Konversi Energi Listrik Menjadi Energi Alternatif

Energi listrik adalah energi yang asalnya dari sumber arus. Sedangkan dasar konversi energi listrik merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai macam masalah yang berhubungan dengan cara terjadinya konversi energi tersebut, juga menyangkut sifat-sifat pemakaian alat yang digunakan untuk konversi yang mempunyai azas kerja berlandaskan aliran elektron dalam benda padat maupun konduktor. Banyak sekali konversi dari energi listrik yang sering di temu, misalnya konversi energi dari listrik menjadi kalor serta dapat juga menjadi angin.

Konversi Energi Listrik dan Contohnya

Jika kita melihat fakta kelistrikan yang terjadi saat ini, manusia hampir tidak pernah bersentuhan dengan energi listrik, setiap harinya pasti menggunakan energi tersebut. Sebaliknya cadangan migas yang ada di Indonesia ini sangat terbatas jumlahnya, perlu saya ingatkan sumber migas tersebut dapat habis, oleh karenanya diperlukan sebuah jalan untuk meminimalisir penggunaan tersebut .yaitu dengan konversi energi listrik. PLN sendiri sudah mempunyai cara, salah satunya mematikan lampu secara bergilir di siang hari.konversi-energi-listrik-menjadi-energi-alternatif

Peran energi listrik yang sudah mendarah daging di dalam kehidupan manusia, sehingga apabila tidak ada listrik, manusia akan kebingungan. Beberapa peran energi listrik guna memenuhi kebutuhan antara lain sebagai alat penerangan, sebagai tenaga penggerak mesin serta penunjang lainnya. Dalam dunia kelistrikan, tenaga listrik dikenal menjadi 2 arus yaitu arus searah (simbolnya DC) dan arus bolak balik (simbolnya AC).

Arus searah atau DC merupakan arus yang mengalir di arah yang tetap, di mana masing-masing terminal tetap polaritasnya. Contohnya jika kutub positif akan selalu menghasilkan polaritas yang positif pula, cara kerja ini terdapat di dinamo, baterai, accu. Sedangkan untuk arus bolak balik atau AC merupakan arus yang alirannya selalu berubah. Dimana masing-masing terminalnya selalu bergantian dalam polaritasnya. Polaritas ini terdapat di AC generator dan PLN.

Konversi energi listrik, sering disebut juga sebagai perubahan listrik. Salah satu komponen penting dalam sistem tenaga yang dapat menyangkut elektro mekanik adalah:

–¬†Konversi energi dari energi kimia menjadi listrik

Prinsip kerja tenaga pembangkit uap inilah yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Proses konversi di PLTU ini prosesnya ada 3 yang pertama energi kimia di dalam bahan bakar dapat diubah menjadi energi panas dalam bentuk uap yang bertekanan dan memiliki temperatur yang tinggi. Kedua, energi uap dapat diubah menjadi energi mekanik yang diwujudkan dalam putaran. Ketiga energi mekanik dapat diubah menjadi energi listrik yang tepat guna.

–¬†Konversi energi listrik potensial menjadi energi mekanik, dari mekanik menjadi listrik

Prinsip konversi tersebut ada pada prinsip kerja tenaga pembangkit tinggi tenaga air (PLTA). Pembangkit tinggi tenaga air ini bekerja dengan cara merubah energi potensial pada air terjun menjadi energi mekanik yaitu dengan dibantu turbin air selanjutnya diubah lagi dari energi mekanik menjadi energi listrik dengan menggunakan generator.

–¬†Konversi energi dari jaringan satu ke jaringan lainnya

Konversi energi tersebut berlangsung dengan sistem tenaga yang melalui peralatan elektromagnetik yang disebut juga generator dan motor.

Berlaku hukum kekebalan energi yang pernyataannya sebagai berikut, energi listrik sebagai input atau masukan sama dengan energi mekanik sebagai output atau keluaran dan ditambah energi, diubah menjadi panas ditambah lagi energi tersimpan di medan magnet. Hukum kekebalan energi tersebut yang dapat digunakan sebagai dasar konversi dari energi listrik.

Demikian informasi seputar konversi energi listrik. Semoga kalian dapat mengambil manfaat dari artikel ini serta gunakanlah energi alternatif yang ramah lingkungan. Terima kasih.

Loading...

Tags: konversi energi listrik, contoh konversi energi listrik, konversi listrik, konversi tenaga listrik, proses konversi energi listrik, dasar konversi energi listrik, kapan terjadinya konversi energi mekanis menjadi energi listrik, manfaat misalignment bagi terjadinya konversi energi, contoh penerapan konversi hemat energi, macam macam konversi energi listrik, apakah konversi energi listrik?, konversi energi listrik menjadi kalor, kelistrika mesin magnet dan konverensi energi, energi kinetik dari aliran air untuk mengubah energi mekanik menjadi liatrik disebut, tahapan konversi energi pada genset