Pengertian Aliran Energi dan Kaitannya dalam Ekosistem

Pengertian aliran energi adalah rangkaian sistem perpindahan energi dari satu bentuk pada bentuk energi lainnya yang bisa dibentuk menjadi rantai makanan, piramida makanan ataupun piramida biomassa. Pada umumnya, aliran energi ini muncul karena adanya energi dari sinar matahari yang diperlukan oleh tumbuhan yang dalam aliran energi berperan sebagai produsen untuk proses fotosintesis.

Karena tumbuhan atau tanaman merupakan satu-satunya biomassa yang dapat menghasilkan energi dari adanya sinar matahari, maka dari itu, dalam aliran energi ini, tumbuhan berperan sebagai satu-satunya produsen. Dilanjutkan dengan tingkat selanjutnya yang merupakan konsumen primer yang dalam hal ini berperan sebagai herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Hal ini terus berlanjut kepada tingkat konsumen tingkat tinggi yang berupa karnivora atau pemakan herbivora atau segalanya hingga saproba. Urutan dari aliran energi ini sangat bermacam-macam, tergantung pada ekosistem yang ada didalamnya.

Pengertian Aliran Energi dalam Ekosistem

pengertian-aliran-energi

Karena cahaya matahari pada kehidupan berperan sebagai pusat dari kehidupan, maka tidak heran jika banyak kejadian yang terjadi ketika matahari tidak mau muncul di berbagai daerah. Cahaya matahari diketahui dapat memberikan energi berupa cahaya matahari yang ditangkap oleh produsen yang dalam hal ini adalah tumbuhan adan organisme fotoautotropik.

Dari kedua jenis produsen yang menangkap energi matahari tersebut, akan ditransfer melalui konsumsi produsen oleh konsumen tingkat pertama yang bersifat herbivora. Dengan begini, energi dari produsen akan berpindah menuju konsumen dan proses ini terus berulang hingga tingkat rantai makanan tertinggi. Pengertian aliran energi yang mengalir melalui satu pihak menuju pihak lain ini biasanya dibatasi dalam sebuah ekosistem.

Ekosistem yang terdiri dari berbagai macam populasi, memiliki komponen yang berbeda-beda satu ekosistem dengan yang lainnya. Kemampuan dari setiap komponen ekosistem dalam menyimpan energi untuk aliran energi dinamakan produktivitas ekosistem. Dimana, dalam peoduktivitas ekosistem ini dibadi menjadi dua jenis, yakni secara primer dan sekunder.

Pada produktivitas primer, kecepatan perubahan penyimpanan yang dilakukan oleh organisme yang dapat menangkap energi cahaya matahari menjadi perhatian utama. Karena, setiap produsen memiliki kecepatan sendiri-sendiri dalam menangkap energi cahaya matahari. Dalam hal ini, ekosistem hutan hujan tropis atau hutan bakau menjadi salah satu contoh produktivitas primer dengan hasil yang tinggi. Sedangkan pada produktivitas sekunder, lebih memperhatikan pada perubahan energi kimia dari zat organik yang diperoleh dari produsen.

Pentingnya Mengetahui Aliran Energi

Maka dari itu, peran ekosistem dalam pembentukan aliran energi sangat terkait. Semakin banyak jenis populasi dalam suatu ekosistem, tentu aliran energi akan semakin panjang. Hal inilah yang membuat aliran energi di daerah perkotaan cenderung lebih pendek daripada yang ada di kawasan alami seperti hutan atau kawasan lautan.

Pengertian aliran energi yang merupakan perpindahan energi dari satu bentuk atau tempat ke dalam bentuk energi dan tempat lainnya kini harus lebih diperhatikan. Mengingat keberadaan produsen saat ini sangat jauh berkurang dibandingkan beberapa waktu yang lalu, menyebabkan aliran energi terkadang menjadi tidak seimbang dari satu rantai makanan dengan rantai makanan lainnya.

Pelajaran tentang ekosistem dan aliran energi tentu sudah dipelajari sejak di bangku sekolah dasar. Semuanya menekankan pada satu hal, yakni pelestarian terhadap masing-masing trofik atau tingkatan aliran energi agar tetap seimbang. Tapi, pada kenyataannya, kini semakin banyak gedung dan peralihan fungsi lahan yang menyebabkan berkurangnya energi dari produsen.

Hal ini bisa mengakibatkan kelangkaan pada sumber organisme autotrof yang berakibat pula pada rantai makanan di atas-atasnya. Selain itu, salah satu trofik dengan tingkat populasi melebihi batas akibat kesalahan pengelolaan ekosistem juga dapat menjadikan aliran energi terganggu. Untuk itu, pengertian aliran energi penting untuk dipahami demi kelangsungan ekosistem di bumi.


Loading...
Tags: aliran energi, pengertian aliran energi, penyebab rumitnya aliran energi di alam, apa yang menyebabkan rumitnya aliran energi di alam, jelaskan keterkaitan antara ekosistem dan aliran energi, dalam arus energi suatu ekosistem yang berperan sebagai sumber energi utama adalah, aliran energi adalah, bentuk bentuk aliran energi di dalam ekosistem, contoh aliran energi dalam ekosistem, energi dalam ekosistem, jelaskan bentuk bentuk aliran energi di dalam ekosistem, apa yang dimaksud dengan aliran energi, aliran energi pada ekosistem, aliran energi ekosistem, pengertian aliran energi dalam ekosistem