Manfaat Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Perubahan energi listrik menjadi energi gerak dapat kita temukan dalam beberapa peralatan yang sering kita gunakan sehari-hari. Penggunaan energi listrik memang sangat populer sejak keberadaan energi tersebut ditemukan. Banyak peralatan yang dibuat dengan memanfaatkan energi listrik. Hal ini dikarenakan energi listrik sangat mudah diubah menjadi energi lain.

Pada dasarnya, semua benda memiliki muatan listrik yaitu proton dan elektron. Perubahan energi yang terjadi pada energi listrik antara lain adalah perubahan menjadi energi cahaya, energi gerak, energi bunyi, dan energi panas. Berbagai macam perubahan itu tertuang dalam peralatan-peralatan yang sangat familiar dalam kehidupan kita.

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerakmanfaat-perubahan-energi-listrik-menjadi-energi-gerak

 

Semua jenis energi memiliki sebuah hukum yaitu Hukum Kekekalan Energi yang berbunyi bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya bisa diubah menjadi bentuk energi lainnya. Perubahan energi ini biasanya terjadi pada alat-alat yang mampu melakukan perubahan energi.

Salah satu contohnya dapat kita lihat pada kasus perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Energi listrik yang diubah tidak lantas hilang atau musnah, namun berganti menjadi energi gerak yang sangat jauh berbeda dengan energi listrik. Artinya energi gerak juga bukan sebuah energi baru yang diciptakan namun energi yang berasal dari energi listrik yang telah mengalami perubahan.

Perubahan energi listrik menjadi energi gerak biasanya terjadi pada alat yang menggunakan motor listrik dimana arus listrik dialirkan melalui kumparan yang menimbulkan medan magnet. Putaran tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan peralatan yang memanfaatkan perubahan energi listrik menjadi energi gerak seperti blender, bor listrik, kipas angin, mobil-mobilan dan banyak peralatan lainnya. Jika kita analisa lebih dalam alat-alat tersebut merupakan alat yang berputar saat sedang digunakan. Putaran ini merupakan energi gerak yang dihasilkan dari perubahan energi listrik.

Bagaimanakah proses perubahan energi listrik menjadi energi gerak pada alat-alat yang telah disebutkan tadi? Perubahan energi pada alat-alat tersebut terjadi karena bantuan motor listrik. Awalnya energi listrik berubah menjadi induksi magnet kemudian induksi magnet akan membuat poros yang terdapat pada alat-alat tersebut bergerak. Pergerakan energi listrik melalui rangkaian luar dari terminal tinggi ke rendah membuat sebuah muatan kehilangan energi listrik tersebut. Kemudian gaya non listrik akan memaksa energi listrik kembali ke anoda melalui GGL.

Perubahan energi listrik menjadi energi gerak tersebut sama halnya dengan sistem pengairan yang kita miliki. Air akan kembali mengalir melalui pipa lain dan kembali ke dalam pipa tegak dengan menggunakan dorongan pompa. Saat arus tidak ada perbedaan potensial antar terminal akan tetap terjaga. Beda potensial tanpa adanya arus dinamakan GGL rangkaian terbuka.

Perubahan energi selalu memberikan manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Berbagai macam peralatan dapat digunakan dengan baik karena adanya perubahan energi. Sebagai energi yang paling mudah diubah menjadi energi lainnya, energi listrik telah menjadi kebutuhan utama manusia. Manusia seolah tidak bisa hidup dan beraktivitas tanpa adanya energi listrik.

Hampir semua peralatan yang kita gunakan di rumah kita membutuhkan energi listrik agar bisa digunakan. Jika diubah menjadi energi gerak maka energi listrik akan menghasilkan usaha yang lebih banyak untuk membantu mempermudah aktivitas manusia. Sebuah blender yang sudah dialiri aliran listrik akan mampu membuat sebuah jus yang menyehatkan tubuh Anda. Hal itu tidak akan terjadi jika Anda tidak melakukan perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

Loading...

Tags: energi listrik menjadi energi gerak, listrik menjadi gerak, manfaat perubahan energi listrik, 5 alat yang mengubah energi listrik menjadi gerak, manfaat energi listrik menjadi energi gerak, arloji mengubah energi listrik menjadi energi, alat alat yang bisa mengubah energi listrik menjadi energi gerak, manfaat dan perubahan energi radio, energi listrik yang menjadi energi gerak, energi listrik menjadi energi gerak adalah, 5 alat energi listrik menjadi energi gerak, cara merubah energi panas bumi menjadi energi gerak, jelaskan pemanfaatan energi listrik menjadi energi gerak, cara kerja blender pada perubahan energi, bor listrik merupakan contoh alat yg mengubah energi menjadi energi