Manfaat Energi Angin Sebagai Energi Alternatif

Beberapa tahun belakangan ini manfaat energi angin lebih diperhatikan untuk alternatif energi dalam berbagai bidang. Mulai untuk energi tenaga pembangkit listrik, penggerak peralatan industri, hingga aplikasi pada aspek lainnya. Di berbagai negara, manfaat dari adanya energi angin ini sangat membantu di bidang energi pembangkit tenaga listrik.

Meskipun pada awalnya, tenaga pembangkit listrik dengan tenaga angin ini menghabiskan banyak biaya operasional, semakin canggihnya perkembangan teknologi terkini membuat penggunaan energi angin untuk pembangkit tenaga listrik menjadi lebih semakin efisien sehingga menurunkan biaya operasional yang dibutuhkan. Tidak heran, jika energi angin untuk pembangkit tenaga listrik ini menjadi salah satu pasokan listrik untuk beberapa negara, termasuk Indonesia.

Sejarah Energi Angin

Sebelum mengetahui manfaat dari energi angin, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai sejarah energi angin itu sendiri. Tahukah Anda bahwa energi angin telah dimanfaatkan banyak orang sejak awal sejarah. Pada awal 5000 SM sudah banyak orang yang memanfaatkan energi angin untuk mendorong perahu di sepanjang Sungai Nill. Tak hanya itu saja, pada 200 SM  China sudah memanfaatkan kincir angin sederhana untuk memompa air. sedangkan kincir angin sumbu vertikal dengan latar buluh tenun digunakan untuk menggiling biji-bijian  di Persia dan juga Timur Tengah.

Pada abad ke 11 cara memanfaatkan dan menggunakan energi angin akhirnya sudah menyebar ke seluruh dunia. Pada abad tersebut orang-orang di Timur Tenga menggunakan kincir angin secara luas untuk memproduksi pangan. Di Eropa sendiri mulai terkenal energi angin semenjak para pedagang dan tentara salib yang pulang dengan membawa ide ini. Sedangkan Belanda mulai menyempurnakan kincir angin untuk menguras danau dan rawa-rawa yang ada di Delta Sungai Rhine.

Di akhir Abad 19 teknologi alternatif ini sudah mulai dimanfaatkan untuk memompa air di peternakan, pertanian serta menghasilkan energi listrik untuk rumah-rumah dan industri. Di akhir tahun 1920, Amerika menggunakan kincir angin kecil untuk menghasilkan listrik di daerah pedesaan yang belum menikmati layakan listrik. Akan tetapi semenjak layanan listrik sudah sampai di pedesaan, penggunaan kincir angin sudah mulai ditinggalkan.

Namun pada tahun 1970-an kincir angin kembali dilirik dan digunakan kembali karena kekurangan asokan minyak. Tentunya hal ini membuka jalan untuk menghasilkan pembangkit listrik tenaga angin sebagai sumber energi alernatif. Salah satu keuntungan dari pemanfaatkan energi angin adalah angin merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang ekonomis di banyak negara.

Tak hanya itu saja, kekhawatiran mengenai emisi dari bahan bakar fosil, harga bahan bakar fosil yang tinggi serta dukungan pemerintah mengenai pemanfaatan energi angin membuat energi alternatif yang satu ini digunakan oleh berbagai negara untuk menghasilkan energi listrik dan lainnya.

Manfaat Energi Angin dalam Kehidupan Sehari-harimanfaat-energi-angin-sebagai-energi-alternatif

Bentuk-bentuk dari Manfaat Energi Angin . Pemanfaatan dari energi angin muncul karena energi angin ini tersedia secara alami di alam tanpa ada batas habisnya. Karena itulah, tentunya energi angin ini pasti memiliki manfaat seperti eneri alam lainnya, seperti energi panas bumi, batubara, fosil bahkan energi nuklir. Dengan memanfaatkan energi dari alam ini, tentunya penggunaannya tidak akan merusak alam karena terjadinya pergerakan angin terjadi secara alamiah.

Sekarang ini, ada banyak manfaat dari energi angin dalam kehidupan sehari-hari telah banyk terasa. Bahkan, pada abad 17 sebelum masehi, energi angin telah dimanfaatkan untuk proses irigasi pertanian oleh masyarakat Babilonia kuno. Pada bidang kelautan, energi angin digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai penggerak pada layar kapal. Di bagian belahan dunia lainnya, energi angin ini telah lama digunakan sebagai penggerak kincir angin untuk keperluan penggilingan gandum atau tepung.

Pemanfaatan Energi Angin di Indonesia

Banyakanya manfaat angin sejak bertahun-tahun silam, juga telah banyak digunakan di Indonesia. Para nelayan di Indonesia juga pernah menggerakkan kapal mereka dengan bantuan energi angin laut yang menerpa layar kapal. Pemanfaatan energi angin di Indonesia lainnya juga terlihat dari didirikannya kincir angin raksasa di beberapa tempat di nusantara sebagai media pembangkit tenaga listrik tenaga angin.

Tapi, tidak sembarang angin yang digunakan untuk dapat menadi pembangkit tenaga listrik. Hany angin dengan kecepatan diatas 12km/jam hingga 20km/jam lah yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Tidak heran, jika pembangkit listrik tenaga angin ini biasanya dibangun pada kawasan pantai atau pegunungan dengan intensitas angin yang tergolong kelas 3 keatas.

Manfaat Angin sebagai Energi Alternatif

Di kawasan pesisir di Indonesia, selain digunakan untuk pembangkit tenaga listrik, energi angin juga digunakan sebagai penggerak baling-baling untuk penggerak pompa air. Pompa air ini digunakan para nelayan untuk membudidayakan beberapa komoditas air, seperti ikan kerapu, mutiara dan lainnya. Manfaat angin sebagai energi alternatif juga dapat dirasakan di bidang pertanian.

Terbukti pada beberapa kawasan pertanian di Indonesia telah menggunakan energi angin untuk sistem pengairan atau irigasi sawah, sehingga dapat memangkas biaya untuk irigasi. Pemanfaatan energi angin sangat dianjurkan karena energi ini tersedia langsung oleh alam dan tidak dapat habis selama masih ada matahari, air dan udara di bumi. Lalu, pemanfaatan dari ketersediaan energi angin ini bisa ditemui dimana saja. Sehingga, jika masyarakat mampu memperdayakan energi angin di setiap daerahnya, maka masing-masing daerahnya dapat mendapatkan energi terbarukan untuk kebutuhan sehari-harinya.

Pentingnya Menyadari Manfaat Energi Angin.

Bentuk relief Indonesia yang terdiri dari kawasan dataran rendah hingga dataran tinggi, sebenarnya menyimpan potensi energi alam yang luar biasa. Salah satunya datang dari pemanfaatan energi angin. Tapi, penelitian dan pembangunan yang memusatkan untuk pemberdayaan energi alam di Indonesia masih kurang berkembang. Sehingga, manfaat dari energi angin di Indonesia belum berjalan sepenuhnya.

Loading...

Tags: energi alternatif angin, jelaskan pemanfaatan tenaga angin sebagai sumber energi alternatif, pemanfaatan energi angin, energi angin adalah, sumber energi angin, pemanfaatan tenaga angin sebagai sumber energi alternatif, manfaat kincir angin sebagai altetnatif pembangkitan listrik, fungsi angin sebagai energi alternatif, energi alternatif tenaga angin, Energi angin sebagai energi alternatif, bagaimana pemanfaatan tenaga angin sebagai sumber daya energi, manfaat kincir angin untuk menghasilkan energi, manfaat energi alternatif angin, pemanfaatan angin, pemanfaatan tenaga angin sebagai sumber alternatif