Macam-Macam Sumber Energi Terbarukan dan Tidak Terbarukan

Sumber energi terdiri dari dua macam kategori, yakni energi tak terbarukan dan energi yang terbarukan. Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk kebutuhan hidup manusia.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Sebagai bangsa yang memiliki sumber daya alam melimpah, kita masih bergantung pada bahan bakar fosil sebagai energi tak terbarukan. Bahkan kita juga masih tergantung pada negara-negara pemasok minyak bumi di dunia.

Sumber Energi Alternatif

sumber-energi-manfaat

Sebenarnya, kita masih bisa memperoleh sumber energi sendiri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di negara kita. Sebelum kita membahas tentang energi alternatif atau energi terbarukan, maka kita pelajar beberapa jenis energi tak terbarukan terlebih dahulu.

Energi tak terbarukan merupakan energi yang dihasilkan berdasarkan timbunan makhluk hidup yang sudah berusia jutaan tahun lamanya. Energi ini disebut sebagai energi tak terbarukan, karena ketersediaannya masih belum pasti akan dapat diperbaharui lagi. Untuk menjadi energi terbarukan, maka harus menunggu selama jutaan tahun lamanya untuk mendapatkan energi ini.

Sumber energi tak terbarukan sendiri selain memiliki proses pembentukan yang begitu lama juga pembentukannya tergantung pada keadaan geologi yang terjadi saat itu. Adapun contoh dari energi tak terbarukan berdasarkan cara pembentukannya adalah minyak bumi. Minyak bumi ini termasuk senyawa hidrokarbon yang dihasilkan oleh sisa hasil fosil, baik dari tumbuhan maupun hewan. Selain minyak bumi, contoh energi tak terbarukan lainnya adalah timah, tembaga, emas, perak, gas alam, dan batu bara.

Macam – Macam Sumber Energi

Selain energi tak terbarukan, ada sumber energi yang dipercaya dapat menggantikan ketersediaan energi tak terbarukan tersebut, yakni energi terbarukan. Energi yang terbarukan merupakan energi yang bisa didapatkan kembali dengan alami secara terus menerus. Energi terbarukan ini biasanya memiliki ketersediaan yang melimpah dengan jumlah tak terbatas, sehingga bisa dimanfaatkan secara terus menerus selama masih ada kehidupan di bumi ini. Di Indonesia sendiri ada beberapa energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan, sebagai berikut:

1. Biomassa

Jenis energi yang terbarukan yang bisa dimanfaatkan adalah biomassa. Biomassa ini merupakan energi yang dihasilkan dari bahan biologis. Adapun contoh dari biomassa ini adalah limbah, alkohol dan bahan bakar kayu. Di Indonesia sendiri sudah memanfaatkan energi alternatif biomassa ini, seperti pembangkit listrik biomassa yang ada di Gorontalo dengan menggunakan tongkol jagung.

2. Biofuel

Biofuel sendiri bisa disebut sebagai bio energi yang terdapat dari bahan organik. Biofuel merupakan bahan bakar yang berbentuk cair, gas dan padat. Adapun bahan baku pembuatan biofuel ini sendiri dengan memanfaatkan tanaman yang mengandung kadar gula tinggi, seperti tebu, sorgum atau mollase.

3. Geothermal

Geothermal atau energi panas bumi termasuk energi terbarukan yang dihasilkan dari dalam bumi berupa tenaga thermal atau panas. Energi ini dipercaya lebih ramah lingkungan, ekonomis, dan berlimpah.

4. Energi air

Selain energi panas, kita juga bisa memanfaatkan tenaga air untuk menggantikan bahan bakar fosil. Energi air ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan cara menggerakkan turbin. Di negara kita sendiri sudah banyak memanfaatkan tenaga air sebagai pembangkit listrik.

5. Energi surya

Kita juga bisa memanfaatkan tenaga surya sebagai pengganti bahan bakar fosil. Tenaga surya atau matahari ini merupakan sumber dari energi terbarukan yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia.

Nah, itulah beberapa contoh sumber energi terbarukan dan energi tak terbarukan yang bisa kita manfaatkan. Semoga bermanfaat!


Loading...
Tags: energi tidak terbarukan, Macam macam sumber energi terbarukan dan tak terbarukan, sebutkan energi terbarukan dan tidak terbarukan, macam macam pembangkit energi terbarukan, macam macam enegri terbarukan, energi yang ada di Indonesia yang ketersediaannya melimpah, contoh sumber energi terbarukan dan tak terbarukan, contoh energi terbarukan dan tidak terbarukan, contoh energi terbarukan dan tidak terbaharukan, contoh energi terbaruka, berilah 5 contoh sumber energi terbarukan, berikut yang bukan merupakan sumber energi terbarukan, berikan contoh energi energi yang terbarukan, apa pengertian sumber energi terbaruhkan serta 4 contohnya, tuliskan macam macam sumber energi terbarukan dan tak terbarukan