Macam-Macam Bentuk dan Fungsi Energi Untuk Kehidupan

Fungsi energi sangat besar peranannya bagi kehidupan manusia. Untuk melakukan aktivitas, setiap manusia tentu membutuhkan yang namanya energi. Energi adalah sebuah kemampuan untuk melakukan usaha dalam setiap aktivitas. Energi tak hanya dimiliki oleh manusia, karena sebuah benda juga memiliki energi yang tersimpan di dalamnya.

Dengan demikian, bisa kita simpulkan bahwa manfaat energi ini adalah untuk membantu berjalannya sebuah aktivitas. Energi memiliki sifat yang tak dapat diciptakan. Selain itu, energi juga tak dapat dimusnahkan namun dapat berubah bentuknya dari bentuk energi yang satu menjadi bentuk energi lainnya.

Fungsi Energi Bagi Kehidupan Manusia

fungsi-energi-kehidupan

Energi memiliki sifat yang kekal, pernyataan ini sesuai dengan bunyi hukum termodinamika. Berdasarkan peranannya, fungsi energi memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia bahkan untuk makhluk hidup yang lainnya. Energi memiliki banyak manfaat untuk kita dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Adapun beberapa bentuk dan manfaat energi yang wajib kita ketahui, antara lain:

1. Energi panas

Energi panas atau kalor adalah energi yang dihasilkan akibat perpindahan temperatur. Contoh energi panas sendiri adalah api. Adapun manfaatnya, kita dapat memakai kompor sebagai penghasil panas yang dapat membantu aktivitas memasak minuman maupun makanan untuk kehidupan kita sehari-hari.

Energi kalor juga bisa dihasilkan dari sumber energi terbesar yakni matahari. Dengan memanfaatkan panas dari matahari ini, kita bisa menggunakannya untuk menjemur pakaian secara alami dan juga bisa digunakan untuk proses fotosintesis. Matahari juga termasuk energi alternatif yang ramah lingkungan.

2. Energi kimia

Energi kimia adalah sebuah energi yang dihasilkan atau diperoleh dari hasil reaksi kimia. Adapun fungsi energi kimia dalam kehidupan sehari-hari ini adalah ketika kita mengonsumsi makanan di setiap harinya. Di mana saat kita makan maka dalam tubuh akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan energi untuk beraktivitas. Selain itu, mobil untuk dapat bergerak juga dihasilkan dari energi panas saat proses pembakaran berlangsung pada bensin.

3. Energi cahaya

Energi cahaya juga merupakan salah satu bentuk energi yang terpenting dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya cahaya, maka kita akan kegelapan di malam hari. Adapun sumber cahaya terbesar di bumi adalah matahari. Matahari adalah sumber energi terpenting untuk kehidupan makhluk hidup di alam semesta.

Dengan adanya matahari, maka tumbuhan bisa melangsungkan proses fotosintesis yang menghasilkan oksigen untuk dapat dihirup oleh semua makhluk hidup di dunia. Selain cahaya matahari, energi cahaya juga tersimpan dalam lampu atau listrik untuk penerangan di malam hari.

4. Energi listrik

Energi listrik juga tak kalah pentingnya bagi kebutuhan manusia. Listrik sangat penting untuk menjalankan berbagai macam alat elektronik yang dibutuhkan saat beraktivitas. Listrik berfungsi sebagai alat penerangan, selain itu fungsi energi listrik juga penting untuk menghidupkan kipas angin, AC, mesin cuci dan berbagai macam alat elektronik lainnya.

5. Energi air

Sumber energi yang tak kalah pentingnya bagi kehidupan manusia ataupun makhluk hidup lainnya untuk kehidupan. Air berperan untuk mandi, mencuci, minum, hingga industri pengolahan air. Selain itu, tenaga air juga berperan besar dalam menghasilkan listrik untuk kehidupan umat manusia.

Tanpa adanya air, manusia dan makhluk hidup lainnya tak akan bisa bertahan hidup. Energi air juga termasuk salah satu energi terbarukan yang tak akan ada habisnya, kecuali kehidupan di bumi ini musnah. Air juga dapat digunakan secara terus menerus dengan berkesinambungan untuk kehidupan setiap makhluk hidup.

Ya, itulah macam-macam bentuk dan fungsi energi bagi kehidupan sehari-hari makhluk hidup. Semoga bermanfaat!


Loading...
Tags: manfaat energi cahaya, fungsi energi, kegunaan energi, kegunaan energi cahaya, macam macam energi, pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari, macam macam sumber energi dan pemanfaatannya, fungsi sumber tenaga, untuk apa sajakah energi bagi tubuh kita, fungsi energi bagi tubuh, manfaat energi bagi alam, fungsi energi bagi tubuh manusia, sumber energi dan manfaatnya dalam kehidupan, manfaat energi bagi hewan, fungsi sumber tenaga adalah