Pemanfaatan Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Energi di dalam setiap kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini sangat diperlukan keberadaannya baik untuk beraktivitas ataupun untuk bertahan hidup. Salah satu sumber energi terbesar bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di muka bumi ini adalah matahari yang menghasilkan energi panas atau kalor.

Sumber energi matahari memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh makhluk hidup di bumi ini. Pemanfaatan energi tidak hanya dirasakan dan diciptakan oleh sumber energi panas saja, sesuai dengan hukum energi yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan tetapi tidak dapat juga dimusnahkan namun bisa berubah menjadi bentuk energi lain.

Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan Sehari – Hari

pemanfaatan-energi

Berdasarkan dari hukum energi tersebut, energi yang bisa berubah bentuk menjadi bentuk energi lain bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemaslahatan kelangsungan hidup setiap makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini. Energi tersebut bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari seperti mengeringkan baju dengan panas matahari, menyetrika pakaian dengan menggunakan energi listrik yang dirubah menjadi energi panas, atau memasak makanan dengan menggunakan kompor listrik dan lain sebagainya.

Dengan pentingnya energi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, maka pemanfaatan energi penting untuk dijaga. Karena jumlah dari energi yang terbatas, harus pintar dalam mengelola energi atau mencari sumber energi baru untuk menunjang kehidupan di muka bumi ini. Berikut beberapa hal yang perlu dimanfaatkan dari beberapa macam energi yang kita ketahui, antara lain adalah:

Pemanfaatan Energi Listrik dan Panas

1. Energi listrik

Energi listrik merupakan salah satu energi yang terjadi karena adanya arus listrik yang menyebabkan terjadinya energi. Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan energi listrik, contohnya adalah untuk memasak apabila menggunakan kompor listrik, menyetrika dengan menggunakan setrika, mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci, mendengarkan radio dan lain sebagainya.

Jika malam tiba, maka akan digunakan lampu untuk menerangi rumah ketika malam tiba. Energi listrik yang kita rasakan berasal dari pembangkit tenaga listrik yang berasal dari berbagai macam sumber energi seperti pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga surya dan lain sebagainya. Jumlah energi yang terbatas membuat kita harus jeli dan cermat menggunakan energi listrik.

Pemanfaatan energi listrik sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Nyalakan lampu pada malam hari, dan matikan lampu ketika pagi telah menjelang. Atau, ketika menonton televisi lebih baik gunakan satu TV untuk digunakan bersama-sama, daripada menggunakan beberapa TV yang akhirnya membuat listrik menjadi boros. Cermat memanfaatkan energi akan menyelamatkan alam dari kekurangan energi.

2. Energi kalor atau energi panas

Energi panas merupakan salah satu energi yang penting dalam kehidupan manusia. Salah satu sumber energi panas terbesar adalah matahari yang menghangatkan bumi setiap harinya. Panas matahari ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi dengan berubah menjadi energi listrik melalui sumber listrik tenaga surya, yang bisa dijadikan sebagai energi baru.

Akan tetapi, selain matahari ada sumber energi panas lainnya yang memiliki jumlah yang tidak terbatas. Kita juga harus jeli dan hemat dalam pemanfaatan energi panas. Contoh sumber energi panas lainnya adalah batu bara yang bisa dijadikan sebagai sumber pemanas ruangan atau sebagai bahan bakar memasak. Keberadaan batu bara dalam jumlah terbatas harus dimanfaatkan secara bijak, gunakan energi panas yang telah dirubah menjadi energi lain seperlunya sehingga dapat mengurangi kerusakan alam yang berlebihan.

Dengan bijak dalam pemanfaatan energi, serta selalu mencari energi baru yang lebih inovatif dalam rangka pemenuhan energi yang menopang kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.


Loading...
Tags: manfaat energi, pemanfaatan energi, manfaat energi bagi manusia, manfaat sumber energi, 5 manfaat energi bagi kehidupan, pemanfaatan energi panas, manfaat energi bagi kehidupan, lima manfaat energi bagi kehidupan, manfaat energi bagi kehidupan manusia, manfaat energi dalam kehidupan sehari hari, kegunaan energi gerak, pemanfaatan energi matahari dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan sumber energi, manfaat hemat energi bagi kehidupan, energi dalam kehidupan