Pemanfaatan Energi Gelombang untuk Pembangkit Listrik

Mungkin jika Anda mendengar kata gelombang maka yang ada dalam pikiran Anda pastilah laut, dan berbahaya. Tapi, tahukah Anda jika gelombang air laut dapat dimanfaatkan menjadi sebuah energi yang sangat bermanfaat untuk manusia untuk berbagai hal.

Energi gelombang yaitu sebuah energi yang berasal dari air laut yang memanfaatkan gelombang laut. Salah satu contoh manfaat dari pemanfaatan energi ini yaitu untuk pembangkit listrik, transportasi laut, dan untuk sistem pelampung. Mungkin, kadang Anda tidak pernah memikirkan berbagai hal tentang bagaimana sebuah benda dapat bergerak dan sebagainya. Baiklah, kami akan sedikit membahas mengenai pemanfaatan energi gelombang ini.

Energi Gelombang Air Laut

energi-gelombang-air-laut

Laut menyimpan berbagai sumber energi yang sangat besar. Sebenarnya energi laut itu sendiri dapat dibagi menjadi tiga yaitu energi ombak, energi pasang surut dan juga energi panas laut. Dua dari pembagian energi terserbut tentu Anda tahu jika memanfaatkan energi gelombang.

Energi tersebut dimanfaatkan dan digunakan dengan bantuan energi kinetik. Perpaduan kedua energi kinetik dan gelombang inilah yang akan memutar turbin dan menggerakkan generator untuk menghasilkan energi listrik. Itulah pemanfaatan energi dari gelombang laut untuk membangkitkan listrik.

Sebenarnya gelombang sendiri berasal dari air laut yang tertiup angin sehingga menghasilkan energi kinetik. Pemanfaatan energi ombak ini untuk listrik memang cukup besar, tapi sangat sulit untuk memanfaatkannya dan untuk menghasilkan listrik yang sangat memadai memang cukup sulit.

Manfaat Energi Gelombang Laut

Hal inilah yang menjadikan pemanfaatan dari energi gelombang sebagai sebuah pembangkit listrik masih sangat sedikit di dunia. Pada sebuah pembangkit listrik yang memanfaatkan ombak sebagai sumber tenaganya memang harus memperhatikan aliran masuk dan keluarnya ombak ke dalam ruangan khusus yang menyebabkan terdorongnya udara keluar dan masuk melalui sebuah saluran khusus untuk dapat menghasilkan energi listrik.

Energi gelombang laut untuk pembangkit listrik yang lainnya yaitu dapat memanfaatkan pasang surut air laut. Jika pasang, maka gelombang air laut akan besar dan jika surut maka sebaliknya. Dengan memanfaatkan gelombang laut ini sebagai pembangkit listrik, dapat dilakukan secara hydroelectric.

Sebagai pembangkit listrik dapat dibuat menyerupai bendungan beda yang akan memanfaatkan air laut untuk memutar turbin sebagai alat untuk menghasilkan energi listrik. Sebenarnya ada kekurangan yang terdapat dalam pembangkit listrik dengan memanfaatkan gelombang ini yaitu pembangkit listrik hanya dapat menghasilkan listrik selama ombak mengalir masuk dan mengalir keluar. Hal tersebut hanya terjadi kurang lebih 10 jam dalam sehari.

Sebenarnya Indonesia sangat berpotensi untuk memanfaatkan energi ini mengingat negara ini merupakan negara kepulauan dengan luas laut lebih luas dari luas daratannya. Tapi energi tersebut juga tidak hanya dapat digunakan sebagai sumber energi pembangkit listrik tapi juga dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kapal di laut dan juga menggerakkan pelampung di laut. Ombak laut yang tertiup angin menghasilkan gelombang yang dapat memindahkan benda dari satu titik ke titik yang lainnya mengikuti arah gelombang yang digerakkan oleh angin.

Bagaimana? Sekarang Anda tahu bukan mengenai pemanfaatan energi gelombang laut. Energi tersebut memang banyak dimanfaatkan menjadi sumber energi tenaga pembangkit listrik. Hanya saja, jika menggunakan sumber energi ini, energi listrik yang dihasilkan tidak begitu banyak karena hanya mampu bekerja dalam waktu 10 jam perharinya. Energi yang dihasilkan gelombang juga dapat terbentuk akibat adanya bantuan dari energi angin. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda dan dapat memberikan informasi tentang pemanfaatan energi dari gelombang ini.


Loading...
Tags: energi gelombang laut, energi gelombang, Manfaat energi gelombang air laut, bagaimana cara pemanfaatan energi ombak menjadi energi listrik, cara pemanfaatan energi ombak menjadi energi listrik, penjelasan skema pemanfaatan energi gelombang, jelaskan cara pemanfaat tenaga gelombang laut, manfaat gelombang air laut untuk pembangkit listrik com, cara memanfaatkan gelombang air laut, cara memanfaatkan energi ombak menjadi listrik, cara pemanfaatan tenaga gelombang laut, contoh dari sumber daya gelombang, dimana saja tempat pemanfaatan energi ombak ?, enargi golombang llaut, energi alternatif dari ombak