Macam – Macam dan Contoh Sumber Energi Bunyi

Jika kita berbicara sumber energi bunyi, maka kita bisa menyimpulkan bahwa ada beberapa benda yang mampu menghasilkan suara. Namun sebelum itu, mari kita lihat dulu apa itu energi bunyi. Bunyi adalah sebuah getaran yang ada di udara. Segala sesuatu yang bergetar akan mengeluarkan bunyi.

Saat kita berbicara pun mengeluarkan bunyi karena pita suara yang ada di dalam tenggorokan kita juga bergetar. Secara hukum alam, bunyi akan terdengar semaki keras jikga kita berada di sumber bunyi dan bunyi akan semakin melemah jika kita menjauhi sumber bunyi. Berikut adalah penjelasan mengenai energi bunyi dan juga contoh benda yang memiliki sumber bunyi.

Contoh Sumber Energi Bunyi

pengertian-sumber-energi-bunyi

Frekuensi Sumber Energi Bunyi .Salah satu contoh sumber energi bunyi adalah alat musik. Sebagai info, setiap alat musik mempunyai resonator Resonator merupakan ruang udara yang berfungsi untuk memperkuat bunyi seperti yang ada di biola dan juga gitar. Ketika senar yang ada di gitar dan biola bergerak, akan terjadi getaran pada senar tersebut yang nantinya akan menjadi sumber bunyi.

Peristiwa inilah yang umum disebut sebagai resonansi. Ketika kita menerima bunyi, gendang telinga kita akan bergetar dan nantinya telinga akan memproses bunyi tersebut di otak. Banyaknya getaran dalam satu detik disebut frekuensi dan frekuensi itu sendiri dibagi menjadi 3 bagian yaitu Infrasonik, Audiosonik, dan Ultrasonik.

Frekuensi dari sumber energi bunyi yang pertama adalah infrasonic. Infrasonik adalah bunyi yang sangat lemah karena jumlah getaran yang dihasilkan pada gelombang infrasonic kurang dari 20 getaran per detik. Kita tidak mampu mendengarkan bunyi infrasonic. Hanya hewan hewan tertentu saja yang mampu mendengarkan seperti jangkrik angsa, dan anjing.

Khusus anjing, hewan ini memiliki pendengaran yang sangat luar biasa karena anjing mempu mendengarkan gelombang infrsonik dan Audiosonik. Audiosonik adalah jenis bunyi yang kita dengar. Jumlah getaran yang ada pada gelombang pada gelombang Audiosonik adalah antara 20 hingga 20.000 per detik. Hanya manusia dan hewan tertentu saja yang bisa mendengarkan gelombang Audiosonik.

Pengertian Sumber Energi Bunyi

Gelombang suara yang lain adalah gelombang Ultrasonik. Jumlah getaran bunyinya lebih dari 20.000 getaran per detik. Bunyi ini juga tidak dapat kita dengar. Hanya hewan tertentu saja yang mampu mendengarkan jenis bunyi ini seperti kelelawar dan lumba lumba.

Pengertian sumber energi bunyi itu sendiri memang berasal dari benda mana yang menghasilkan suara sehingga telinga kita bisa mendengarnya. Benda yang dimaksut tidak harus alat musik karena dua benda yang bergesekan dan bertabrakana akan menghasilkan sumber bunyi juga. Seperti dua mobil yang berjalan dari dua arah yang berlawanan lalu kedua mobil tersebut menabrak satu sama lain maka akan menghasilkan bunyi yang dahsyat karena kecepatan dan juga massa pada mobil mempungaruhi besarnya bunyi yang dihasilkan pada saat bertabrakan.

Sumber Energi Bunyi Pada Alat Musik. Ada sumber energi yang berasal dari alat musik dan dibedakan menjadi 5 bagian. Pertama adalah Idiofon yang berarti alat musik yang bunyinya berasal dari bahan dasr alat tersebut seperti kabasa dan drum. Kedua Aerofon yang bunyinya berasal dari hembusan udara di dalam rongga seperti seruling dan terompet.

Ketiga ada Chrodofon yang sumber bunyinya berasal dari dawai seperti gitar dan biola. Keempat membranonfon yang sumber bunyinya berasal dari membrane seperti drum dan rebana. Terakhir alam sumber energi bunyi yang ada di dalam alat musik dalah elektrofon yang sumber bunyinya berasal dari listrik seperti keyboard dan gitar listrik.


Loading...
Tags: sumber bunyi, energi bunyi, contoh energi bunyi, contoh sumber bunyi, contoh sumber energi bunyi, sumber sumber bunyi, macam-macam sumber bunyi, apa saja sumber bunyi, macam macam sumber bunyi, contoh bunyi, energi bunyi adalah, benda yang menghasilkan energi bunyi, sumber bunyi adalah, nama benda dan cara menghasilkan bunyi, energi bunyi dihasilkan oleh benda yang