Manfaat Kincir Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Siapa yang tidak mengetahui Kincir Angin? Hampir semua orang sudah tahu tentang benda yang satu ini. Namun bagi yang belum mengetahuinya kincir angin merupakan sebuah alat yang memiliki baling-baling besar ataupun kecil  untuk mendapatkan satu energi dengan memanfaatkan  energi angin. Di Indonesia sendiri pemanfaatan kincir angin belum terlalu populer jika dibandingkan dengan Negara Belanda. Hal ini dikarenakan kurangnya peranan dan sosialisasi pemerintah dalam mengaplikasikan kincir angin.

Sebelum membahas mengenai manfaat kincir angin,  tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu sejarah dari kincir angin. Tahukah Anda bahwa energi angin sudah lama menjadi pusat perhatian utama manusia. Pengembangan kincir angin sendiri dimulai dari bentangan layar yang menampung angin untuk menggerakan kapal. Dari hal inilah pengetahuan tentang kincir angin  terus dikembangkan hingga terciptalah alat yang dinamakan kincir angin. Fungsi pertama kali kincir angin adalah untuk menumbuk biji-bijian tanaman padi. Namun seiring dengan berjlanannya waktu, kincir angin mulai mengalami pergeseran fungsi, yaitu digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik.manfaat-kincir-angin

Kincir angin sendiri dibangun oleh P. La Cour dari Denmark yang digunakan pertama kali untuk membangkitkan listrik. Setelah perang dunia 1, layar dengan penampang melintang menyerupai sudut propeler pesawat sekarang disebut dengan kincir angin tipe turbin. Percobaan kincir angin sudut pun kembali dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 1940 yang dirancang oleh Palmer Putman. Lantas apa saja manfaat dari  kincir angin dalam kehidupan sehari-hari? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Manfaat kincir angin bagi manusia dan kehidupan sehari-hari

Pembangkit listrik

Seperti yang kita ketahui manfaat utama dari kincir angin adalah sebagai sumber energi. Kincir angin seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pembangkit listrik. Di Belanda sendiri, kincir angin juga digunakan untuk pembangkit listrik yang dapat menyalakan generator listrik di kota-kota yang ada di sana. Meksipun begitu, pemanfaatan kincir angin untuk menghasilkan energi listrik pun memiliki beberapa kelemahan, kelemahan energi alternatif angin  antara lain proses pembuatan yang rumit dan membutuhkan lebih dari satu kincir angin untuk membangkitkan listrik.

Membantu penyaluran air dalam irigasi

Yang kedua adalah berguna untuk membantu penyaluran air dalam irigasi. Kincir angin yang dibuat dapat membantu mengalihkan aliran air dari satu pait atau saluran irigasi menuju ke saluran lainnya. dengan begitu tentu saja hal ini dapat membantu para petani untuk mengairi ladang tanpa harus repot menggalui saruran irigasi baru.

Energi yang ramah lingkungan

Manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah dapat menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini dikarenakan kincir angin merupakan salah satu sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara. Dengan begitu, hal ini tentu saja dapat melindungi lapisan ozon yang ada di bumi kita.

Alternative penggunaan bahan bakar fosil

Kincir angin juga merupakan salah satu sumber energi alternatif yang baik sebagai pengganti bahan bakar fosil, seperti bahan bakar minya dan gas alam. Dengan ini maka cadangan bahan bakar fosil dapat berkurang penggunaannya.

Membantu proses pemotongan kayu

Beberapa pabrik yang bergerak dalam bidang pemotongan kayu juga memanfaatkan kincir angin untuk membantu proses pemotongan kayu. Dengan menggunakan kincir angin, maka generator yang ia gunakan untuk menjalankan mesin gergaji dapat menyala. Keunggulan dari metode ini adalah ramah lingkungan dan dapat menekan biaya produksi.

Membantu mengalihkan arah air

Ketika ada angin kencang kincir angin juga dapat membantu untuk mengalihkan arah angin. Sehingga energi angin yang muncul dapat tersalurkan dan dapat mereduksi. Sehingga dengan adanya kincir angin dapat mengecilkan resiko munculnya angin besar baik di rumah ataupun perkebunan warga.

Sebagai pompa air dan penyalur air

Manfaat dari kincir angin selanjutnya adalah digunakan sebagai pompa air serta penyalurnya. Prinsip kerjanya umumnya hampir sama seperti kincir angin yang digunakan untuk saluran irigasi. Yang membedakan adalah kincir angin ini akan membawa air ke penampungan. Sehingga dapat berfungsi sama seperti pompa air. Dengan menggunakan ini maka para penduduk tidak perlu repot menimba air.

Membantu proses penggilingan padi

Tak hanya digunakan sebagai pembangkit listrik saja, kincir angin juga dapat digunakan untuk membentu proses penggilingan padi. Biasanya kincir angin digunakan untuk menyalakan generator, yang kemudian generator tersebut dapat menyuplai listrik untuk menyalakan alat penggiling padi. Tentu saja hal ini lebih efektif dan baik karena lebih ramah lingkungan, hemat serta dapat meningkatkan jumlah produksi.

Mengeringkan hasil panen

Kincir angin dalam kehidupan seari-hari juga dapat digunakan untuk mengeringkan hasil panen. Agar lebih kering sebelum ditumbuk atau diolah caranya hanya dengan meletakkan hasil panen pada bilah-bilah kincir angin yang kemudian biarkan kincir angin berputar. Hal ini tentu saja dapat membantu untuk meniriskan air yang masih tersisa dari hasil panen tersebut.

Nah itulah beberapa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari.


Loading...
Tags: manfaat kincir angin, kincir angin, kegunaan kincir angin, manfaat kincir air, fungsi kincir angin, manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari, manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari hari, manfaat kincir angin dan kincir air, 5 manfaat kincir angin, apa manfaat kincir angin, kincir angin menghasilkan energi, kincir, apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari hari, 5 manfaat kincir air dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan kincir air