Manfaat Energi Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Jika kita berbicara mengenai manfaat energi listrik, maka hal inilah yang menjadi tonggak penting dalam setiap kehidupan kita. Tidak bisa kita pungkiri lagi jika listrik adalah salah satu energi yang paling dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Sejatinya para manusia primitive dahulu tidak mengerti apa itu listrik apa itu lampu namun seiring dengan berkembangnya zaman, kita sangat membutuhkan pasokan listrik, terlebih lagi jika kita memiliki banyak peralatan.

Sekilas Tentang Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang berasal dari muatan listrik, sehingga bisa membuat medan medan listrik statis dan menghasilkan gerakan-gerakan elektron di dalam konduktor ataupun ion di dalam zat cair atau gas. Arus listrik sendiri ada dua macam yaitu arus listrik DC dan juga arus listrik AC.

Sumber Arus Listrik

Arus listrik harus memiliki sumber agar bisa dinyalakan dan diubah menjadi bentuk energi lainnya. Dalam arus listrik sendiri ada dua jenis partikel, yaitu proton dan elektron. Berbeda partikel pastinya juga memiliki energi listrik dan arus yang berbeda-beda, yaitu proton memiliki arus positif sedangkan elektron bermuatan negatif. Jika sebuah bend yang kekurangan elektron di dalamnya, bisa dikatakan bahwa benda tersebut kelebihan energi positif dari proton.manfaat-energi-listrik

Sebaliknya jika benda memiliki elektron yang berlebih, maka muatannya adalah negatif. Dan jika kedua benda memiliki proton dan elektron yang sama benda tersebut merupakan benda yang netral.

Arus Listrik dan Muatan Listrik

Sudah dijelaskan tadi bahwa setiap arus listrik pasti memiliki arus. Jika tidak memiliki arus maka listrik tidak mau menyala serta tidak mau menghasilkan energi. Jika listrik tidak mau menyala hal ini dikarenakan arus listrik terganggu, misalnya adanya konsleting listrik dalam aliran listrik tersebut.

Seperti contoh, jika kita ingin menyalakan setrika dan juga televisi, jika tidak ada listrik kita tidak bisa menyalakan kedua benda ini, karena kedua benda ini membutuhkan listrik sebagai energi utamanya. Berikut adalah contoh dari pemanfaatan energi listrik bagi manusia.

Manfaat Energi Listrik untuk Kehidupan Sehari Hari

Salah satu contoh dari manfaat energi listrik adalah sebagai penerangan di malam hari. Pada saat siang, kebanyakan lampu tidak akan dihidupkan lantaran sudah ada cahaya matahari yang sangat terang yang menyinari tempat tinggal kita. Kita tidak membutuhkan penerangan buatan semacam lampu pada saat siang hari karena bagaimanapun juga sinar dari matahari mempunyai terang yang sangat hebat sehingga kita bisa melihat indahnya dunia.

Namun tidak untuk malam hari. Listrik menjadi salah satu enegi yang banyak dibutuhkan untuk menghidupi listrik agar lampu menyala. Penerangan alami pada malam hari hanyalah bulan namun cahayanya tidak seterang cahaya matahari. Pemanfaatan listrik sebagai penerangan di malam hari adalah manfaat yang banyak dimanfaatkan oleh manusia.

Manfaat energi listrik kedua adalah menunjang kebutuhan hidup kita sehari hari. Misalnya saja ketika kita ingin memasak air menggunakan kompor dan kompornya kehabisan gas, maka kita bisa menggunakan dispenser untuk memasak air. Kita bisa saja menggunakan api dan kayu bakar, namun bagi sebagian orang hal ini sudah terlanjur kuno dan banyak ditinggalkan, khususnya bagi yang tinggal di daerah kota.

Manfaat Energi Listrik untuk Manusia

Contoh lain adalah ketika kita ingin memanggang roti, kita bisa saja menggunakan oven yang membutuhkan listrik agar oven menyala. Cara ini terbilang praktis jika dibandingkan dengan menggunakan panggangan langsung karena membutukan proses yang sangat lama. Selain itu, aroma yang ditimbulkan juga akan bercampur dengan kayu bakar.

Ketika kita ingin mendapatkan manfaat energi listrik dari sumber listrik, maka sebaiknya kita menggunakan listrik dengna hemat karena setiap waktu dan setiap tahun pasokan listrik untuk penduduk juga akan semakin bertambah. Belum lagi jika di Negara kita yang kebanyakan pembangkit listriknya menggunakan air dan uap.

Jika air yang digunakan sebagai sumber energi tersebut berkurang jumlahnya akibat musim kemarau, maka pasokan listrik juga akan semakin berkurang. Kita bisa mengganti dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya, namun proses instalasi pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga matahari ini sangatlah mahal. Belum lagi jika penanganan pembangkit listrik ini membutuhkan SDM yang berkualitas dan harus mengerti.

Sebenarnya manfaat dari energi listrik hanya dibagi menjadi dua bagian saja yaitu sebagai penerangan dimalam hari dan sebagai penunjang aktifitas kita. Jika tidak ada listrik, maka semua benda elektronik yang kita punyai di rumah tidak akan berfungsi. Untuk itu, penting bagi kita jika kita menghemat dalam penggunaan listrik, seperti jangan menyalakan lampu di siang hari dan jangan menggunakan mesin air otomatis karena pasokan dari listrik di Indonesia juga bisa saja habis dan terbatas. Itulah beberapa manfaat dari manfaat energi listrik, dan semoga bermanfaat.


Loading...
Tags: manfaat listrik, manfaat energi listrik, keuntungan menggunakan energi listrik, kegunaan energi listrik, kegunaan listrik, manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari, manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari hari, pengertian dari listrik sangat berguna untuk semuah manusia, manfaat listrik bagi kehidupan, 10 manfaat listrik, keuntungan energi listrik, apa manfaat listrik, manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari, keuntungan menggunakan listrik, manfaat listrik bagi manusia