Macam-Macam Satuan Energi Yang Digunakan

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap makhluk hidup di bumi ini membutuhkan energi untuk dapat melangsungkan kehidupan. Baik hewan, tumbuhan atau manusia membutuhkan energi untuk beraktifitas atau untuk bergerak atau tumbuh.

Seperti tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan klorofil, hewan dan manusia juga membutuhkan sinar matahari untuk hidup dan bagi manusia sinar matahari dapat diubah kembali menjadi tenaga listrik. Tapi, tahukah kamu bahwa setiap energi memiliki satuan energi yang dihitung secara rumus dan telah ditetapkan secara internasional. Bahwa setiap energi akan memiliki satuan yang berbeda sesuai dengan jenisnya.

Macam – Macam Satuan Energi

satuan-energi-listrik

Energi yang merupakan sebuah property dari ilmu fisika yang dapat berubah menjadi bentuk energi lainnya yang energi tersebut tidak dapat diciptakan, maupun dimusnahkan. Untuk energi sendiri secara internasional memiliki satuan energi miliknya sendiri yaitu dalam satuan Joule.

Satuan ini diambil dari sebuah eksperimen dimana sebuah objek diberikan sejumlah energi yang kemudian diambil dan dipindahkan sejauh 1 meter dengan menggunakan gaya sejumlah 1 newton yang menghasilkan satuan Joule. Akan tetapi, satuan pada energi tidak hanya dalam bentuk satuan Joule saja. Kita tahu bahwa di bumi ini dihasilkan berbagai macam jenis energi, yang memiliki satuan yang berbeda-beda pula.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai satuan dari setiap energi yang ada. Berikut beberapa satuan energi yang ada selain Joule beserta energi yang menghasilkannya. Diantaranya adalah:

1. Satuan ektronvolt

Satuan ini merupakan satuan energi yang terkecil yang berupa sebuah elektron yang tidak terikat ketika harus melewati sebuah benda potensial. Disimbolkan dengan eV (elektronvolt), satuan ini tidak diterima dan digunakan dalam sistem internasional. Satuan eV hanya dipergunakan dalam ilmu fisika seperti dalam bidang atomik, bidang nuklir, serta pada benda padat maupun artikel.

1 eV=1.60217653(14)x10-19 J

2. Satuan British Thermak Unit

Satuan ini merupakan salah satu satuan yang berasal dari negara David Beckham yaitu Inggris. Satuan ini digunakan di Inggris begitu juga dengan Amerika Serikat yang digunakan dalam satuan pendingin serta satuan pemanas pada saat zaman dahulu. Satuan energi BTU ini telah jarang digunakan pada saat ini karena telah digantikan dengan satuan internasional (SI). Cara penghitungan 1 BTU adalah jumlah panas yang akan dibutuhkan dalam meningkatkan suhu 1 pound (atau sekitar 454 gram) air akan membutuhkan sekitar 1 derajat Fahrenheit.

3. Kilo watt jam atau disebut juga kilo watt hour (KWH)

Satuan ini merupakan salah satu jenis satuan dari energi yang digunakan dalam menghitung jumlah energi yang dihasilkan komponen elektronik atau sederhananya adalah alat-alat listrik. Alat listrik tersebut kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari berupa alat rumah tangga, misalnya kipas angin, lemari pendingin, kompor listrik, setrika dan barang-barang elektronik lainnya. Untuk 1 Kwh itu sendiri memiliki jumlah yang sama dengan 3.600.000 joule atau setara dengan 3.600 kilo joule.

4. Satuan kalori

Kalori atau energi yang dihasilkan dari sumber energi panas serta energi kimia. Contohnya adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh setiap orang dalam mengonsumsi makanan tertentu, maka hal itu sama dengan jumlah energi yang dihasilkan oleh makanan dalam bentuk kalori. Hal tersebut akan merubah energi kimia dalam tubuh menjadi energi panas yang nantinya dipergunakan dalam berbagai aktifitas. Untuk energi kalor sendiri satuannya adalah sama dengan 4.2 joule.

Demikianlah beberapa jenis satuan energi selain dari satuan Joule. Bahwa setiap energi yang berbeda memiliki satuan dan jumlah yang berbeda pula. Semoga bermanfaat.


Loading...
Tags: satuan energi, satuan energi listrik, satuan energi adalah, satuan panas, macam macam satuan energi, satuan energi dalam SI, satuan tenaga listrik, satuan satuan energi, satuan tenaga panas, satuan energi dalam SI adalah, satuan dari energi, satuan energi listrik adalah, macam satuan energi, satuan energi yang paling sering digunakan adalah, satuan energi panas