Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kebijakan Energi Nasional (KEN)

Apakah Anda pernah mendengar mengenai kebijakan energi nasional? Jika belum, silakan simak ulasan berikut yang akan membahas lebih lanjut mengenainya. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu yang dimaksud dengan DEN atau Dewan Energi Nasional.

DEN ini merupakan dewan yang dibentuk negara, memiliki tugas yaitu mengurus kebijakan dalam bidang energi. Pengurusan kebijakan-kebijakan dalam bidang energi ini bersifat lintas sektoral. DEN sendiri memiliki tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh setiap anggotanya. Tujuannya tentu agar energi yang ada di Indonesia dapat digunakan secara maksimal oleh seluruh masyarakatnya.

Kebijakan Energi Nasional

kebijakan-energi-nasional

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia termasuk salah satu negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Bahkan setiap tahunnya jumlah penduduk di Indonesia semakin tinggi. Akibatnya, penggunaan energi di Indonesia juga semakin meningkat sesuai dengan jumlah penduduknya yang meningkat.

Sedangkan energi sendiri merupakan hal yang perlu dimanfaatkan secara tepat dan maksimal mengingat keterbatasan yang dimiliki. Indonesia termasuk negara yang menggunakan BBM atau bahan bakar minyak sebagai sumber energi utama. Sedangkan BBM yang digunakan masyarakat Indonesia ini kebanyakan adalah hasil import dari luar negeri.

Hubungan antara import BBM dan kebijakan energi nasional tentu sangat berkaitan erat. Indonesia termasuk negara yang kurang mampu dalam mengolah sumber energi yang dimiliki. Pemerintah Indonesia lebih memilih untuk mengimpor BBM dari luar negeri yang harganya relatif tinggi.

Pada kenyataannya, BBM yang diimport ini memiliki keterbatasan yang dapat habis kapan saja. Sedangkan Indonesia sendiri tidak memiliki energi cadangan bilamana BBM yang diimport tersebut mengalami kelangkaan. Oleh karena itulah diperlukannya sebuah kebijakan dalam penggunaan energi, tentunya bertujuan agar energi di Indonesia dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Jika Anda perhatikan, Indonesia termasuk negara yang kaya akan hasil buminya. Contohnya saja seperti batubara, dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi yang mampu menghasilkan energi listrik. Listrik sendiri dapat menggantikan peran BBM sebagai sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, Indonesia memang tidak mampu mengolah batubara tersebut menjadi sumber energi yang dapat digunakan secara maksimal. Dari ulasan tersebut tentu Anda sudah dapat membayangkan pentingnya kebijakan energi nasional di Indonesia. Tanpa ada solusi yang tepat dari pemerintah, kondisi di Indonesia akan semakin buruk.

DEN atau Dewan Energi Nasional memiliki tugas antara lain yaitu merancang dan juga merumuskan kebijakan akan energi nasional yang ditetapkan pemerintah dan disetujui oleh DPR. Selain itu, DEN juga memiliki tugas untuk menetapkan perencanaan secara umum mengenai energi nasional. DEN juga menetapkan langkah penanggulangan atas kondisi krisis serta kondisi yang darurat. Tidak hanya itu, DEN juga bertugas mengawasi pelaksanaan dari kebijakan bidang energi tersebut. Jika dilihat dari penjelasan tersebut, maka dapat digarisbawahi bahwa kebijakan energi nasional dirancang dan dirumuskan oleh DEN.

Kebijakan mengenai energi nasional ini dibentuk agar dapat dijadikan sebagai payung hukum dalam hubungan kebijakan pemerintah mengenai energi. Tujuan pengadaan KEN yaitu agar dapat dijadikan sebagai acuan dalam menata dan juga mengelola energi Indonesia di masa mendatang.

Dengan begitu Indonesia akan menjadi negara yang mandiri, terutama dalam bidang energi. Oleh sebab itu, KEN sangat penting untuk ada dan juga dipertahankan. KEN disusun sebagai pedoman dalam mengelola energi demi mewujudkan ketahanan energi yang juga sebagai sistem pendukung. KEN atau kebijakan energi nasional sendiri menetapkan sasaran penyediaan dan juga pemanfaatan energi primer serta energi final.


Loading...
Tags: kebijakan energi nasional, kebijakan energi di indonesia, sebutkan rumusan kebijakan energi nasional tentang pengembangan sumber sumber energi lain, kebijakan utama energi nasional, sebutkan rumusan kebijakan energi nasional, sebutkan rumusan kebijakan energi nasional tentanf pengenmbangan sumber sumber lain, kebijakan energi nasional indonesia, sebutkan rumusan kebijakan energi nasional tentang pengembangan sumber-sumber energi lain, sebutkan rumusan kebijakan energi nasional tentang pengembangan sumber-sumber energi lain!, sebutkan rumusan kebijakan energi tentang pengembangan sumber sumber energi lain, Sebutkan rumusan kebijakn energi nasional tentang pengembangan sumber energi lain, sebutkan rumusan lebijakan energi nasional tentang pengemgangan sumber sumber enegi lain