Pengertian dan Contoh dari Energi Kimia

Hallo para sobat pintar, pertemuan kita kali ini memang akan membahas mengenai energi kimia, pengertian dan juga contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin jika Anda mendengar kata kimia pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah molekul, laboratorium, dan rumus-rumus.

Tapi tahukah Anda, apakah itu yang disebut dengan energi kimia? Jika Anda belum tahu, Anda wajib mengikuti kami hingga pembahasan berakhir. Tentu Anda tidak keberatan bukan? Toh, ilmu yang akan Anda dapatkan pastilah sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Mari kita mulai dengan membahas pengertiannya dulu dan kemudian dilanjutkan dengan contoh-contohnya.

Contoh Energi Kimia

energi-kimia

Baiklah, kita akan memulainya dengan pembahasan mengenai pengertian. Energi kimia merupakan sebuah energi yang keluar dari hasil interaksi electron dimana dua atau lebih atom/molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Wah, mungkin Anda pusing mendengar penjelasan pengertiannya ya? Sebenarnya, energi tersebut sebenarnya salah satu bentuk energi yang ada di alam semesta. Energi tersebut juga dapat dilepaskan dan diserap selama reaksi kimia. Untuk membuat reaksi kimia terjadi, maka suatu zat atau benda harus berubah menjadi zat baru dengan sifat yang berbeda.

Setelah Anda mengetahui pengertiannya, agar Anda lebih mudah untuk memahami apa itu energi kimia, mari kita lihat contohnya saja secara langsung. Dengan adanya contoh ini diharapkan Anda akan lebih mudah mengerti mengenai energi yang sedang kita bahas ini. Berikut merupakan contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari dan pastinya Anda akan mudah menerima dan memahaminya.

1. Cold Pack (Compres Dingin)

Cold Pack merupakan sebuah wadah untuk kompres pendingin yang terdiri dari dua tas. Salah satu tasnya berisi air, dan di dalam tas yang lainnya berisi ammonium nitrat, kalsium ammonium nitrat atau urea yang digunakan dalam olahraga merupakan contoh nyata dari energi yang sedang kita bahas ini.

Air dalam kantong akan bercampur dengan butiran ammonium nitrat jika kantongnya rusak akan membuat kimia yang baru. Energi tersebut yang dihasilkan dari reaksi kimia akan menyerap energi dari lingkungan disekitarnya. Energi baru yang terbentuk tersebut akan tersimpan dan membuat suhu dalam kompres dingin atau cold pack menurun.

2. Fotosintesis

Ketika tumbuhan melakukan fotosintesis, maka energi sinar matahari akan diproses menjadi sebuah energi kimia yang tersimpan diikatan karbohidrat. Ikatan karbohidrat tersebutlah yang membuat tumbuhan dapat memasak makanannya sendiri. Energi yang disimpan dalam ikatan molekul karbohidrat menjadikan tumbuhan memanfaatkannya untuk dapat tumbuh dan memperbaiki dirinya.

3. Api Unggun

Ketika Anda membuat api unggun atau membakar kayu, saat kayu terbakar itulah energi yang tersimpan dalam ikatan molekul kayu akan lepas. Ikatan molekul kayu dari proses pembakaran itulah akan menghasilkan panas dan cahaya. Itulah mengapa ketika kita berada di dekat api unggun kita merasa hangat dan panas.

4. Reparasi Sel

Tubuh manusia mengambil dan memecahkan bersama-sama ikatan molekul glukosa. Energi yang ada di dalam pecahan ikatan molekul glukosa akan melepaskan energi yang tersimpan di dalamnya. Lepasan energi tersebut akan digunakan untuk membentuk molekul ATP. Apa itu molekul ATP? Molekul ATP adalah molekul yang berbentuk energi yang digunakan tubuh. Hal tersebut akan terjadi jika ikatan yang ada di dalamnya tersebut rusak ikatannya.

Itulah pengertian dan beberapa contoh dari energi kimia. Pastinya setelah membaca penjelasan yang kami berikan beserta contohnya membuat Anda paham dan mengerti apa itu energi yang telah kita bahas tersebut bukan? Dengan demikian tentu pengetahuan dan wawasan Anda akan semakin bertambah tentang masalah energi. Semoga apa yang kami jelaskan bermanfaat untuk Anda dan akan membuat Anda memiliki pengetahuan yang luas. Jangan malas untuk membaca ya.


Loading...
Tags: rumus energi kimia, definisi energi kimia, sumber energi kimia adalah, contoh sumber listrik energi kimia, contoh dari, pengertian energi kimia dan beri contohnya tiga, pengertian energi ikatan dan contohnya, pengertian dan contoh kimia, jelaskan yg dimaksud dgn energi langsung dan tak langsung beri contoh nya, apa itu energi kimia?, contoh tenaga listrik tenaga kimia, berikan 1 conyoh energi kimia, apa yang dimaksud energi kimia beserta contohnya, apa yang dimaksd kata kimia dan contoh nya, apa yang di maksud energi kimia