Manfaat Energi Air dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tahukah Anda, apa saja manfaat energi air dalam kehidupan sehari-hari? Untuk Anda yang belum mengetahuinya, Anda dapat segera mengetahuinya dengan membaca uraian berikut ini. Air merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia, tentunya dalam berbagai bidang.

Bahkan tubuh manusia sendiri membutuhkan cairan yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas. Begitu juga untuk kebutuhan sehari-hari, air digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia. Selain diminum, air dibutuhkan untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya. Namun selain itu, air juga memiliki manfaat lainnya yang juga sangat penting dalam kehidupan manusia.

Manfaat Energi Air Dalam Kehidupan Manusiamanfaat-energi-air

 

Air memang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, tidak hanya manusia saja. Tanpa ada air, semua makhluk hidup tidak akan bertahan hidup dalam jangka waktu lama. Selain sebagai sumber kehidupan makhluk hidup, air juga merupakan energi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Salah satu manfaat energi air yaitu sebagai penggerak utama kincir air yang mengubah energi air menjadi energi mekanik. Keuntungan menggunakan air sebagai sumber energi ini yaitu karena melimpah dan mudah diperoleh. Ada beberapa jenis kincir air yang menggunakan sumber energi air ini. Antara lain yaitu Overshot, Undershot, Breastshot dan juga Tub.

Penggerak kincir angin sendiri dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Antara lain yaitu:

– Mesin penggiling gandum

Salah satu manfaat dari energi air yaitu dapat menggerakkan mesin penggiling gandum. Hal ini bahkan sudah ada sejak jaman dahulu dan sampai sekarang masih tetap digunakan.

– Mesin pemintal benang

Manfaat energi air lain yang sebagai penggerak kincir air yaitu dapat dilihat dari penggunaan mesin pemintal benang. Pada awal kemunculannya, orang-orang tidak lagi membuat pakaian menggunakan tangan sendiri. Melainkan menggunakan mesin pemintal benang yang digerakkan oleh kincir air.

– Mesin gergaji kayu

Contoh lainnya yaitu mesin gergaji kayu yang juga memanfaatkan penggerak kincir air.

– Turbin air

Ini merupakan pembangkit tenaga listrik yang mengubah energi potensial dari air tersebut menjadi energi mekanis. Kemudian energi mekanis diubah menggunakan generator listrik hingga menjadi tenaga listrik.

Itulah beberapa contoh pemanfaatan energi air yang dapat Anda ketahui. Selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi contoh-contoh lain dari manfaat energi air. Dari beberapa contoh tersebut, sudah dapat dibayangkan energi air yang memiliki banyak manfaat.

Energi air sendiri merupakan energi terbarukan yang patut untuk dikembangkan dan juga dimanfaatkan secara maksimal. Disebut sebagai energi terbarukan karena air sendiri akan selalu ada, yaitu disebabkan karena air mengalami siklus. Dari beberapa contoh pemanfaatan air, yang paling berpengaruh dalam kehidupan adalah PLTA.

PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air yang ada di Indonesia sendiri cukup banyak. Dengan memanfaatkan tenaga air, listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Cara kerja PLTA ini cukup sederhana namun menghasilkan listrik yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan masyarakatnya.

Bahkan ada beberapa PLTA yang menghasilkan daya yang sangat besar, lebih besar dibanding PLTA lain. Hal ini tentu sangat menguntungkan, merupakan investasi yang sangat berharga bagi negara Indonesia. Selain PLTA, masih banyak contoh pemanfaatan tenaga air lainnya.

Kekurangan PLTA ini yaitu membutuhkan bangunan yang mendukung, harus besar dan kokoh. Tidak hanya itu saja, jika terjadi kemarau yang berkepanjangan maka pasokan air berkurang atau bahkan habis. Akibatnya PLTA tidak dapat menghasilkan listrik seperti seharusnya. Walaupun begitu, PLTA ini tetap menjadi salah satu manfaat energi air yang sangat berharga bagi kehidupan.

Potensi Air Sebagai Sumber Energi

Seperti yang kita ketahui air memiliki energi alami yang sangat besar. Jenis energi alternatif yang satu ini dapat dikonversikan menjadi energi listrik, dan pembangkit listrik tenaga air pun tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca sehingga sangat ramah lingkungan. Tak hanya itu saja air juga merupakan sumber energi terbarukan karena air secara terus menerus dapat terus mengisi melalui siklus hidrologi bumi.

Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro

Pembangkit energi air skala mikro hingga saat ini menjadi alternatif sumber energi paling populer, terutama di wilayah yang terpencil. Hal ini dikarenakan sistem pembangkit tenaga mikrohidro ini dapat dipasang di sungai kecil dan tidak memerlukan dam yang besar, sehingga dampaknya terhadap lingkungan pun sangat kecil. Manfaat energi air  atau energi mikrohidro sendiri berguna untuk saluran irigasi, penerangan  listrik rumah penduduk,

Prinsip Pemanfaatan Mikrohidro

Pemanfaatannya pun mudah yaitu air dari sungi dibendung kemudian dialirkan melalui parit. Sebagian air dialirkan ke bak penampungan dan sebagian lagi dialirkan untuk irigasi. Air yang dialirkan ke bak penampungan akan disaring agar lebih bersih sehingga kiberja turbin akan lebih efisien. Setelah itu, sir tersebut akan alirkan melalui pipa yang disebut penstcok menuju power house.

Di dalam power hose tersebut terdapat generator dan turbin untuk mengubah energi air menjadi energi listrik, dan untuk mendapatkan tegangan yang lebih besar atau tinggi perlu adanya transformator.


Loading...
Tags: manfaat energi air, pemanfaatan energi air, energi air, energi alternatif air, manfaat plta, contoh pemanfaatan energi air, contoh energi air, energi air dan pemanfaatannya, pemanfaatan air, manfaat sumber energi air, manfaat pembangkit listrik tenaga air, manfaat energi air dalam kehidupan, fungsi energi air, manfaat tenaga air, sumber energi air