Macam-Macam Energi Ramah Lingkungan

Energi adalah sebuah kebutuhan manusia yang sangat vital. Kehidupan manusia memang tak bisa lepas dari teori energi. Salah satu energi yang sering digunakan adalah energi bumi dan juga listrik. Akan tetapi, jika energi minyak bumi akan habis jika digunakan secara terus menerus. Hal ini dikarenakan minyak bumi merupakan salah satu sumber energi tak terbarukan.

Oleh sebab itu, manusia membutuhkan energi ramah lingkungan yang bebas polusi dan merusak alam untuk mendapatkannya. Energi ramah lingkungan sendiri merupakan energi yang pemanfaatannya tidak memberikan dampak buruk bagi kondisi lingkungan.

Energi alternatif sendiri ada banyak jenisnya. Apa saja macam-macam energi alternatif itu berikut beberapa diantaranya.

Energi Ramah Lingkungan dan Contohnyamacam-macam-energi-ramah-lingkungan

 

Energi matahari

Energi matahari masuk dalam jenis energi ramah lingkungan. Selain matahari yang akan selalu bersinar sepanjang masa hasil pengolahan energi matahari juga tidak mengeluarkan limbah. Oleh sebab itu, matahari masuk dalam jenis energi yang tidak merusak alam.

Banyak sekali manfaat dari matahari mulai dari menyinari bumi dan memberikan kesehatan, sumber tenaga listrik dan sebagainya. Saat ini juga mulai berkembang kendaraan bertenaga solar dengan menggunakan panel surya pada bagian atas. Dengan demikian mobil akan menjadi lebih bersih dalam emisi dan juga hemat energi.

Panas bumi

Bumi ini memiliki panas yang tinggi pada bagian tengahnya atau yang sering disebut dengan inti bumi. Dari panas bumi ini bisa dihasilkan tenaga berupa listrik yang sangat tinggi. Energi ramah lingkungan menjadi salah satu energi terbaik di dunia. Bahkan di Indonesia memiliki cadangan panas bumi yang sangat besar. Besaran cadangan tersebut bahkan mencapai total 40 % di dunia. Dengan menggunakan uap panas dari bumi akan mampu membuat turbin pembangkit listrik akan bergerak. Hasil limbah dari pembangkit listrik ini sendiri berupa uap air yang tidak akan mencemari lingkungan.

Tenaga angin

Angin adalah sebuah energi alami yang tidak akan menimbulkan pencemaran. Salah satu pemanfaatan angin adalah untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik. Dengan menggunakan kincir angin maka angin yang berhembus akan menggerakkan kincir beserta turbinnya sehingga bisa menghasilkan listrik. Energi ramah lingkungan juga sangat bagus karena tidak mengeluarkan limbah sama sekali. Meski demikian kincir ini memiliki sedikit kelemahan. Karena angin memiliki ketidak stabilan, maka putaran kincir dan turbin juga tidak stabil. Akan tetapi listrik yang dihasilkan dari kincir ini masih terbilang baik dan cukup untuk membuat penerangan.

Air

Air merupakan sebuah sumber energi ramah lingkungan yang menghasilkan limbah yang bersih. Dengan menggunakan arus air yang bergerak cepat kita bisa memasang kincir. Kincir ini nantinya yang akan menggerakkan turbin listrik. Air yang digunakan sendiri adalah air yang mengalir maka tidak akan limbah yang masuk karena air terus mengalir.

Tak hanya air sungai air laut yang memiliki arus cepat juga bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin listrik. Arus air yang cenderung stabil ini memiliki sedikit keuntungan dibanding menggunakan kincir angin. Kita bisa menghemat energi hanya dengan memasang kincir pada aliran air tanpa merusak sungai tersebut. Dengan demikian energi yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

Minyak sampah plastik

Seperti yang kita ketahui sampah plastik merupakan salah satu persoalan yang sangat sulit diatasi.  Hal ini dikarenakan sampah plastik tidak bisa terurai di dalam tanah, berbeda dengan sampah organik seperti sisa-sisa makanan. Hingga saat ini sampah plastik memang sulit tergantikan, oleh karena itu dibutuhkan proses daur ulang. Dengan mengkonversi sampah platik menjadi BBM, kita tidak hanya bisa mengatasi persoalan sampah plastik saja, tetapi juga dapat memenuhi bahan bakar.

Keuntungan dari sampah plastik adalah tidak mampu menyerap air, sehingga kadar airnya pun sangat rendah. Tak hanya itu saja, sampah plastik juga memiliki nilai kalor yang cukup tinggi hampir sama seperti solar dan bensin.

Biogas

Penduduk desa yang bekerja sebagai peternak hewan dapat memanfaatkan kotoran hewan tersebut menjadi energi biogas. Energi biogas sendiri merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar. Pembuatannya pun hanya dengan menggunakan peralatan yang sedernaha dan harga yang cukup terjangkau. Tentu saja hal ini dapat mengurangi pengeluaran biaya untuk membeli gas.

Dengan energi ramah lingkungan kita bisa menjaga lingkungan kita agar selalu bebas dari polusi. Selain itu dengan menggunakan energi alternatif kita bisa menghemat cadangan minyak bumi yang semakin menipis. Karena terus menerus menggunakan minyak bumi maka cadangan minyak bumi di dunia akan semakin habis. Disinilah energi alternatif dan energi yang ramah lingkungan berperan. Dengan lebih menghemat energi minyak bumi dengan menggunakan energi lainnya maka akan membuat cadangan minyak bumi terjaga untuk kelangsungan hidup manusia.

Loading...

Tags: energi ramah lingkungan, berikut merupakan kegiatan ramah lingkungan kecuali, contoh energi ramah lingkungan, sumber energi alternatif ramah lingkungan, Sumber energi ramah lingkungan, energi yang ramah lingkungan, jenis-jenis sumber energi listrik alternatif yang ramah lingkungan, contoh energi yang ramah lingkungan, energi listrik ramah, sumber energi yang ramah lingkungan, sumber energi listrik ramah lingkungan, energi alternatif yang ramah lingkungan, contoh sumber energi yang ramah lingkungan, pembangkit listrik ramah lingkungan, energi alternatif ramah lingkungan