Minimalisir Penggunaan Sumber Energi Tak Terbarukan

Sumber energi yang terdapat di Bumi memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Sumber energi terdapat dua yaitu sumber energi tak terbarukan dan sumber energi terbarukan. Sumber energi itulah yang menemani manusia untuk tumbuh, karena tanpa sumber energi tersebut manusia tak bisa apa-apa. Pengertian sumber energi adalah sesuatu yang terdapat di sekitar manusia serta mampu menghasilkan berbagai macam sumber energi.

Saat ini, pencarian cara yang sederhana untuk mengatasi sumber energi yang tidak bisa diperbarui sedang direncanakan. Karena pemakaian sumber yang bisa diperbaharui lebih sering digunakan oleh manusia dari pada sumber daya yang dapat terbarukan. Pengertian energi tak terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari sumber daya alam dan memiliki waktu lebih dari jutaan tahun untuk pembentukannya.

Sumber Energi Tak Terbarukan

sumber-energi-tak-terbarukan

Apa saja yang termasuk sumber energi yang tak bisa diperbaharui? Jika Anda bertanya demikian, saya akan memberikan beberapa hal dari alam yang tak dapat diperbaharui antara lain:

– Sumber energi dari fosil

Sumber energi dari fosil merupakan sumber energi tak terbarukan karena memerlukan waktu hingga jutaan tahun untuk pembentukannya. Sumber energi dari fosil ini berasal dari makhluk hidup yang sudah mati dan terpendam dalam tanah hingga jutaan tahun lamanya. Contoh energi dari fosil antara lain, minyak bumi, batu bara dan gas alam.

– Sumber energi dari mineral alam

Sebenarnya sumber mineral alam ini bisa dimanfaatkan, tentunya dengan melalui beberapa proses sehingga bisa menjadi sumber energi. Contoh dari bentukan sumber energi dari mineral alam adalah uranium yang jika diproses akan menghasilkan energi nuklir namun dengan rangkaian waktu yang sangat lama.

– Sumber energi nuklir

Tenaga nuklir adalah tenaga yang dibuat dari atom-atom yang di dalamnya terdapat unsur tertentu, salah satunya uranium. Meskipun sumber negeri nuklir dipandang sebagai energi yang bisa diperbaharui, hal ini karena terdapat unsur seperti uranium dan plutonium.

Kedua sumber tersebut tidak dapat disintesiskan melalui pembuatan laboratorium, misalnya batu permata dan ditanam kembali namun karena uranium ini hampir habis dan cara pembuatannya lama sebagai bahan nuklir sehingga energi nuklir dinobatkan sebagai energi yang tidak bisa diperbaharui.

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, tidak hanya dari produksi oleh alam namun juga dari beberapa spesies hewan yang punah karena penggunaan yang dilakukan oleh manusia. Contohnya adalah burung yang berasal dari Amerika Utara yaitu Parkit Carolina diburu dari awal abad ke 20 yang bulunya dijadikan serangkaian bulu yang indah. Itulah jenis energi tak terbarukan yang bukan berasal dari produksi energi.

Selain sumber energi yang tidak bisa terbarukan, terdapat pula jenis sumber daya terbarukan. Pengertian sumber daya terbarukan adalah sumber daya dari alam yang dapat diperbaharui bahkan sumber energi tersebut dengan lingkungan sekitar kita. Beberapa sumber energi yang bisa diperbaharui adalah energi matahari, panas bumi, angin, energi biomassa, energi gas alam, energi pasang surut, serta energi dari pembangkit tenaga listrik.

Perlunya penghematan energi

Penghematan energi atau konservasi energi adalah suatu tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi sendiri dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien. Penghematan energi juga dapat meningkatkan beberapa keuntungan, antara lain dapat mengurangi kebutuhan pembangkit energi, mengurangi naiknya biaya energi dan masih banyak lagi. Selain itu, melakukan penghematan energi juga memudahkan digantinya sumber-sumber tak dapat diperbarui dengan sumber-sumber yang dapat diperbarui.

Penghematan energi juga merupakan cara paling efektif untuk mengatasi masalah kekurangan energi. Umumnya ada beberapa tips hemat dalam penggunaan energi, seperti membeli produk yang hemat energi, mematikan alat elektronik ketika sudah tidak digunakan, menggunakan listrik seperlunya, meminimalisir penggunaan pengering rambut ataupun pakaian dan masih banyak lagi.

Melihat kondisi bumi yang semakin tua, penghematan energi sangat penting untuk dilakukan. Sebab jika tidak menghemat sumber energi, dapat berakibat fatal di masa depan karena energi di bumi punah bergitu saja.

Sebenarnya ada beberapa usaha untuk mempertahankan keberadaan energi, seperti:

  1. Menanam pohon. Menanam pohon dapat membantu untuk menambah persediaan energi di bumi yang berupa air.
  2. Mematikan lampu. Yang kedua adalah dengan cara mematikan lampu. Selain dapat mengurangi biaya pembayaran listrik, mematikan lampu ketika sudah tidak terpakai juga dapat menghemat energi fosil. Yang merupakan salah satu jenis sumber energi tak terbarukan.
  3. Menggunakan energi alternatif yang tersedia. Sudah disebutkan tadi bahwa ada beberapa jenis energi alternatif yang dapat digunakan, seperti tenaga nuklir, panas bumi, tenaga air, gas alam, tenaga surya, energi pasang surut dan juga energi gelombang laut.
  4. Mulai menggunakan biogas. Biogas yang Anda buat merupakan sumber energi alternatif yang berguna untuk menghidupkan kompor, kendaraan dan masih banyak lagi.
  5. Memanfaatkan energi surya sebagai energi listrik. Saat ini sudah banyak para ilmuan-ilmuan yang mulai mengembangkan energi surya menjadi energi listrik.
  6. Jangan menggunakan kendaraan bermotor jika jarak yang ditempuh dekat. Hal ini bisa menghemat energi minyak bumi yang berupa
  7. Menggunakan barang elektronik yang memiliki daya rendah.

Nah, itulah ulasan tentang sumber daya alam yang selalu menyertai langkah hidup manusia. Kita sudah mengerti sumber energi tak terbarukan yaitu yang proses pembentukannya lama hingga jutaan tahun. Dengan demikian, kita sebagai khalifah di bumi ini sebaiknya tidak menggunakan energi yang tidak bisa diperbaharui tersebut secara terus menerus, agar keberlangsungan hidup manusia ini diimbangi dengan bahan alam yang memadai.


Loading...
Tags: cara menjelaskan upaya sumber energi yang tak terbarukan dalam makanan yang di serap, cara menghemat energi tak terbaharukan, Upaya mengatasi sumber energi yang tak terbarukan, cara menghemat energi terbarukan, batu bara merupakan sumber daya alam tidak terbarukan oleh karena itu penggunaannya harus dilakukan secara hemat agar, cara mengatasi masalah energi terbarukan tenaga air, energi terbarukan dan bagaimana cara penanggulangannya, cra paling bujak dab tepT untuk mengendalikam SDA Tak terbarukan yg rutin digunakan tpi pasokanya semakin langka adalah, cara paling biak dan tepat untik mrngendalikan SDA tak terbarukan yang rutin digunakan tapi pasokannya semakin langka adalah, cara menghemat sumber daya energi tidak terbarukan, cara menghemat energi yang tidak dapat diperbaharui, cara bijaksana dalam mamanfaatkan sumber energi tak terbarukan, cara menghemat energi tak terbarukan, upaya upaya untuk permasalahan keterbatasan sumber energy yng tdk diperbarui, cara mengatasi sda yang tidak dapat diperbaharui