Mencari Solusi Dari Krisis Energi Yang Mengintai

Seperti yang kita ketahui bahwa kita manusia membutuhkan asupan energi untuk tetap bertahan di muka bumi ini. Energi yang dibutuhkan tidak hanya tentang energi yang kita butuhkan untuk beraktifitas sehari-hari. Namun, energi yang kita butuhkan bagaimana kita dapat bertahan hidup dengan memanfaatkan energi yang tercipta.

Salah satu jenis energi yang dapat kita nikmati secara gratis adalah energi panas dari matahari yang membantu dalam menghangatkan bumi sehingga manusia bisa bertahan hidup di atas muka bumi ini. Akan tetapi, ada jenis energi yang memiliki jumlah yang terbatas, pemakaian yang berlebihan akan menyebabkan krisis energi yang dapat merugikan kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Krisis Energi dan Solusi Energi Alternatif

krisis energi

Energi memang diperlukan di semua bidang kehidupan, tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga yang membutuhkan jumlah pasokan energi yang tidak banyak namun juga perkembangan manusia yang semakin bertambah membuat energi juga ikut bertambah. Ditambah dengan pembangunan industri di segala bidang pasca revolusi industri yang akhirnya menjadikan kebutuhan akan energi semakin membengkak.

Padahal energi sesuai dengan hukum energi adalah sesuatu yang tidak bisa diciptakan namun tidak bisa dimusnahkan. Untuk itu, diperlukan sebuah inovasi terbaru dalam menciptakan sumber energi baru untuk mencegah terjadinya krisis energi akibat energi yang semakin tergerus.

Untuk lebih memahami mengenai krisis dari energi, lebih baik kita mengetahui pengertian dari krisis sebuah energi itu sendiri. Krisis dari energi ini sendiri berupa kekurangan energi yang didapatkan dari sumber daya energi itu sendiri yang berdampak pada ekonomi.

Penyebab dan Dampak Krisis Energi

Hal ini berkaitan dengan meningkatnya harga dari biaya produksi akibat kekurangan sumber energi seperti minyak bumi, atau listrik dan sumber daya energi yang berasal dari alam. Krisis energi ini akan berpengaruh terhadap perekonomian yang nantinya berdampak pada kemaslahatan hidup manusia.

Hal tersebut dapat kita lihat dengan naiknya harga tariff dasar listrik, atau kekurangan minyak bumi yang akhirnya masyarakat beralih ke gas sebagai sumber energi baru. Atau harga minyak dunia yang berpengaruh terhadap kenaikan harga BBM dan lain sebagainya merupakan dampak dari krisis sebuah energi. Untuk itu, diperlukan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan ini segera, mengingat manusia yang tidak bisa terlepas dari energi untuk tetap bertahan hidup dan menjalankan aktifitas mereka sehari-hari.

Untuk mengatasi krisis energi tersebut, diperlukan solusi yang tepat untuk menciptakan kehidupan yang berkesinambungan dan selaras dengan alam terlebih jika sumber daya energi tersebut menggunakan sumber daya alam. Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi krisis tersebut adalah dengan menggunakan teknologi energi surya.

Seperti yang diketahui bahwa matahari merupakan salah satu sumber energi terbesar yang ada di muka bumi ini. Dengan memanfaatkan perubahan energi panas menjadi listrik, maka sinar matahari bisa dijadikan sebagai sumber tenaga listrik baru. Beberapa negara maju telah mengembangkan teknologi tenaga surya dengan menggunakan panel surya atau dengan menggunakan sel photovoltaic untuk mendapatkan energi listrik.

Sinar matahari yang tidak terbatas, dan tentu saja teknologi ini lebih ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan kerusakan alam. Selain menggunakan tenaga surya untuk mengatasi krisis energi bisa menggunakan teknologi energi angin. Perubahan energi gerak menjadi energi listrik bisa dimanfaatkan seperti halnya negara Belanda yang telah mendahului dengan kincir anginnya yang menjadi landmark negara tersebut. Angin yang tidak memiliki batas, bisa dimanfaatkan sebagai solusi pencegahan terjadinya krisis sebuah energi dan tentu saja lebih ramah lingkungan.


Loading...
Tags: krisis energi, untuk menghindari kelangkaan energi manusia mulai mencari energi, dampak krisis energi, penyebab krisis energi, solusi krisis energi, krisis energi dan solusi untuk mengatasinya, bagaimanakah dapat terjadi kelangkaan energi listrik, engertian krisi energi dan solusinya, energi alternatif sebagai upaya mengatasi krisis energi, dampak penggunaan sumber energi yang terbatas bagi kehidupan, dampak menggunakan energi yang terbatas, dampak keterbatasan sumber energi bagi kehidupan dan upaya penanggulangannya, cara untuk mengatasi kekurangan atau habisnya sumber energi, cara penanggulangan sumber energi, cara mengatasi krisis energi beserta contohnya