Langkah dan Cara Penghematan Energi

Penghematan energi sangat penting untuk kita lakukan, apalagi mengingat akhir-akhir ini telah terjadi krisis energi di dunia. Karena terjadinya krisis energi ini, maka terciptalah berbagai sumber energi alternatif sebagai upaya untuk mencukupi kebutuhan energi yang kita gunakan. Maka kita sebagai pengguna yang tidak tahu menahu tentang pembuatan atau proses dari terciptanya energi sehingga siap pakai sangat penting untuk melakukan penghematan.

Energi yang berupa listrik dan bahan bakar minyak memang sangat memanjakan kita. Bahkan kini manusia mulai tergantung terhadap listrik, sehingga merasa dirugikan ketika mendapati listrik mati, yang bahkan dilakukan secara bergiliran sebagai upaya penghematan energi akan listrik.

Penghematan Energi dalam Kehidupan Sehari-Haricara-penghematan-energi

Dan listrik ini adalah merupakan energi yang dihasilkan dari pengolahan energi yang ada di bumi. Mulai dari gas, energi angin, energi gerak, energi matahari dan energi lainnya dikonversi menjadi energi listrik karena jenis energi ini mudah didistribusikan, disimpan dan diubah menjadi bentuk energi lain.

Karena jumlah populasi manusia dan kebutuhannya akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi listrik dari tahun ke tahun. Saat ini sebagian besar energi kita dipasok dari minyak bumi, gas alam dan batu bara yang kesemuanya itu merupakan energi tak terbaharukan. Bahan bakar minyak yang kini hampir setiap orang membutuhkannya karena mobil dan motor sangat mudah untuk dimiliki. Sumber energi tersebut akan habis suatu saat nanti. Karena hal ini maka kita perlu melakukan penghematan energi, sehingga krisis energi yang lebih parah tidak akan terjadi pada anak cucu kita.

Meningkatnya populasi penduduk tentu berdampak pada penggunaan energi yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan. Padahal energi yang ada tidak hanya berasal dari listrik saja, namun juga dari. Maka untuk menghemat energi, lakukan beberapa hal di bawah ini.

Cara Penghematan Energi

1. Gunakan peralatan rumah tangga dan peralatan kantor hanya yang bersifat hemat energi. Penghematan energi ini bisa dimulai dari penggunaan kulkas dan AC yang ramah lingkungan.

2. Matikan komputer, air, lampu, dan juga televisi jika sudah tidak digunakan, dan gunakan setrika listrik sesuai dengan kebutuhan.

3. Gunakan lampu penerang yang hemat energi namun memiliki cahaya yang cukup terang seperti pada lampu LED. Lampu ini dapat bersinar terang meskipun wattnya kecil, namun dalam penggunaannya sesuaikan juga dengan fungsinya.

4. Tidak membiasakan diri untuk berperilaku boros, sehingga gunakan listrik sesuai dengan kebutuhan, secara bergantian dan tidak berlebihan dalam menggunakannya.

5. Jika masih bisa menggunakan alat rumah tangga dengan manual, lakukan secara manual untuk menghemat energi.

6. Gunakan desain rumah dan gedung yang hemat energi, sehingga sebisa mungkin tidak menggunakan penerang pada siang hari. Gunakan ventilasi yang cukup dan juga tempatkan tanaman hias untuk menyejukkan ruangan. Untuk menyejukkan ruangan, kita juga bisa menggunakan atap yang terbuat dari tanah dan keramik.

7. Penghematan energi selanjutnya bisa dilakukan dengan cara memberikan fasilitas kendaraan umum sehingga tidak semua orang boleh menggunakan kendaraan pribadi. Karena penggunaan kendaraan pribadi tanpa pengendalian akan memberikan beberapa dampak negatif termasuk borosnya energi.

8. Pemerintah mengadakan sosialisasi secara besar-besaran tentang pentingnya hemat energi, dan hal ini dilakukan juga oleh pejabat yang ada di tanah air. Sehingga misalnya penduduk tidak diperbolehkan untuk memiliki kendaraan pribadi lebih dari 1 dalam satu KK maka demikian juga yang berlaku untuk pejabat kita.

9. Pemerintah mendukung secara penuh adanya penemuan energi alternatif mulai dari fasilitas hingga biaya yang ada. Demikian juga dengan penemuan mobil atau kendaraan yang hemat energi harus dikembangkan dan didukung secara penuh.

10. Memberikan penghargaan terhadap upaya penghematan energi yang telah dilakukan masyarakat agar masyarakat semakin banyak yang sadar energi sehingga ketahanan energi kita semakin baik.

11. Biasakan hidup hemat sesuai dengan kebutuhan karena setiap benda yang kita beli membutuhkan energi untuk membuat maupun mendistribusikannya.

13. Kurangilah penggunaan peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga yang dapat dikurangi untuk penghematan energi salah satunya adalah pengering pakaian. Anda bisa mengeringkan pakaian dengan cara menjemurnya ataupun dengan cara mengangin-anginkannya. Jika harus menggunakan pengering pakaian, kurangilah penggunaannya. Selain itu, peralatan rumah tangga yang sebaiknya dikurangi adalah mesin cuci piring, oven, dan juga mesin penghisap debu.

14. Ganti peralatan rumah tangga dengan model yang lebih baru. Peralatan yang lama kebanyakan tidak dirancang untuk penghematan energi. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memperbarui peralatan rumah tangga dengan model baru yang lebih hemat energi.

Demikian langkah penghematan energi yang bisa kita lakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua untuk menghemat energi dan menyelamatkan bumi tercinta karena ini merupakan tanggung jawab bersama.


Loading...
Tags: Cara menghemat energi, hemat energi, bagaimana cara menghemat energi, contoh hemat energi, cara untuk menghemat energi, apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik, cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari, contoh penghematan energi, cara penghematan energi, penghematan energi listrik, cara menghemat sumber energi, upaya penghematan energi listrik, cara menghemat energi matahari, sebutkan cara menghemat energi, cara menghemat gas alam