Manajemen Energi Perlu Segera Disosialisasikan

Manajemen energi adalah hal yang sangat penting kita ketahui di zaman modern yang sering mengalami krisis energi seperti sekarang. Ketika krisis energi terjadi dan dibutuhkan biaya yang cukup banyak untuk menggunakan energi tersebut, orang-orang justru tidak tahu bagaimana cara menghemat energi.

Mereka memprotes pemerintah karena tidak bisa mengatur regulasi dengan baik tanpa melakukan perbaikan pada penggunaan energi dalam kehidupan mereka. Setiap orang seharusnya mempelajari dan memahami bagaimana cara mengatur penggunaan energi yang hemat. Penghematan energi yang paling sering kita dengar adalah penghematan energi listrik dan bahan bakar. Dua jenis energi ini memang paling banyak digunakan dan paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Manajemen Energimanajemen-energi-perlu-segera-disosialisasikan

 

Konsep manajemen energi ditawarkan sebagai solusi mengatasi penggunaan energi yang terlalu boros terutama pada skala industri. Dalam sebuah industri, penggunaan energi memang dilakukan secara besar-besaran dan sulit dihemat. Konsep manajemen energi merupakan program terpadu yang direncanakan dengan baik serta memiliki pelaksanaan sistematis agar energi dapat dimanfaatkan secara efisien dan efektif.

Konsep ini seharusnya sudah disosialisasikan sejak dulu agar energi di negara kita dapat dimanfaatkan dengan bijaksana. Mayoritas masyarakat belum mengetahui bagaimana cara agar mereka dapat menggunakan energi seefisien mungkin. Mereka juga tidak tahu akibat yang bisa ditimbulkan jika mereka menggunakan energi secara berlebihan.

Pemanfaatan energi secara optimal di dunia industri merupakan suatu keharusan karena akan sangat berpengaruh terhadap biaya produksi. Modal yang digunakan untuk menyediakan energi yang cukup bagi sebuah industri tentu bukanlah jumlah yang sedikit, maka dari itu suatu industri harus mengerti benar tentang manajemen energi. Manajemen yang baik akan dapat melakukan penghematan energi yang berujung pula pada penghematan biaya produksi. Karena itulah konsep ini berpengaruh besar terhadap keberlanjutan suatu industri, terutama pada perkembangan perekonomian industri tersebut.

Jika industri tersebut adalah milik negara, maka penghematan energi itu dapat memperkecil anggaran belanja untuk energi dan kemudian dapat dialihkan untuk anggaran lainnya yang lebih penting. Dampak jangka panjang dari manajemen energi memang sangat luar biasa karena energi menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Artinya bukan hanya berlaku untuk sebuah industri saja. Dalam rumah tangga sebagai skala terkecil suatu komunitas, konsep ini juga bisa diterapkan dengan baik.

Manajemen energi di dalam rumah tangga dapat Anda lakukan dengan mematikan lampu yang sudah tidak digunakan, tidak terlalu lama menyalakan komputer atau televisi, dan meminimalkan penggunaan alat-alat yang menggunakan energi, terutama energi listrik.

Gaya hidup sehat dan go green seperti lebih memilih menggunakan sepeda untuk bekerja bisa mulai Anda lakukan. Dengan menggunakan sepeda artinya Anda sudah mengurangi penggunaan bahan bakar yang merupakan salah satu sumber energi yang sulit diperbaharui. Bahan bakar minyak juga merupakan salah satu sumber energi yang memiliki harga cukup mahal.

Beruntung sekarang sudah mulai banyak aktivis yang membantu mengajak masyarakat untuk melakukan penghematan energi. Salah satu kegiatan yang paling banyak dikenali masyarakat adalah earth hour. Aliran listrik akan dipadamkan selama satu jam selama kegiatan berlangsung, biasanya para peserta akan berkumpul di suatu tempat terlebih dahulu untuk mendapatkan sosialisasi tentang pentingnya menghemat penggunaan energi. Acara ini biasanya juga disertai sebuah renungan tentang bagaimana borosnya kita dalam menggunakan energi. Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan masyarakat mampu mengenal konsep manajemen energi.

Loading...

Tags: konsep dan aplikasi manajemen energi, jelaskan konsep manajemen energi, konsep manajemen energi adalah, konsep manajemen energi air, macam macam manajemen energy, manajemen energi berpengaruh pada, manajemen energi dalam rumah tangga