi sebuah energi magnetik. Misalnya, stopkontak dari listrik pada rumah Anda mempunyai sejumlah energi potensial tertentu sesuai dengan negara tempat Anda tinggal. Ketika rangkaian listrik telah dibuat, maka terjadilah perubahan dari energi potensial ke dalam energi kinetik.

4. Energi Potensial Nuklir

Beberapa jenis atom mempunyai inti tidak stabil dengan potensi untuk melepaskan sebuah energi kinetik. Contohnya, unsur Uranium-235 merupakan unsur yang tidak stabil serta bisa terbagi dua, kemudian melepaskan partikel sub atom dengan kecepatan tinggi. Maka energi potensialnya akan dikonversi menjadi sebuah energi kinetik.

Contoh Energi Potensial

  • Timbangan

Contoh dari energi potensial yang pertama adalah timbangan. Sebuah pegas yang didiamkan tidak akan menunjukkan energi potensialnya. Akan tetapi ketika pegas tersebut ditarik sampai ketitik maksimumnya, saat itu pegas memilki energi potensial. Tak hanya timbangan saja, hal ini juga berlaku pada busur dan anak panah. Ketika didiamkan, busur tidak akan menunjukkan energi potensialnya akan tetapi setelah pemanah menarik busur ke belakang baru kemudian busur panah tersebut menunjukkan energi potensialnya.

  • Potensi energi di alam

Tahukah Anda bahwa tanaman juga dapat menunjukkan energi potensial kimia? Tanaman dapat menunjukkan energi potensial kimia ketika tanaman tersebut tidak bersentuhan langsung dengan sinar matahari, sehingga tanaman tidak menghasilkan glukosa melalui fotosintesis. Selain itu, gaya yang disebabkan oleh air sering menunjukkan energi potensial, misalnya saja ketika bendungan menahan air. Air sungai, dapat menunjukkan energi potensial ketika mereka mencapai tepi air terjun dan belum jatuh.

  • Energi potensial di halaman

Energi potensial juga dapat ditemui di kehidupan sehari-hari, contohnya yaitu ketika di rumah. bola lampu yang tidak menyala memiliki energi potensial sama halnya dengan televisi dan juga oven. Kedua benda tersebut memiliki energi potensial jika tidak diaktifkan. Selain itu, sel surya pada atap atau pengisian perangkat yang tidak menyerap sinar matahari juga memiliki energi potensial cahaya.

  • Energi potensial kimia

Energi potensial juga dapat diambil dari bentuk energi kimia, contohnya yaitu baterai yang sudah terisi tapi tidak atau belum digunakan, bahan peledak atau kembang api sebelum digunakan, bensin yang belum dinyalakan, baik oleh sumber api eksternal ataupun sistem mekanis juga akan menunjukkan energi potensial.

Nah itulah beberapa contoh energi potensial. Namun tak hanya itu saja, ketika bola derek ayunan yang dapat merusak pada ketinggian tertentu, itu lebih banyak keuntungan energi potensial dan memiliki kemampuan untuk menghindari kecelakan melalui bangunan dan makanan yang kita makan juga merupakan contoh dari energi potensial dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian energi potensial listrik dan macam-macam energi potensial lengkap dengan contohnya.

Loading...

Tags: energi potensial listrik, potensial listrik, pengertian energi potensial listrik, energi potensial listrik adalah, pengertian potensial listrik, materi potensial listrik, potensial listrik adalah, contoh energi potensial listrik, definisi energi potensial listrik, materi energi potensial listrik, apa yang dimaksud dengan energi potensial listrik, satuan potensial listrik, satuan potensial listrik adalah, potensial, energi potensial dan potensial listrik