Pengertian dan Macam Energi Konvensional

Energi konvensional adalah sebuah energi yang berasal dari alam. Dengan menggunakan bantuan teknologi maka akan membuat energi ini akan bisa untuk dimanfaatkan. Sumber daya konvensional sendiri ada yang bisa digunakan terus menerus dan juga ada yang akan habis karena proses pembentukannya yang lama.

Dari alam kita bisa mendapatkan energi yang besar akan tetapi kita harus mengetahui batas penggunaan sumber energi tersebut. Jangat sampai karena eksploitasi yang berlebih akan membuat sumber tenaga tersebut habis dan tidak ada tenaga alternatif lainnya. Penghematan energi adalah sebuah langkah terbaik untuk mengatasi hal ini.

Energi Konvensional dan NonKonvesionalpengertian-dan-macam-energi-konvensional

 

Ada banyak macam sumber Energi konvensional yang bisa dimanfaatkan di dunia ini. Yang pertama adalah minyak bumi. Minyak bumi adalah sumber energi yang sangat besar dan memiliki pengaruh penting pada peradaban manusia. Oleh sebab itu, karena mahal dan juga manfaatnya yang besar minyak bumi juga sering disebut sebagai emas putih.

Minyak bumi memiliki beberapa warna mulai dari coklat gelap hingga berwarna hijau. Minyak bumi memiliki tekstur yang kental dan tersimpan pada lapisan atau bumi. Beberapa minyak bumi juga bisa ditemukan pada lapisan kerak bumi. Minyak bumi adalah sebuah sumber energi yang sangat lama dalam pemrosesannya dalam bumi. Oleh sebab itu, kita harus menghemat minyak bumi sebelum minyak itu habis.

Berikutnya adalah panas bumi atau yang sering disebut energi Geothermal. Panas bumi adalah tenaga panas yang sudah ada sejak bumi ini terbentuk. Panas bumi ini adalah salah satu bagian matahari yang tidak mendingin karena terlepas dari intinya.

Bumi sendiri memang sebelumnya berupa pecahan dari matahari. Karena mengalami penurunan suhu maka bagian kulit bumi menjadi keras sedangkan bagian dalamnya tepat cair dan panas. Energi panas ini bisa menjadi sumber energi konvensional yang sangat besar. Dengan menggunakan panas bumi ini juga tidak akan mengganggu alam karena tidak mengeluarkan gas emisi.

Ada juga batu bara yang menjadi salah satu jenis Energi konvensional. Batu bara merupakan sebuah sumber energi yang saat ini banyak digunakan di Indonesia terutama untuk pembakaran di PLTU. Akan tetapi penggunaan batu bara ini memiliki kekurangan.

Batu bara jika dilakukan pembakaran akan mengakibatkan polusi udara melalui sisa gas yang dikeluarkannya. Memang batu bara adalah salah satu jenis bahan bakar alternatif yang jumlahnya cukup melimpah di Indonesia. Akan tetapi jika terus menerus digunakan akan mengakibatkan polusi di Indonesia semakin tinggi. Oleh sebab itu pemerintah harus memiliki solusi akan hal ini.

Selain itu, ada pula sumber energi alam berupa air. Kita semua pasti mengetahui jika lebih dari separuh bagian bumi adalah air. Keberadaan air ini bukan tanpa manfaat. Selain bisa dijadikan sarana hidup makhluk air, air ini juga bisa dijadikan sumber energi.

Air bisa menghidupkan listrik dari dengan menggunakan turbin yang berputar dengan bantuan kincir air. Selain lebih hemat energi air ini juga lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan kincir air kita tidak akan mengotori lingkungan dengan limbah atau gas buangnya. Selain itu sungai juga tidak akan rusak karena kita hanya memanfaatkan arusnya saja.

Energi konvensional merupakan energi yang sangat penting. Manusia menggantungkan segala kegiatannya dengan menggunakan bantuan dari energi alam ini. Mulai untuk kegiatan rumah tangga, industri, hingga bernegara membutuhkan energi. Dengan energi kita bisa menggerakkan mesin, menghidupkan listrik, dan menyalakan api yang menjadi kebutuhan vital manusia. Karena sumber energi alam yang bisa habis maka kita perlu menghemat energi alam yang dimiliki akan bisa dimanfaatkan sampai anak cucu kita nanti.

Loading...

Tags: energi konvensional, contoh energi konvensional, Pengertian energi konvensional, apa yang dimaksud energi konvensional, energi konvensional adalah, sumber energi konvensional, konvensional adalah, pengertian mesin konvensional, jenis jenis energi konvensio, sumber daya energi konvensional, bahan bakar konvensional, jenis mesin konversi energi konvensional, apa itu energi konvensional, apa yang dimaksud dengan energi konvensional, maksud energi konvensional