Manfaat Energi Panas Bumi Sebagai Sumber Energi Alternatif

Manfaat energi panas bumi sebagai salah satu energi alternatif ternyata belum begitu populer di kalangan masyarakat. Mereka lebih mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Energi panas bumi juga dikenal dengan nama energi geothermal yang berasal dari bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani kata “geo” memiliki arti bumi dan kata “thermal” memiliki arti panas jadi ketika digabungkan kata geothermal memiliki arti panas bumi. Energi geothermal sendiri dihasilkan dan disimpan di dalam inti bumi. Jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil, energi geothermal merupakan sumber energi bersih dan hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca.

Sumber energi panas bumi di Indonesia dapat kita temui di daerah dengan gunung berapi yang masih aktif. Hingga saat ini Indonesia menempati posisi ketiga setelah Amerika dn Filipina dalam hal pemanfaatan energi panas bumi sebagai sumber energi listrik. Di Indonesia sendiri, energi panas bumi adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yang terbarukan, ramah lingkungan, dapat mendukung pembangunan rendah karbom dan juga sangatlah sustainabel.

Manfaat Energi Panas Bumi dalam Kehidupan

manfaat-energi-panas-bumi

Bumi memiliki sebuah pusat yang bersuhu sangat panas dan dapat menghancurkan batuan dengan sangat mudah. Semakin jauh ke dalam suhunya akan semakin tinggi, dengan jarak kurang lebih empat puluh meter saja, suhu bisa meningkat hingga 34o F.

Panas ini menghasilkan uap yang bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi. Jumlah panas pada kedalaman 10.000 m menghasilkan energi yang besarnya 50.000 kali lebih besar dari jumlah gas dan minyak di seluruh dunia. Manfaat energi panas bumi yang didapat dari pusat bumi merupakan salah satu energi alternatif yang ramah lingkungan.

Cara mengambil manfaat energi panas bumi adalah dengan mengebor bagian yang menjadi lokasi panas bumi untuk membebaskan uap pada kedalaman tertentu. Selain itu juga dibuat sebuah sumur injeksi, air dingin akan dipompakan ke dalam sumur tersebut. Air tadi dialirkan melalui batu panas dan tekanannya berfungsi untuk mengeluarkan air lagi. Air tersebut akan menjadi uap ketika berada di permukaan dan kemudian disaring serta dibersihkan. Setelah itu, hasilnya bisa dipakai menggerakkan turbin yang memberikan energi listrik.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan yang dihasilkan oleh pemanfaatan energi panas bumi. Salah satu kelebihan yang paling diunggulkan adalah bahwa energi ini sangat ramah lingkungan. Dan pastinya pemerhati lingkungan akan sangat menyukainya. Selain itu, Energi ini dikenal sangat bersih karena pada proses produksinya tidak menggunakan bahan bakar fosil. Selain itu energi panas bumi juga tidak akan menimbulkan emisi gas rumah kaca.

Manfaat energi panas bumi dapat dihasilkan secara terus-menerus karena energi panas bumi terus dihasilkan melalui peluruhan zat radioaktif mineral yang ada di dalam bumi. Energi ini dapat dihasilkan sepanjang musim secara tetap karena tidak memerlukan penyimpanan energi. Ini sangat menguntungkan dibandingkan menggunakan energi lainnya seperti energi angin atau energi matahari.

Apalagi pemeliharaannya tidak membutuhkan begitu banyak biaya. Namun energi panas bumi juga memiliki beberapa kelemahan karena membutuhkan modal yang cukup banyak untuk membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi. Lokasi pengeboran pun tidak bisa sembarangan. Tempat pengeboran harus berada di sekitar lempeng tektonik yang memiliki temperatur tinggi akibat sumber panas bumi.

Di masa yang modern ini, energi panas bumi tidak hanya digunakan sebagai pembangkit listrik saja, ternyata energi dari panas bumi juga dapat digunakan sebagai sarana yang lain seperti untuk membantu pertumbuhan tanaman atau produk pertanian lainnya yang berada di dalam rumah kaca selama musim dingin. Bahkan energi tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai pemanas ruangan dan penjaga jalan atau trotoar agar tidak terlalu licin.

Di masa depan energi panas bumi akan sangat membantu kita dalam banyak hal. Namun kita juga harus tahu bahwa tidak di semua daerah memiliki lokasi yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi panas bumi. Dengan semakin banyak dibutuhkannya energi di zaman modern ini maka banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan dengan mengambil manfaat energi panas bumi.

Meskipun begitu ada beberapa kekurangan dari energi geothermal atau energi panas bumi. Yang pertama kita tidak bisa membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi di sembarang lahan kosong di suatu tempat. Tempat terbaik untuk dijadikan sebagai tempat pembangkit energi geothermal adalah tempat yang harus mengandung batu-batu panas. Selain itu, batu-batuannya juga harus mudah untuk dibor ke dalam.

Hal tersebut sangatlah penting karena jika lubang dibor dengan cara yang tidak benar, maka gas dan mineral yang ada di bawah tanah berpotensi membahayakan jika menyembur dari bawah tanah. Jika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan pencemaran lingkungan dan bahkan kekeringan.


Loading...
Tags: manfaat panas bumi, manfaat energi panas bumi, kegunaan energi panas, pemanfaatan panas bumi, pemanfaatan energi panas bumi, apa energi bumi, manfaat energi panas bumi dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan panas bumi, fungsi panas bumi, manfaat geothermal, manfaat energi geothermal, manfaat panas bumi sebagai energi alternatif, manfaat panas bumi bagi kehidupan, apa manfaat panas bumi, energi alternatif panas bumi