Konversi Energi Yang Lebih Ramah Lingkungan

Beberapa tahun yang pemberitaan media nasional kerap mengulas mengenai perubahan penggunaan minyak tanah menjadi gas elpiji yang kerap disebut sebagai konversi energi gas elpiji. Padahal sejatinya hal tersebut merupakan konversi dari energi adalah perubahan bentuk energi menjadi energi lainnya yang bermanfaat bagi kemaslahatan hidup manusia.

Perubahan minyak tanah menjadi gas merupakan perubahan sarana bukan perubahan energi seperti yang termaktub dalam hukum energi. Hukum energi menyatakan bahwa energi tidak bisa diciptakan dan tidak pula bisa dimusnahkan, akan tetapi energi bisa berubah bentuk dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya.

Pengertian Konversi Energi

konversi-energi

Demikianlah pengertian dari konversi energi sebenarnya yang perlu untuk diketahui. Dalam kehidupan sehari-hari kita kerap menemukan perubahan bentuk energi yang tanpa sadar telah terjadi. Coba lihat lampu pijar atau lampu LED di rumah kita. Lampu tersebut merupakan salah satu contoh dari perubahan energi listrik menjadi energi cahaya dan juga energi kalor karena beberapa saat setelah lampu dihidupkan maka bola lampu akan terasa panas.

Begitu juga dengan penggunaan sepeda listrik yang merupakan contoh dari perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Dengan tenaga listrik yang terdapat pada dynamo sepeda, maka tenaga tersebut diubah menjadi energi gerak sehingga sepeda dapat berjalan.

Dalam kasus konversi energi, memang yang paling banyak energi yang berubah menjadi bentuk energi lainnya adalah energi listrik. Karena energi listrik merupakan salah satu jenis energi yang langsung bersentuhan dengan kehidupan manusia.

Contoh Konservasi Energi

Dan memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia dengan penggunaan alat-alat elektronik yang memudahkan aktifitas di dalam rumah tangga. Tidak hanya di rumah tangga, berbagai perusahaan menjadikan energi listrik sebagai pasokan terbesar mereka dalam memproduksi barang yang akan digunakan oleh masyarakat banyak.

Akan tetapi, sumber energi listrik selama ini menggunakan sumber energi yang tidak terbarukan seperti contohnya batu bara serta minyak bumi. Dengan bertambahnya populasi manusia di bumi ini, serta semakin majunya teknologi yang membutuhkan tenaga listrik yang lebih banyak, membuat energi listrik harus dicarikan energi baru untuk menghasilkan tenaga listrik yang lebih ramah lingkungan.

Karena jumlah minyak bumi dan batu bara semakin menipis, menjadikan energi listrik menjadi menipis dan bisa dikatakan krisis. Oleh karena itu, diperlukan konversi energi listrik yang lebih murah dan tentu saja lebih ramah lingkungan agar alam tetap terjaga demi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak.

Beberapa energi baru sebagai sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan telah dicobakan antaranya adalah menggunakan sistem energi tenaga surya yang mengambil energi panas matahari yang kemudian di rubah menjadi energi listrik.

Matahari sebagai salah satu sumber energi terbesar dii muka bumi ini patut dijadikan sebagai sumber energi alternative yang bisa memperpanjang umur energi listrik di bumi ini. Dengan menggunakan panel surya, panas matahari akan disimpan dan kemudian diubah menjadi energi listrik. Tentu saja penggunaan panel matahari ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Dengan penelitian akan ditemukan sebuah cara untuk menyimpan energi panas matahari dengan bahan yang lebih murah dan menghasilkan tenaga listrik yang lebih banyak. Selain itu, konversi energi listrik juga bisa menggunakan energi angin yang diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan kincir angin. Angin juga sebagai sumber energi yang tidak terbatas dapat berubah menjadi energi gerak menjadi energi listrik dengan menggunakan kincir angin yang telah diberi generator. Dan tentu saja tenaga listrik energi angin lebih ramah terhadap lingkungan.


Loading...
Tags: alat konversi energi yg ada dimasyarakat, cara merancang sebuah usaha konversi energi di lingkungan sekitar, konversi energi cahaya pada sepeda, konversi energi yang ada di lingkungan, led mengubah energi listrik menjadi apa?, pembuatan alat dengan menerapkan sistem konversi energi, sumber energi ramah lingkungan yang energi listrik menjadi