Macam-Macam Energi Alternatif untuk Menghemat Energi

Ada macam-macam energi alternatif yang bisa kita manfaatkan ketika sumber energi yang berasal dari fosil di bumi ini mulai menipis. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa energi yang berasal dari fosil ini memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia yang ada di bumi ini. Namun, sumber energi yang tak terbarui ini semakin sedikit jumlahnya.

Penggunaan yang banyak di berbagai penjuru dunia juga menjadi salah satu factor mengapa sumber energi tak terbarukan ini semakin lama akan semakin habis. Untuk kita kita perlu menggunakan energi alternatif agar pasokan energi tak terbarukan ini bisa menjadi lebih lama pasokanya. Berikut adalah macam macam dari energi alternatif yang bisa kita gunakan.

Macam-Macam Energi Alternatif yang Berguna untuk Manusia

macam-macam-energi-alternatif

Salah satu macam-macam energi alternatif yang pertama adalah enegi nuklir. Energi nuklir adalah energi yang sangat besar meskipun jumlahnya dalam skala yang kecil. Di masa depan, energi yang satu ini diharapkan mampu menggantikan pasokan energi yang ada di seluruh dunia. Di Eropa, ada pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga nuklir dan menghasilkan listrik dalam jumalh yang besar.

Namun pemakaian energi yang satu ini sangat berbahaya karena dampaknya dank arena mampu menimbulkan efek radiasi yang besar. Selain itu, limbah dari energi nuklir sangat berpengaruh buruk terhadap lingkungan. Untuk itu penggunaan pembangkit listrik tenaga nuklir ini harus benar benar ditangani oleh orang orang yang berpengalaman.

Contoh lain dari macam-macam energi alternatif adalah energi biomassa. Bahan utama dari biomassa adalah tanaman hidup, pohon yang sudah mati dan serpihan kayu yang lama lapuk. Bio massa juga bisa digunakan sebagai pengganti minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraan.

Memang tidak banyak Negara yang menggunakan energi biomassa sebagai bahan utamanya karena pengolahanya membutuhkan waktu yang sedikit lama. Selain itu bahan yang digunakan untuk pengolah bahan bakar ini terbilang cukup mahal. Namun, di masa depan, biomassa diharapkan menjadi enrgi alternatif karena cadangan minyak bumi di bumi ini makin lama akan semakin tipis dan juga bisa habis sehingga anak cucu kita tidak bisa menikmatinya di masa depan.

Macam-Macam Energi Alternatif dan Pemanfaatanya

Contoh lain dari macam-macam energi alternatif adalah energi panas bumi. Energi yang satu ini energi yang tidak akan pernah habis sehingga kita tidak perlu khawatir akan kehabisan. Di Indonesia, panas bumi merupakan salah satu sumber enegi utama karena banyaknya gunung berapi yang ada di Negara kita. C

ontoh penggunaan panas bumi adalah dengan mengubahnya menjadi pembangkit listrik. Contoh lain adalah air dan angin. Energi yang satu ini menjadi energi yang sudah lama digunakan di berbagai macam Negara. Selain pasokanya yang berlimpah, air dan angin juga bisa menjadi sumber energi alternatif. Contoh pemanfaatan air dan angin di Indonesia adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air dan angin, namun angin jarang digunakan karena proses instalasinya yang mahal.

Kita bisa menggunakan energi utama karena memang energi utama ini adalh sumber energi utama yang ada di bumi. Kita bisa saja menggunakan energi alternatif yang ada bumi ini, namun pengolahanya yang sangat minim membuat kita harus gigit jari dengan terus memanfaatkan energi utama. Harga dari energi utama seperti minyak bumi semakin tahun harganya semakin melonjak sehingga kita harus menghabiskan uang hanya untuk membeli minyak bumi saja, padahal ada macam-macam energi alternatif yang bisa gunakan sebagai pengganti energi yang berasal dari fosil makhluk hidup ini.


Loading...
Tags: energi dari bahan bakar minyak bumi semakin lama semakin, cara menghemat bahan bakar minyak adalah dengan menggunakan energi alternatif contoh enegi alternatif adalah, energi dan bahan bakar minyak bumi semakin lama semakin, macam macam jenis tentang penghematan energi, pembangkit tenaga listrik untuk menghemat bahan bakar minyak, Sebutkan 4 energi alternatif untuk menghemat energi fosil