Mengenal Energi dan Perubahannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernahkah Anda bertanya-tanya darimana asalnya tenaga yang kita peroleh ketika beraktifitas. Atau ketika mobil yang berjalan, atau kipas angin yang berputar. Manusia berjalan, berlari, mobil yang bergerak, atau kipas angin yang berputar, semua itu diperoleh dari energi. Apakah energi itu?

Energi merupakan sesuatu yang mampu membuat sebuah benda mampu untuk melakukan sebuah usaha. Di alam semesta ini banyak sekali sumber energi yang bisa dimanfaatkan untuk maslahat kehidupan manusia. Dan, kita bisa membagi energi dan perubahannya menjadi berbagai kelompok sesuai dengan usaha dan perubahan yang dilakukan oleh energi tersebut.

Sebelum membahas mengenai energi yang disertai dengan perubahannya, akan lebih baik jika kita membahas mengenai bentuk energi. Kita semua tahu bahwa setiap mahkluk hidup yang ada di muka bumi ini mendapatkan sebuah energi yang paling besar yaitu energi matahari.

Energi dan Perubahannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

energi-dan-perubahannya

Energi matahari memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kelangsungan kehidupan mahkluk hidup di muka bumi. Tidak hanya untuk kelangsungan hidup makhluk hidup, energi matahari juga bisa untuk dijadikan pembangkit tenaga listrik. Begitu banyak energi dari matahari yang bisa dimanfaatkan dalam segala bidang.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa energi dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian. Energi dan perubahannya tersebut memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan kategorinya masing-masing. Berikut akan kami jelaskan mengenai bermacam-macam bentuk energi yang disertai dengan perubahannya, antara lain adalah:

1. Energi kimia

Energi kimia merupakan sebuah energi yang ada di dalam persenyawaan kimia yang memiliki bentuk ikatan antara satu atom dengan atom lainnya. Energi ini dihasilkan dari proses kimia. Untuk jumlah yang dihasilkan oleh energi kimia tergantung dari jenis bahan kimia, pereaksi kimia serta reaksi kimia yang terjadi. Energi kimia bisa berubah bentuk menjadi energi listrik, contohnya adalah aki serta batu baterai.

2. Energi listrik

Energi listrik merupakan sebuah energi yang dihasilkan dari sebuah aliran listrik. Energi listrik ini merupakan salah satu energi yang paling banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik merupakan salah satu jenis energi yang paling banyak perubahannya. Energi dan perubahannya bisa menjadi bentuk energi gerak, energi panas, energi bunyi serta energi cahaya. Contohnya adalah energi listrik yang berubah menjadi energi gerak seperti kipas angin. Energi listrik yang berubah menjadi energi bunyi seperti radio atau tape. Dan beberapa contoh lainnya.

3. Energi panas

Energi panas merupakan salah satu jenis energi terbesar yang ada di muka bumi ini, karena salah satu sumber energinya adalah panas matahari. Energi panas yang berasal dari matahari ini memiliki banyak manfaat bagi seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi. Energi panas juga bisa memiliki perubahan energi, seperti energi panas berubah menjadi energi listrik seperti contoh pembangkit listrik tenaga surya.

4. Energi mekanik

Selain energi yang berasal dari alam, ada juga energi yang berasal dari pergesekan dua benda seperti energi mekanik. Energi mekanik ini sendiri memiliki dua jenis energi yaitu energi potensial serta energi kinetik. Yang menjadi perbedaan antara energi potensial dengan energi kinetik adalah jika pada energi potensial energi ditentukan oleh massa benda serta gravitasi bumi. Pada energi kinetic energi ditentukan oleh massa benda serta kecepatan benda. Energi dan perubahannya dapat dilihat dari dynamo sepeda. Pada dynamo sepeda akan terjadi perubahan energi potensial menjadi energi listrik.

Demikianlah penjelasan mengenai energi yang memiliki fungsi dan manfaat yang sangat banyak bagi kelangsungan kehidupan makhluk yang ada di muka bumi yang bersumber pada energi dan perubahannya yang bermanfaat.


Loading...
Tags: perubahan energi dalam kehidupan sehari hari, energi dann perubahannya, mengenal energi, Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari materi, mengenal bentuk energi potensi, Mengapa kita membahas mengenai energi, Mengapa energi panas matahari di kategorikan dalam energi kinetik ?, manfaat energi matahariserta perubahan bentuk energi, jelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, jelaskan berbagai bentuk energi dan perubahanya dalam kehidupan sehari hari, fungsi energi dan perubahannya, energi yang di peroleh manusia, energi panas matahari dikategorikan dalam energi potensial atau energi kinetik?, energi panas matahari di kategorikan dalam energi potensial atau energi kinetik?, energi dan perubHannya