Langkah-langkah Hemat Energi Listrik Di Kehidupan

Tentu Anda sekarang ini sangat merasa dimanjakan dengan berbagai teknologi yang menyamankan kehidupan sehari-hari Anda. Dan tanpa Anda sadari semua kecanggihan dan kenyamanan yang Anda miliki ini ditenagai oleh energi listrik.

Pernahkah Anda berfikir jika suatu saat nanti listrik akan hilang, dan anak cucu kita tidak dapat menikmatinya? Mungkin sebagian dari Anda ada yang peduli ada juga yang tidak peduli. Tapi alangkah baiknya untuk dapat hidup hemat listrik. Tapi, bagaimanakah cara untuk hemat energi listrik yang baik dan benar? Bagi yang ingin tau pasti penasaran sekali bukan?

Hemat Energi Listrik dan Air

hemat-energi-listrik

Baiklah, bagi Anda yang sangat penasaran dengan bagaimana cara menghemat listrik, kami akan memberikan jawabannya untuk Anda. Langkah hemat energi listrik ini memang baik dilakukan terutama dimulai dari area rumah tangga. Baiklah, kita mulai hemat energi listrik pada pencahayaan di rumah.

Pertama, padamkan lampu apabila ruangan tidak terpakai, dan padamkan lampu saat siang hari karena hal ini tidak akan membuat energi listrik terbuang sia-sia. Anda dapat menyalakan lampu halaman jika hari telah benar-benar gelap, dan mematikan lampu jika hari sudah mulai terlihat terang.

Cara hemat energi listrik berikutnya yaitu dengan penghematan pada lemari pendingin. Cara menghemat listrik dengan lemari pendingin yang Anda miliki yaitu dengan memilih lemari es dengan ukuran atau kapasitas yang sesuai. Sebaiknya ketika Anda menutup lemari es harus tertutup rapat dan isilah lemari es sesuai dengan kapasitasnya.

Penghematan Energi

Anda juga sebaiknya meletakkan lemari es minimal 15 cm dari tembok agar sirkulasi udara ke kondensor menjadi baik. Dan bersihkanlah konsendor secara teratur dari debu dan kotoran agar proses pelepasan panas berjalan dengan baik. Itulah cara menghemat energi listrik dengan menggunakan lemari es atau pendingin dengan baik.

Cara penghematan selanjutnya yaitu dengan menghemat setrika. Pastilah setrika merupakan sebuah alat yang penting untuk Anda bukan? Yah, setrika ini tentu tidak akan membuat baju Anda kusut ataupun tidak rapi. Jika Anda menggunakan setrika untuk merapikan baju Anda, sebaiknya Anda mengatur penggunaan tingkat panas yang disesuaikan dengan bahan kain yang disetrika. Anda juga sebaiknya membersihkan sisi besi bagian bawah setrika agar penghantar panas berlangsung baik. Setrikalah baju Anda langsung banyak jangan hanya satu persatu setiap hari karena ini akan membuat listrik boros.

Cara hemat energi listrik yang selanjutnya yaitu dengan mengurangi pemakaian listrik pada waktu beban puncak yaitu pada pukul 18.00-22.00. Anda juga sebaiknya menggunakan berbagai peralatan listrik yang hemat energi. Matikan magic jar atau magic com apabila nasi telah matang atau tersisa sedikit, karena jika dinyalakan listrik akan terbuang sia-sia. Jika peralatan listrik yang digunakan menggunakan sistem remote dan sedang tidak digunakan, maka sebaiknya mematikannya dari tombol on off dan lepaskan tusuk kontaknya, dan jangan mematikannya hanya lewat remot kontrol. Matikan juga televisi, radio, dan peralatan audio visual lainnya jika tidak Anda tonton atau dengarkan.

Bagi Anda yang sebaiknya menyalakan heater 20 menit sebelum air panas digunakan untuk menghemat listrik. Anda juga sebaiknya membersihkan secara periodic bola lampu/lubang lampu beserta reflektornya agar bersih dan tidak mengurangi cahaya. Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk hemat energi listrik. Bagi Anda yang mencintai lingkungan memang sebaiknya melakukan penghematan listrik, agar listrik nantinya dapat dinikmati oleh anak cucu kita. Semoga informasi yang kami berikan tadi dapat membantu Anda dalam melakukan upaya penghematan listrik. Dengan menghemat listrik, selain menjaga keberlangsungan listrik itu sendiri juga dapat menghemat pengeluaran biaya tagihan listrik. Bagaimana? Menyenangkan bukan?


Loading...
Tags: cara menghemat energi listrik, cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari, hemat energi listrik, Langkah langkah menghemat energi listrik, langkah menghemat listrik, berikutadalah langkah langkah yang harus di lakukan untuk mengyrangi pemborosan energi listrik kecuali, langkah langkah yang harus dilakukan untuk mengurangi pemborosan energi kecuali, waktu yang tepat untuk menggunakan listrik